Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Vexana (Guide Mobile Legends)

Vexana adalah salah satu hero mage yang sangat underrated (diremehkan) di Mobile Legends, sampai saat ini (season 7) ane masih jarang menemukan hero ini di permainan apalagi pada ranked mode, memang hero ini cenderung weak/lemah dan mungkin merupakan salah satu pilihan hero yang buruk untuk ranked, tapi belakangan ini Vexana mulai mendapatkan buff sedikit demi sedikit mulai dari pemakaian mana pada skill 2 nya (yang sebelumnya sangat boros), optimasi damage pada skill ultimate nya yang lebih cepat supaya musuh tidak memiliki kesempatan untuk bertahan hidup, lalu terakhir kecepatan skill 1 nya yang semakin cepat sehingga semakin sulit untuk dihindari lawan, belum lagi nanti akan ada skin Epic untuk Vexana yaitu Sanguine Rose, seperti yang kita tahu kalau ada skin baru untuk hero tertentu biasanya akan diiringi dengan buff pada hero tersebut (nice job Moonton).

Menurut ane Vexana memang termasuk hero mage yang tidak populer dan kurang bagus jika dibandingkan dengan mage-mage OP seperti Kagura, Harley, dan Zhask, tapi ia memiliki kekuatan yang luar biasa pada mode brawl karena kemampuan skill pasifnya yang sangat cocok untuk membersihkan area secara massal, selain itu Vexana juga salah satu mage yang cukup baik untuk urusan push dan defense turret karena damage areanya sangat mengganggu terutama dalam teamfight. Untuk memaksimalkan potensi hero ini pertama kita perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Vexana:

  • Burst damage area yang tinggi, senjata utama Vexana adalah skill 2 nya yang memiliki magic damage yang sangat besar dan berupa skill area, skill ini sangat bagus untuk membersihkan minion dan memberikan damage massal pada hero-hero musuh saat tim war.
  • Cepat membersihkan wave minion, karena skill pasifnya bisa membuat hero musuh termasuk monster/minion yang tewas meledak dan memberikan damage di sekitarnya, maka ia bisa sangat cepat menyapu minion yang ada, skill ini tentu sangat bagus untuk pushing dan mempertahankan tower.
  • Kuat di awal permainan, Vexana merupakan salah satu hero mage early game yang memiliki damage tinggi pada awal game, manfaatkanlah keunggulan ini untuk cepat push turret di awal game atau menggunakan strategi 3-1-1.
  • Hero finishing yang baik (secure kill), semenjak skill 3 nya diubah menjadi lebih cepat dalam memberikan damage dan reduce healing 100%, maka musuh yang darahnya tinggal sedikit dan terkena skill ultinya sudah pasti mutlak akan mati karena tidak akan bisa heal, regen, lifesteal, bahkan saat berada di base darah juga tidak akan bertambah, jadi skill ultimate Vexana pasti 100% akan membunuh hero lawan yang darahnya tinggal sedikit.

Kekurangan Vexana:

  • Mobilitas yang sangat lambat, hero ini sama seperti Gord, punya skill damage area yang bagus tapi tidak memiliki mekanisme gerakan apapun pada ketiga skillnya, dan gerakan movement speed mereka juga sangat lambat, jadi Vexana akan sangat gampang terciduk dan kena ganking lawan apalagi kalau tidak ada yang membackupnya.
  • Sangat mudah dihindari, kekurangan utama dan penyebab jarangnya player yang menggunakan Vexana adalah karena skill-skillnya (terutama skill 2) sangat mudah dihindari, kecepatan serangan skillnya cenderung lambat, untungnya pada update terakhir kecepatan skill 1 nya di buff menjadi lebih cepat sehingga bisa dikombinasikan dengan skill 2 nya untuk damage susulan.
  • Boros mana, penggunaan mana terutama pada skill 2 nya sangat boros, bahkan untuk sekali pakai skill 2 saja mana bisa berkurang hampir 1/4 pada awal permainan, karena itu build item regenerasi mana sangat penting untuk Vexana.
  • Sangat bergantung pada tim, jika kamu main solo atau dapat tim yang tidak bisa diajak kerja sama maka Vexana adalah pilihan yang buruk, karena ia sangat bergantung pada tim untuk membackupnya sepanjang permainan, ia harus bisa main aman dibelakang hero lain untuk spam skill dan jangan gunakan hero ini untuk situasi 1 vs 1 karena ia tidak memiliki gerakan serta skill yang baik untuk kondisi battle head to head secara langsung.

Vexana tips item build:

tips item build hero vexana

  • Build item Vexana fokus pada magic damage dan regenerasi mana.
  • Gunakan build item baris pertama untuk full burst magic damage, build ini sangat berguna untuk menghabisi musuh dengan kombinasi ketiga skill Vexana.
  • Gunakan item build baris kedua kalau kita ingin mendapatkan lifesteal skill (spell vamp) untuk bertahan hidup dan mengurangi efek healing musuh 50% dengan skill 1 dan skill 2.
  • Cobalah bereksperimen dengan build kamu sendiri jika kamu merasa ada item lain yang lebih cocok digunakan, build item hero ini cukup fleksibel, yang terpenting tetap fokus pada magical damage setinggi-tingginya.

Battle spell yang paling cocok untuk Vexana tentu adalah Flicker.

Spell ini sangat berguna untuk mengantisipasi kekurangan mobilitas Vexana, sangat bagus untuk kabur/escape saat diciduk oleh tim lawan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic emblem.

Karena skill ulti Vexana bisa menghentikan efek healing 100% selama beberapa detik, maka Vexana sangat bagus untuk melawan hero-hero yang memiliki kemampuan heal dan lifesteal tinggi seperti:

  • Ruby
  • Alucard
  • Hilda
  • Rafaela
  • Estes

Vexana cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Semua hero assassin.
  • Franco
  • Grock
  • Chou
  • Harley
  • Kagura
  • Cyclops
  • Bruno
  • Irithel
  • Lesley

Kombinasi skill Vexana:

Kunci paling penting dalam memainkan Vexana adalah menguasai timing dan kombinasi skill 1, 2, 3 supaya bisa memberikan damage dan crowd control yang maksimal dalam permainan. Selain itu kita juga harus pintar memanfaatkan skill pasif Vexana untuk memberi ekstra damage pada musuh, cobalah untuk memancing musuh mendekati minion yang akan mati dan segera lancarkan serangan cepat untuk meledakkan minion dan mengurangi HP musuh secara masif.

Karena skill 2 Vexana sangat mudah dihindari maka cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan mengkombinasikannya dengan skill 1, jangan polos menggunakan skill 2 begitu saja karena skill ini cenderung lambat dan musuh pasti dapat dengan mudah menghindar, cobalah gunakan skill 1 terlebih dahulu dan mengira-ngira kemana mereka akan bergerak setelah kena efek CC sesaat dari skill 1, biasanya saat terkena skill 1 mereka akan mundur jadi gunakan skill 1 lalu segera luncurkan skill 2 dibelakang hero tersebut supaya mereka terkena damage area dari skill 2.

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill vexana mobile legendsKuncinya adalah kita harus bisa memanfaatkan skill 1 untuk mengontrol gerakan lawan dan mengenai mereka dengan skill 2 secara tepat, dalam berbagai situasi kita harus sering melatih insting kemana musuh akan bergerak supaya skill 2 ini bisa sering mengenai hero musuh dengan pas.

Tips & trik hero guide Vexana:

  • Jangan pernah maju sendiri saat menggunakan hero ini, Vexana adalah hero yang sangat bergantung pada tim dan backup, tanpa support dari hero lain maka ia sangat mudah terciduk dan mati konyol.
  • Gunakan kombinasi skill 1, 2, dan 3 berdasarkan situasi yang ada, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaatkanlah crowd control dari skill 1 untuk membuat skill 2 bisa mengenai (hit) lawan secara akurat. Manfaatkan juga minion di sekitar musuh untuk memberi damage lebih dalam permainan.
  • Ada 2 saat yang tepat untuk menggunakan skill ultimate, pertama saat musuh sedang sekarat dan hampir mati (secure killing), dan yang kedua digunakan pada teamfight saat musuh memiliki efek heal dan lifesteal yang tinggi, contoh saat tim kita sedang clash dengan Alucard yang lifestealnya tinggi, kita bisa bantu dengan skill 3 supaya Alucard tersebut tidak bisa mendapatkan lifesteal, atau saat ada Estes pada tim musuh yang berusaha mengheal temannya, kita bisa gunakan ulti pada hero yang sedang diheal tersebut supaya darahnya tidak bertambah sama sekali.
  • Usahakan selalu berada diposisi belakang tim, jangan pernah maju kedepan atau sendirian, jika ada musuh dibelakang maka cari posisi yang aman ditengah-tengah tim kita, intinya selalu berusaha berlindung dibalik hero tim kita sesering mungkin.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Vexana user atau live streaming para top Vexana player.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Vexana dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: