Tutorial, Tips Item Build & Cara Belajar Main Thamuz (Mobile Legends)

Pada tutorial hero kali ini kita akan membahas salah satu hero super OP dan mungkin akan menjadi fighter terkuat pada kemunculannya di original server yaitu Thamuz. Thamuz adalah hero fighter yang bisa melempar sabit untuk menganggu formasi musuh termasuk memberikan damage/poke secara kontinyu, kemampuannya untuk membelah barisan tim lawan sangat baik untuk mengacaukan strategi musuh dan memberikan ruang gerak yang sangat masif untuk tim baik saat sedang push turret maupun mempertahankan tower.

Menurut ane hero ini termasuk sangat kuat (cenderung OP) dan mungkin akan menjadi salah satu fighter terbaik (walaupun sudah di nerf) karena burst damage serta kemampuan crowd control nya sangat tinggi, dengan skill 1 yang serba guna kita bisa gunakan untuk bertahan, push/menyerang, memancing musuh dan poke dari jarak aman untuk mencicil HP musuh secara perlahan. Tanpa banyak basa basi inilah tutorial lengkap cara belajar main Thamuz, pertama kita mulai dari keunggulan dan kelemahannya.

Kelebihan Thamuz:

  • Fighter burst damage yang sangat OP, ketiga skill Thamuz (termasuk skill pasif) jika dikombinasikan pada saat yang tepat maka bisa membuat semua lawan tak berkutik, karena semua skill-skillnya memberikan damage yang tinggi terutama pada mode ultimate dimana ia bisa membakar semua musuh di sekitarnya dan mendapatkan lifesteal yang cukup berguna membantunya survive di tengah-tengah teamfight/tim war.
  • Hero yang fleksibel, karena kemampuannya yang unik, kita bisa membuatnya menjadi tanker yang sangat mengganggu (dengan skill CC nya) atau fighter super yang bisa membasmi semua musuh dengan cepat, atau juga semi tank-fighter yang serba bisa (memberikan pertahanan sekaligus serangan yang baik), namun ane pribadi lebih menyarankan menggunakan hero ini sebagai full fighter (atau setidaknya semi tank) seperti Alucard/Alpha.
  • Crowd control multifungsi, skill 1 Thamuz adalah senjata utama dan karakteristik dari hero ini, ia melempar sabit dan musuh yang terkena sabit akan menerima damage DPS yang kecil lalu saat sabit itu kembali pada Thamuz, hero musuh disekitar sabit itu akan ikut terkena sedikit tarikan (terseret), skill inilah yang membuat Thamuz bisa memecah-belah formasi musuh dan dengan mudah mengacak-acak strategi tim lawan.
  • Ideal di semua phase & cukup kuat pada early game, karena ia memiliki skill pasif dan skill 1 yang cooldown nya sangat singkat, maka kita bisa spam skill-skillnya dan memberikan burst damage yang besar walaupun masih di awal permainan sehingga hero ini cenderung OP pada phase early namun tenang karena ini tidak membuatnya menjadi lemah pada phase mid-late game karena hero ini termasuk fighter yang baik di semua phase.
  • Cukup mudah dikuasai, pada dasarnya memainkan hero ini tidaklah sulit, satu-satunya kendala saat kita menggunakan hero ini (termasuk hero fighter pada umumnya) adalah tahu saat/timing yang pas untuk engage (menyerang) dan kapan harus menarik diri/retreat, intinya saat kita memainkan fighter kita tidak boleh nafsuan dan mukil sebab hero melee macam fighter sangatlah mudah menjadi feeder (mati terus dan bikin kenyang musuh).

Kekurangan Thamuz:

  • Sering jadi sasaran utama saat teamfight, karena wujud hero ini yang cukup besar dan mengintimidasi maka tidak heran ia seringkali menjadi target utama dalam tim war, belum lagi role nya yang sebagai fighter sering bertarung di depan barisan dengan jarak dekat membuat kita harus pintar-pintar bekerja sama dengan tim karena sekuat apapun hero ini tentu tidak akan bisa mengalahkan beberapa hero sekaligus.
  • Butuh timing yang tepat, kita harus tahu kemana melempar sabit skill 1 supaya musuh terkecoh/terganggu, lalu harus meloncat kemana dengan skill 2, dan kapan saat yang tepat untuk menggunakan skill 3 supaya bisa memberikan damage maksimal pada lawan.

Thamuz tips item build:

tips item build hero thamuz mobile legends

  • Build diatas adalah tips item build Thamuz yang menurut ane paling ideal, baris pertama adalah build semi tank dan baris kedua adalah build full fighter.
  • Gunakan build fighter semi tank (baris 1) jika tim kekurangan tank atau tidak terdapat tanker keras yang bisa membackup tim kita pada saat war, dengan build ini Thamuz setidaknya memiliki ekstra pertahanan yang bisa membantunya bertahan saat di gank oleh beberapa musuh sekaligus.
  • Gunakan build full fighter (baris 2) jika tim sudah memiliki 2 tank/cukup tanker dan memerlukan hero burst damage yang tinggi, ane lebih suka memakai Bloodlust Axe sebagai item lifesteal ketimbang Haas’s Claws karena dalam permainan biasanya kita akan lebih sering menggunakan skill 1 (kombinasi skill 1 – skill 2) ketimbang basic attack, namun kalau kamu lebih prefer item lifesteal seperti Haas’s Claws masa silahkan build dengan caramu sendiri.
  • Kamu bisa coba gunakan build item lain dan bereksperimen sendiri karena hero ini sangat fleksibel, Thamuz bisa kita build sebagai fighter maupun tanker, jadi masih banyak kombinasi item lain yang mungkin cocok/sesuai dengan cara dan gaya mainmu.

Battle spell yang paling cocok untuk Thamuz adalah Petrify.

battle spell petrify saber

Gunakan Petrify untuk ekstra CC saat tim war/teamfight, sebenarnya hero Thamuz cukup fleksibel dan cocok menggunakan spell apapun seperti Flicker dan lainnya, namun berhubung biasanya kita sering open war dan berada di tengah-tengah tim lawan saat teamfight, tentu stun Petrify akan sangat berguna untuk memberikan celah dan membantu tim saat menyerang.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Fighter emblem.

Thamuz sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Semua hero jarak dekat/melee (fighter)
  • Karina
  • Natalia
  • Helcurt

Thamuz cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Hayabusa
  • Lancelot
  • Gusion
  • Nana
  • Harley
  • Lunox
  • Karrie
  • Lesley
  • Claude

Tips & trik hero guide Thamuz:

  • Cara main hero ini kurang lebih sama seperti cara main Alucard, hero fighter yang punya kemampuan burst damage super namun tetap rentan pada crowd control dan harus hati-hati dalam pertempuran.
  • Positioning dan timing adalah kunci terpenting dalam memainkan hero ini, ingat senjata utama Thamuz adalah pada spam skill 1 nya (termasuk saat mengambil sabit kembali), jangan asal main hajar dan maju sembarangan dengan mode ulti. Usahakan untuk selalu melihat situasi apakah saat yang tepat untuk menyerang agresif (masuk mode ultimate) atau main poke secara aman dengan skill 1 dan 2.
  • Manfaatkan keunggulan skill 1 yang bisa kita spam saat kita mengambil kembali sabitnya, sabit akan kembali saat jaraknya dengan Thamuz terlalu jauh, atau langsung kita dekati sabitnya dan ambil sendiri, atau bisa juga dengan menggunakan skill 2, manfaatkanlah kemampuan ini untuk melempar sabit berkali-kali sehingga kitapun bisa memberi damage maksimal pada musuh dan memanfaatkan skill pasif sebaik mungkin.
  • Sebaiknya simpan skill 3 untuk momen-momen yang genting seperti tim war/teamfight 5 vs 5, tetaplah bermain aman walau dalam mode ultimate karena ia cenderung rentan CC dan sering kena kroyok oleh musuh.
  • Selalu spam skill 1 untuk melakukan initiate serangan, jika tidak yakin dengan keadaan sekitar sebelum engage cobalah lempar sabit kedalam rumput/bush untuk memastikan apakah ada musuh yang bersembunyi, yang tidak kalah penting adalah gunakan skill 1 ini untuk memecah barisan formasi musuh, kita bisa lempar sabit untuk membuat musuh ragu saat ingin engage, jadi pintar-pintarlah memaksimalkan skill 1 ini dalam permainan.
  • Rajin-rajinlah tonton video dan live streaming top Thamuz player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran bagaimana cara menggunakan Thamuz dengan baik dan benar. Semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.


Related Post: