Tutorial, Tips Item Build & Cara Belajar Main Pharsa (Mobile Legends)

Kali ini kita akan belajar tutorial cara main hero mage yang cukup menjengkelkan terutama pada Brawl mode yaitu Pharsa. Pharsa adalah mage yang memiliki range serangan terpanjang yang bisa menyerang dari jarak jauh dengan aman sehingga ia menjadi salah satu hero terkuat di Brawl mode Mobile Legends, namun ia tetap saja membutuhkan bantuan tim/backup karena ia sangat lemah dalam urusan close combat, yang menarik adalah cooldown skill hero ini sangat singkat sehingga kita bisa sering-sering membombardir tim musuh dengan skill-skillnya dan mendominasi permainan.

Keunikan hero ini adalah ia bisa terbang menembus tembok/halangan yang ada dengan skill 1 nya (menjadi asap dan terbang mengelilingi Verri burung putih yang selalu bersamanya), lalu skill ultimate nya memiliki radius serangan yang sangat luas, menjadikannya hero pusher dan defense turret yang sangat menyebalkan bagi lawan-lawannya, Pharsa adalah hero terbaik untuk urusan poke dan distract enemy (mengganggu musuh terutama saat mereka menyerang/mempertahankan tower).

Kelebihan Pharsa:

  • Skill poke yang sangat bagus, karakteristik utama hero ini adalah mage yang bisa menyerang dari jarak yang sangat jauh, karena itu kita bisa dengan mudah mencicil darah musuh perlahan-lahan dengan skill ultinya dari jarak aman sambil berlindung di belakang tim.
  • Kemampuan terbang serba guna, skill 1 nya memiliki mobilitas tinggi yang berguna untuk menelusuri lane dengan cepat, selain itu bisa juga digunakan untuk menghindari serangan/ganking musuh dengan cara menembus area tembok sehingga musuh tidak bisa menangkapnya.
  • Burst damage yang tinggi, damage 1 hit dari skill 3 nya lumayan sakit, apalagi kita bisa bertubi-tubi melancarkan tembakan ini selama 13 detik sehingga ia bisa memberi burst damage yang sangat masif saat teamfight/tim war.
  • Cooldown skill yang singkat, keuntungan utama dari skill ultimate Pharsa adalah delay cooldown skill 3 ini sangat sebentar, sehingga kita bisa spam dan menganggu musuh sepanjang permainan.
  • Cukup mudah digunakan, main menggunakan hero ini termasuk simpel karena kita hanya perlu berlindung mencari posisi yang aman untuk menyerang musuh menggunakan skill 3 nya, akan lebih mudah lagi kalau kita main menggunakan komputer/desktop.

Kekurangan Pharsa:

  • Sangat bergantung pada tim, mage ini cukup rentan dan penuh resiko saat kita melancarkan serangan ultimate karena ia tidak bisa bergerak, maka dari itu kita perlu ada tim yang membackup atau setidaknya cari posisi yang sulit dijangkau musuh seperti dalam tower/rumput.
  • Sangat rentan CC, memang skill 1 nya bisa membuatnya mudah kabur dari kejaran musuh, namun sayang skill ini bisa dicancel dengan crowd control, begitu pula skill 3 nya bisa dihentikan dengan stun/CC, sehingga mage ini betul-betul lemah terhadap hero-hero CC.
  • Skill 3 yang sulit mengenai target, walau memiliki range yang luas tapi serangan ini cukup mudah dihindari apalagi kalau musuh memiliki movement speed yang cepat/lincah, karena itu kita harus mengarahkannya dengan pas (bukan asal pencet skill berharap auto aim akan mengenai musuh), auto aim hanya akan kena kalau musuhnya diam ditempat, kalau musuh sedang bergerak maka kita harus mengarahkannya dan memprediksi kemana musuh akan bergerak, akan lebih mudah melakukan ini jika kita main di komputer/PC ketimbang melalui smartphone.

Pharsa tips item build:

tips item build hero pharsa

  • Pharsa tidak perlu build item cooldown sama sekali karena cooldown skillnya sudah cukup singkat dan bisa sering kita spam tanpa bantuan cooldwon reduction/CDR sekalipun, jadi kita hanya perlu fokus pada build magical damage setinggi-tingginya.
  • Build item diatas adalah yang menurut ane paling recommended, item Ice Queen Wand sangat berguna karena memberi efek slow yang membuat musuh semakin kesulitan saat menghindari bombardir skill 3 nya.
  • Item terakhir bisa kita ganti Necklace of Durance jika pada musuh terdapat hero healer seperti Rafaela/Estes dan hero dengan lifesteal tinggi seperti Alucard, Fanny, Ruby, dll.
  • Kamu bisa mencoba berbagai build item lain yang menurutmu lebih cocok dengan gaya mainmu, tapi menurut ane tetap yang terpenting fokus pada magic damage setinggi mungkin dan tidak perlu beli item CDR apapun.

Battle spell yang paling cocok untuk Pharsa adalah Flicker dan Purify.

  • Gunakan Flicker untuk ekstra mobilitas, sangat berguna untuk main aman dan kabur dari serangan musuh disaat genting, Flicker juga bisa kita kombinasikan dengan skill ultimate supaya kita bisa menjangkau area yang lebih luas lagi (contoh ada dibawah).
  • Gunakan Petrify untuk melindungi diri dari crowd control lawan, saat kita ingin kabur dengan skill 1 biasanya musuh akan mengeluarkan skill CC yang ada untuk menghentikan kita, nah dengan spell ini kita bisa tetap kabur dengan aman walau terkena stun/disable dari tim lawan. Namun secara overall ane lebih menyarankan Flicker karena jauh lebih fleksibel untuk berbagai keadaan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Common Magic atau Custom Mage emblem.

Pharsa sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank (selama kita bisa menjaga jarak aman).
  • Semua hero fighter (selama bisa jaga jarak aman).
  • Odette
  • Zhask
  • Moskov
  • Karrie

Pharsa cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Semua hero assassin terutama Fanny dan Gusion.
  • Chou
  • Jawhead
  • Harley
  • Lesley

Kombinasi skill ultimate – Flicker:

Saat kita menggunakan ultimate dan musuh kabur keluar dari jangkauan attack Pharsa, maka kita bisa engage/mendekat dengan bantuan Flicker untuk sedikit ekstra range sehingga kita tidak perlu menghentikan skill ulti dan menunggu cooldown refresh kembali.

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill pharsa mobile legends

Trik kabur/escape dengan skill 1:

Ada saat dimana musuh berada sangat dekat dengan kita atau kita sudah terciduk dan tidak bisa kabur kemana-mana lagi, maka satu-satunya jalan untuk menghindar/melindungi diri adalah dengan menembus area map/tembok yang ada sehingga musuh tidak bisa menjangkau kita (kecuali lawan menggunakan hero range seperti marksman/mage).

Contoh seperti cuplikan berikut:

teknik kabur escape skill terbang pharsa

Kita bisa menembus tembok walaupun itu berada diluar area map, jadi manfaatkanlah skill 1 ini untuk terbang menghindari gank lawan dan meloloskan diri dengan aman.

Tips & trik hero guide Pharsa:

  • Ini hanya preferensi ane pribadi sebaiknya kita mengganti posisi skill 3 (ultimate) ditengah-tengah (skill 2) supaya lebih gampang saat kita ingin menyerang target di bagian kanan atas, lalu skill 1 bisa kita taruh di posisi skill 3, kita bisa ganti urutan/posisi ini pada bagian Prep –> Customize Skills.

trik cara menggunakan memainkan skill pharsa

  • Sebaiknya gunakan hero lock mode on supaya kita bisa auto aim hero yang kita inginkan saat menggunakan skill ultimate, kalau tidak maka kita hanya akan menyerang hero yang darahnya paling sedikit/paling dekat dengan kita.
  • Selalu spam skill ultimate sepanjang permainan untuk apapun, baik untuk farming membunuh monster jungle/buff, untuk menyerang lord/turtle, dan untuk poke musuh sepanjang game, tidak usah sayang-sayang melancarkan skill 3 ini karena cooldownnya juga sebentar dan akan segera tereset kembali.
  • Belajar memposisikan diri dengan baik, positioning adalah kunci paling penting dalam memainkan Pharsa, selalu jaga jarak aman dengan hero lawan, cicil darah musuh perlahan-lahan dengan skill 3, tugas utama kita adalah melakukan poking bukan untuk mukill mengincar kill sebanyak-banyaknya, karena itu support teman yang sedang battle dengan musuh (teamfight) dengan menyerang/poke dari jauh dan tetaplah berlindung dibalik tanker supaya tidak mudah terkena serangan musuh.
  • Ingat skill 1 bisa kita gunakan untuk menembus tembok sehingga kita bisa berpindah lane dengan cepat dan juga kabur secara efektif.
  • Saat melancarkan skill 3 (mode ultimate) kita tetap bisa mengeluarkan skill 2, jadi jangan lupa gunakan skill 2 ini untuk tambahan damage pada musuh yang ada/sedang mendekat.
  • Sedikit tips tambahan kita bisa lebih mudah menggunakan dan mengarahkan skill 3 Pharsa dengan bermain via PC/desktop, namun dengan HP juga tidak jauh berbeda kalau kita sudah terbiasa.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Pharsa user di YouTube atau live streaming top Pharsa player.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Pharsa dengan baik dan benar. Note: Perhatikanlah bagaimana cara ane memposisikan diri sepanjang permainan, kapan ane engage dan menarik diri.

Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.


Related Post: