Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Minsitthar (Mobile Legends)

Setelah kemunculan hero lokal kedua dari Indonesia yaitu Kadita (Nyi Roro Kidul), sekarang muncul hero dari Myanmar yaitu Minsitthar. Minsitthar adalah hero fighter yang punya kemampuan crowd control layaknya tanker dan yang paling unik ia memiliki jenis CC baru yaitu “grounded”. Grounded ini adalah crowd control yang membuat lawan tidak bisa menggunakan directional skill seperti dash, jump, blink/flicker, dan charge (skill apapun yang membuat hero dapat berpindah tempat secara terarah).

Bisa dikatakan hero ini bahkan memiliki kemampuan CC yang melebihi tank karena semua skill-skillnya memiliki efek crowd control. Kesan pertama memainkan hero ini rasanya seperti memainkan Franco yang punya damage tinggi (fighter semi tank), jadi buat agan yang suka pakai Franco dan hero-hero fighter macam Zilong/Alucard, pasti akan juga menyukai hero Myanmar yang satu ini. Tanpa berbasa-basi lagi, inilah tutorial lengkap cara main Minsitthar, pertama kita mulai dari keunggulan dan kelemahannya.

Kelebihan Minsitthar:

  • Fighter super crowd control, skill pertama bisa menarik musuh (hook), skill kedua memberikan stun/knock back, dan skill ultimate punya efek grounded yang dapat mengcounter hero-hero lawan yang lincah/gesit terutama Fanny, bisa dikatakan hero ini punya skill CC yang sangat lengkap untuk menciduk dan membungkam lawan-lawannya.
  • Kombinasi skill mematikan, kombo ketiga skillnya bisa menghasilkan serangan yang sangat berbahaya, pertama kita bisa menculik target dengan skill 1, lalu kita tahan dengan skill 3 (grounded) supaya ia tidak bisa kabur dengan skill escape/movement yang ada, lalu tambahkan skill 2 sebagai stunner, terlebih ketiga skill ini juga punya damage yang cukup signifikan sehingga jika dilancarkan secara tepat maka lawan tidak akan bisa berkutik melawan serangan Minsitthar ini.
  • Ideal di semua phase, Minsitthar termasuk hero yang kuat dalam phase apapun (early-late game), namun ia bisa lebih OP diawal karena kita bisa memanfaatkan turret untuk melakukan hook kedalam tower.
  • Skill CC + damage massal, skill ulti memberikan efek CC dan damage area yang akan sangat merepotkan musuh dalam kondisi tim war/teamfight, sehingga skill ini bisa memberikan keuntungan lebih masif push maupun defense tower.
  • Hero yang fleksibel, fleksibel disini artinya kita bisa build hero ini dengan bebas sesuai keadaan, kita bisa memainkan role fighter, fighter semi tank, atau tanker sekalipun, karena memang karakteristik hero ini sama seperti Chou yaitu fighter damage yang punya banyak kemampuan crowd control.

Kekurangan Minsitthar:

  • Skill cooldown yang cukup lama, walaupun semua skill-skillnya memang OP, namun sayangnya cd dari ketiga skill ini juga lumayan panjang, karena itulah sebaiknya kita build minimal 20% CDR supaya bisa lebih sering spamming skill sepanjang permainan.
  • Sangat bergantung pada skill, kelemahan utama Minsitthar adalah ia lebih mengandalkan skill ketimbang basic attack dalam menyerang, sehingga kita harus bermain seperti assassin ketimbang fighter, karena itu timing/momen penggunaan skill sangat menentukan kemenangan yang artinya skill pemainnya juga penting dan harus bisa memaksimalkan potensi hero ini dengan baik.

Minsitthar tips item build:

tips item build hero minsitthar

  • Tips item build Minsitthar fokus pada cooldown reduction dan physical damage, kadang ada juga player yang build item defense (tank), tapi sebaiknya tetap build seperti full fighter (atau setidaknya semi tank) karena damage skill-skillnya akan menjadi tidak maksimal, namun lain cerita kalau kita hanya ingin menggunakannya sebagai crowd controller saja.
  • Build diatas adalah yang menurut ane paling ideal dalam berbagai situasi, namun hero ini cukup fleksibel sehingga kamu bisa mencoba berbagai kombinasi item lain seperti build tank, assassin, atau bahkan marksman, tapi saran ane sebaiknya tetap fokus pada build CDR (setidaknya 20%) supaya skill-skillnya bisa kita maksimalkan sepanjang permainan.

Battle spell yang paling cocok untuk Minsitthar adalah Flicker.

chou battle spell flicker guideGunakan Flicker untuk berbagai situasi seperti mengejar musuh atau kabur dari gank lawan, spell ini sangat fleksibel dan yang lebih penting bisa dikombinasikan dengan skill 1 nya seperti Franco (flicker-hook).

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Fighter atau Assassin emblem.

Minsitthar sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero marksman
  • Fanny
  • Hayabusa
  • Lancelot
  • Helcurt
  • Gusion
  • Harith

Minsitthar sangat lemah melawan hero-hero berikut:

  • Zilong
  • Roger
  • Aldous
  • Leomord
  • Martis
  • Kagura
  • Diggie

Kombinasi skill Minsitthar (flicker-hook):

Kita bisa menculik hero lawan dengan menggunakan kombo skill 1 + flicker persis seperti kombo flicker-hook Franco, namun disini timing kita harus pas, berbeda dengan Franco yang begitu musuh terkena hit skill 1 dan kita bisa langsung flicker (musuh akan ikut tertarik), kita harus menunggu sedikit sampai musuh terseret sesaat barulah kita menggunakan flicker (jika terlalu cepat atau kita langsung flicker saat musuh baru kena hit tombak skill 1 maka kemungkinan besar target tidak akan ikut tertarik).

Skill 1 –> Flicker (tunggu sampai musuh agak terseret)

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill minsitthar mobile legends

Kita bisa menambahkan serangan lanjutan dengan skill 2 (stun) dan skill 3 (grounded) seperti contoh di atas untuk memerangkap musuh di dalam tower lebih lama, perhatikan juga timingnya, lihat cuplikan di atas flicker baru digunakan setelah musuh tertarik/terseret, jadi jangan sampai terlalu cepat melancarkan kombonya. Sebaiknya coba latihan dulu di custom atau mode baru “Practice Mode” yang memudahkan kita untuk latihan skill-skill khusus seperti ini.

Tips & trik hero guide Minsitthar:

  • Pada awal permainan fokuslah untuk menciduk lawan kedalam turret dengan skill 1 (flicker-hook), cari-cari kesempatan dan jika lawan lengah segera tarik mereka kedalam tower dan lancarkan kombinasi skill yang ada.
  • Sebaiknya simpan dan gunakan skill 3 pada hero-hero yang gesit seperti Fanny, Harith, atau Hayabusa. Fokus kita adalah menghabisi assassin yang lincah namun tergantung keadaan juga, jika ada hero carry lawan yang lebih berbahaya dan bukan hero yang lincah (marksman/fighter), maka tidak ada salahnya gunakan ulti untuk menyikat hero tersebut.
  • Jangan asal engage ketengah-tengah musuh tanpa adanya tank yang membackup, apalagi main asal ultimate 1 vs 5, ingat Minsitthar sejatinya bukan tank keras, jadi tetaplah main aman dan cari celah untuk menculik satu per satu hero lawan dengan skill 1 dari jauh, tunggu kesempatan/momen yang tepat untuk menggunakan ultimate seperti saat sedang tim war dimana ada tim yang membackup kita.
  • Sebaiknya hindari adu jotos/basic attack dengan fighter/assassin yang OP dalam close combat, seperti Zilong, Karina, Natalia, Roger, Aldous, dan Leomord. Untuk melawan hero-hero seperti ini kita harus lebih mengandalkan team work dan memaksimalkan skill CC yang ada.
  • Cobalah tonton video gameplay pro Minsitthar user atau live streaming top global Minsitthar player supaya bisa menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi Anda gambaran bagaimana cara memainkan Minsitthar dengan baik dan benar.

Selamat mencoba.


Related Post: