Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Lapu-lapu (Mobile Legends)

Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar bagaimana cara main menggunakan Lapu-lapu dengan baik dan benar, hero fighter/assassin yang satu ini termasuk hero early game yang sangat kuat karena ia memiliki 6 skill dan bisa memberikan burst damage massal dengan semua skillnya, ia termasuk hero yang ideal melawan siapapun karena memiliki serangan, pertahanan, dan movement yang cukup baik, namun satu kekurangannya yaitu ia tidak bisa memberikan DPS yang tinggi seperti hero full fighter macam Zilong/Roger pada phase late game, karena ia lebih bergantung/mengandalkan skill maka tidak disarankan untuk adu jotos melawan hero ADC pada akhir permainan.

Kesalahan utama dalam memainkan Lapu-lapu adalah kita sering menggunakannya sebagai fighter keras yang main close combat/direct hit dengan tim musuh, padahal ia cukup lembek dan tidak memiliki pertahanan yang baik, cara terbaik untuk memainkan hero ini adalah seperti cara main Saber, pertama kita cicil/poke darah musuh perlahan-lahan menggunakan skill 1 nya, begitu ada celah/kesempatan baru kita main agresif menggunakan mode ultimate dan kerahkan semua skill untuk menghabisi musuh. Mari pelajari tutorial hero ini dimulai dari keunggulan dan kelemahannya terlebih dahulu.

Kelebihan Lapu-lapu:

  • Sangat kuat di awal permainan, Lapu-lapu cenderung lebih OP pada early game ketimbang late game karena memang pada dasarnya hero-hero yang mengandalkan skill (seperti mage dan assassin) akan lebih mendominasi di awal, sedangkan hero-hero yang mengandalkan basic attack seperti marksman dan fighter akan bersinar pada akhir permainan (late game), karena itu usahakan untuk menyelesaikan permainan secepat mungkin menggunakan hero ini dengan bermain agresif push tower dan lane sedini mungkin.
  • Hero poke yang sangat bagus, skill 1 nya memiliki range yang cukup jauh baik dalam mode dua pedang (twin blades) atau satu pedang (heavy sword/mode ulti), karena itu gameplay hero ini mirip seperti Saber yang bermain aman dari jarak jauh mencicil HP musuh sedikit demi sedikit dengan skill 1, begitu ada peluang langsung gunakan ultimate dan habisi lawan sesegera mungkin.
  • Burst damage massal yang tinggi, keenam skill Lapu-lapu semuanya memberikan damage AOE/massal sehingga hero ini sangat bagus untuk tim war/teamfight, selain itu ia juga memiliki movement/skill mekanisme gerakan yang baik sehingga bisa menyelinap dan kabur dengan mudah dalam segala situasi.
  • Skill bertahan yang cukup baik, skill pasifnya memberikan bonus shield yang sangat berguna saat kita sedang engage dan close combat dalam teamfight, terlebih kita bisa mentrigger skill pasif ini hanya dengan spam skill 5x mengenai hero musuh/monster jungle, jadi sering-seringlah manfaatkan bonus shield ini disaat yang tepat (untuk mengaktifkan shield kita tinggal memukul musuh dengan basic attack saat stack dari skill pasif sudah penuh/5x).

Kekurangan Lapu-lapu:

  • Sangat rentan pada akhir permainan, walau ia kuat di early game tapi ia menjadi lemah pada akhir permainan, mengapa? Karena saat ia menggunakan skill akan terdapat delay dan cooldown yang membuatnya rentan, pada awal game hal seperti ini tidak terlalu masalah karena damage dari musuh masih kecil, tapi begitu late game semua hero mm dan fighter bisa menghabisinya dengan beberapa hit basic attack, sedangkan basic attack Lapu-lapu sangat lambat dan tidak sebesar burst damage fighter seperti Zilong dan Alucard, jadi ia kurang begitu efektif di akhir permainan.
  • Sangat lemah melawan fighter, walaupun role nya sendiri adalah fighter tapi Lapu-lapu akan kalah kalau kita gunakan untuk close combat dengan Zilong, Roger, Alucard pada phase mid-late game karena basic attacknya tidak begitu tinggi (kecuali mode ultimate), kita hanya bisa memenangkan close combat jika level/gold lebih tinggi dan menggunakan mode ulti saat melawan fighter full burst damage, jadi sebaiknya hati-hati saat berhadapan dengan fighter, gunakan taktik poke menggunakan skill 1 dan disaat kita lebih unggul (HP lebih banyak) barulah kita bisa adu jotos dan menang.
  • Sangat bergantung pada skill, kelemahan utama Lapu-lapu adalah ia lebih mengandalkan skill ketimbang basic attack dalam menyerang, sehingga kita harus build cooldown reduction dan bermain seperti assassin ketimbang fighter, karena itu timing penggunaan skill sangat menentukan kemenangan yang artinya skill pemainnya juga harus mumpuni untuk bisa memaksimalkan potensi hero ini dengan baik.

Lapu-lapu tips item build:

tips item build hero lapu-lapu mobile legends

  • Tips item build Lapu-lapu fokus pada cooldown reduction dan physical damage, kadang ada juga player yang build semi tank, tapi sebaiknya tetap build seperti full fighter karena damage skill-skillnya akan menjadi tidak signifikan kalau kita build setengah-setengah.
  • Gunakan build item baris pertama kalau pada tim lawan terdapat banyak hero mage/magic damager.
  • Gunakan build item baris kedua kalau pada tim lawan terdapat banyak hero keras (tanker/fighter semi tank).
  • Tips build item Lapu-lapu yang paling ane rekomendasikan adalah build baris ketiga, karena ia akan memiliki damage yang tinggi dan mampu bersaing dengan fighter/mm lawan disaat yang tepat.
  • Hero ini cukup fleksibel sehingga kamu bisa mencoba berbagai kombinasi build item lain seperti build marksman atau semi tank, tapi saran ane sebaiknya tetap fokus pada build maksimal CDR dan physical attack supaya damage dari 6 skillnya menjadi sakit.

Battle spell yang paling cocok untuk Lapu-lapu adalah Retribution, Petrify, dan Flicker.

  • Gunakan Retribution untuk cepat farming, spell ini sebaiknya digunakan jika tim kita kekurangan damager (hanya ada 1 hero burst damage) dan kita harus fokus menyelesaikan game secepat mungkin (fast end game).
  • Gunakan Petrify untuk ekstra crowd control, gunakan spell untuk menyelinap ketengah-tengah musuh dan memberi stun, sangat bagus dikombinasikan dengan skill 3, sehingga kita bisa memastikan musuh terkena hit skill 3 nya (salah satu kekurangan skill 3 nya Lapu-lapu sangat mudah dihindari).
  • Gunakan Flicker untuk berbagai situasi seperti saat sedang mengejar musuh yang berusaha kabur (chase) atau saat melarikan diri (escape) dari kejaran tim lawan, spell ini sangat ideal dan cukup recommended untuk Lapu-lapu terutama jika kita ingin main lebih aman.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Fighter emblem.

Lapu-lapu sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero fighter (early game)
  • Semua hero marksman (early game)
  • Karina
  • Natalia

Lapu-lapu sangat lemah melawan hero-hero berikut:

  • Helcurt
  • Lancelot
  • Gusion
  • Zilong
  • Alucard
  • Roger
  • Lesley

Tips & trik hero guide Lapu-lapu:

  • Fokus utama kita adalah mencicil darah musuh (poke) menggunakan skill 1 sepanjang permainan, kita bisa main agresif menyerang hero-hero lembek seperti mage, marksman, dan assassin (early game), tapi kita harus hati-hati saat menyerang fighter dan tank, dalam teamfight/tim war kita harus utamakan untuk membunuh hero lembek/rentan terlebih dulu (hero yang bisa cepat dibunuh) atau hero yang damagenya paling sakit.
  • Manfaatkan skill pasif Lapu-lapu dengan menggunakannya disaat yang tepat, pertama kita bisa kumpulkan stack terlebih dahulu dengan menyerang monster hutan, dan aktifkan skill pasif (memukul dengan basic attack saat stack penuh) pada saat initiate/engage.
  • Jangan asal meloncat/masuk ketengah-tengah musuh terutama jika tidak ada tank yang membackup, ingat Lapu-lapu bukan fighter keras dan lifesteal skill hero ini sangat kecil, jadi tidak akan bisa survive kalau kita main asal pukul-pukul saat teamfight, tetap main aman dengan skill 1 dari jauh dan tunggu kesempatan/momen yang tepat untuk menggunakan ultimate.
  • Sebaiknya hindari adu jotos/basic attack saat mode biasa (dua pedang) karena hanya akan membuatnya rentan dari serangan musuh, selain itu perhatikan skill crowd control musuh karena skill CC bisa menghentikan skill 3 Lapu-lapu jadi lebih baik tunggu saat yang tepat dan cari posisi dimana ia tidak akan terkena CC saat melancarkan ultinya.
  • Simpan skill 2 untuk kabur disaat kritis atau bisa juga untuk mengejar musuh dan positioning dalam pertarungan.
  • Tetaplah bermain dengan aman, anggaplah kita sedang bermain assassin seperti Saber/Karina, jadi jangan asal maju di depan, tunggu waktu yang tepat untuk engage, cicil darah musuh dengan skill 1 dan siap-siap main agresif jika kesempatan datang.
  • Ingat Lapu-lapu lebih OP dan dominan pada early-mid game, jadi sebaiknya main cepat push turret dan jangan biarkan permainan memasuki phase late game.
  • Cobalah tonton video gameplay pro Lapu-lapu user atau live streaming top global Lapu-lapu player.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi Anda gambaran bagaimana cara memainkan Lapu-lapu dengan lebih baik lagi. Selamat mencoba.


Related Post: