Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Jawhead (Mobile Legends)

Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar bagaimana cara main menggunakan Jawhead dengan baik dan benar, hero fighter ini tergolong cukup baru di season 7 ini, yang unik adalah ia memiliki kemampuan untuk melempar hero lainnya termasuk teman satu tim sendiri, sehingga sudah bisa dipastikan akan banyak player yang menggunakan hero ini untuk iseng melakukan troll pada timnya sendiri seperti lempar temen ke tower musuh dan sebagainya, namun jika kita bisa memainkan Jawhead dengan benar maka hero ini sangat OP sekali karena memiliki crowd control yang sangat baik dan bisa memberikan damage yang sangat tinggi pada awal permainan.

Jawhead adalah salah satu hero terbaik untuk mengcounter hero mage di Mobile Legends, karena ia bisa melakukan engage dengan cepat dan juga melempar musuh kedekat tim kita, semua hero yang memiliki mobilitas rendah seperti mage dan marksman adalah makanan utamanya, selain itu hero ini sangat fleksibel bisa kita build sebagai tanker dan fighter termasuk fighter semi tank, namun kita harus belajar memposisikan diri dengan baik apakah kita ingin bermain sebagai damager (full fighter) atau sebagai tank disabler/crowd controller, bisa dibilang hero ini mirip 11-12 seperti Chou yaitu fighter keras yang memiliki pelengkap skill CC sehingga bisa kita bentuk sebagai tank maupun fighter.

Kelebihan Jawhead:

  • Sangat kuat di early game, pada awal permainan damage skill 1 nya sangat sakit sehingga kita bisa menekan musuh secepat mungkin dan push tower dengan agresif. Selain itu skill 2 nya juga sangat berguna untuk melempar musuh kedalam area turret sehingga hero ini betul-betul efektif dalam urusan push dan defense tower pada phase early game.
  • Mage dan marksman killer, dengan skill 3 kisa bisa lock satu target lalu lanjutkan dengan skill 2 untuk melempar target kepada tim kita, sehingga hero-hero yang lembek bisa dengan mudah kita ciduk, memang hero ini lebih cocok untuk urusan ciduk-menciduk dan crowd control daripada menjadi fighter/damager.
  • Fun to play, sudah jelas main hero Jawhead akan lebih menyenangkan karena skill 2 nya yang berbeda dari semua hero lain yang ada, entah kita bermain serius atau santai (ngetroll) tetap saja gameplay hero ini asik dimainkan dan kita tidak akan mudah bosan (sama seperti Fanny). Apalagi kalau kita ingin ngerjain player/teman yang toxic maka hero ini cocok sekali untuk melampiaskan rasa kesal walau hal ini sebenarnya tergolong negative gameplay (jangan coba-coba iseng di ranked ya).
  • Hero tukang ciduk yang sangat baik, skill 2 nya sebelum melempar target memberikan ia bonus movement speed sehingga kita bisa gunakan skill ini untuk kabur/mengejar musuh, lalu skill 3 nya punya range yang cukup jauh dan auto lock target yang ditentukan, kalau kedua skill ini dikombinasikan musuh akan gampang sekali terciduk.

Kekurangan Jawhead:

  • Mobilitas yang lambat, gerakan jalan Jawhead hanya cepat saat ia mengeluarkan skill 2 (sebelum melempar targetnya), selain itu ia hanya fighter biasa yang minim movement speed dan cukup mudah kena ganking, gerakannya ini cukup lelet dan sayangnya skill ultimate hanya cocok untuk mengejar/chase musuh bukan untuk lari/escape dari kejaran lawan
  • Sangat lembek, jika kita build sebagai fighter maka ia akan sangat lemah dalam barisan depan saat teamfight/tim war, kalaupun kita build item tank juga ia masih termasuk lembek (tidak sekeras Balmond/Hilda) karena memang rolenya adalah fighter, kalau dilihat dari skill-skillnya pun memang hero ini di desain untuk menjadi full fighter burst damage, maka dari itu kita juga perlu waspada dan hati-hati saat engage/menciduk hero lawan, bisa jadi malah kita yang terciduk saat mendekat.
  • Sangat bergantung pada tim, Jawhead adalah tipe fighter yang lebih mengandalkan skill ketimbang basic attack, karena ia bukan fighter yang kuat adu jotos (kecuali early game) maka kita tetap butuh bantuan kerja sama tim untuk bisa memaksimalkan potensi hero ini sebaik mungkin.
  • Crowd control single target, kunci utama yang paling penting dalam memainkan hero ini adalah mengunci satu target penting untuk diserbu/diciduk sehingga kita bisa mendominasi permainan, karena skill 2 dan skill 3 nya hanya bisa lock satu target maka hero ini kurang begitu efektif saat 5 vs 5, karena dibutuhkan crowd control massal untuk mengendalikan keadaan yang ramai saat tim war, namun jika kita berhasil membunuh satu hero penting seperti carry utama musuh maka kita bisa mendominasi game dengan lebih mudah menggunakan hero ini.

Jawhead tips item build:

tips item build hero jawhead

  • Tips item build Jawhead sangat fleksibel, kita bisa build sebagai tank, semi tank, atau fighter (full damage), namun kuncinya adalah kita harus memperhatikan komposisi tim kita sendiri, jika mereka sedang kekurangan damage maka kita build fighter, kalau kurang pertahanan maka kita build tanker, kalau seimbang kita bisa coba build semi tank.
  • Build diatas adalah yang menurut ane paling recommended, baris pertama adalah build tank, baris kedua build semi tank, dan terakhir adalah build fighter, berdasarkan pengalaman ane build semi tank adalah yang paling ideal untuk berbagai situasi karena kita bisa memberikan damage (+ lifesteal) yang tinggi dan tetap memiliki pertahanan yang cukup untuk tahan badan melindungi tim kita.
  • Cobalah bereksperimen menggunakan berbagai kombinasi item yang ada, karena build item hero ini sangat fleksibel maka tidak ada salahnya kamu mencoba gunakan build itemmu sendiri yang lebih cocok dengan gaya/cara mainmu.

Battle spell yang paling cocok untuk Jawhead adalah Petrify dan Flicker.

  • Gunakan Petrify untuk memberikan ekstra crowd control, spell ini adalah yang paling ideal dan recommended untuk Jawhead karena bisa dikombinasikan dengan skill 2 dan 3 nya saat menciduk lawan.
  • Gunakan Flicker untuk mengejar/kabur dari musuh, spell ini juga berguna untuk menangkap lawan yang berusaha kabur dari skill 2 nya, lalu kita juga bisa melakukan serangan mendadak dengan Flicker –> skill 2 dengan cepat saat musuh sedang lengah.

Untuk emblem kita bisa gunakan Common Physical atau Custom Tank emblem.

Jawhead sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero mage & support
  • Semua hero marksman
  • Karina
  • Natalia

Jawhead cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Fanny
  • Gusion
  • Franco
  • Alucard
  • Zilong
  • Roger

Kombinasi skill Jawhead:

Ada 2 cara penggunaan kombo skill Jawhead yang pertama untuk melempar musuh kedalam tower dan memaksimalkan damage turret (biasanya pada early game) dan yang kedua untuk menciduk musuh baik di lane kosong maupun saat mereka di dalam tower mereka sendiri.

Untuk yang pertama kita gunakan kombinasi berikut:

Skill 2 (engage) –> Skill 2 (throw) –> Skill 3 –> disusul skill 1 + Petrify (kalau ada)

Contoh seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill jawhead mobile legends

Kombinasi skill untuk menciduk

Nah untuk yang kedua saat kita ingin menciduk musuh yang sedang kabur atau saat kita ingin mengeluarkan hero musuh yang sedang berada di dalam tower, kita bisa gunakan kombo berikut:

Skill 2 (engage) –> Skill 3 –> Skill 2 (throw) –> disusul skill 1 + Petrify (kalau ada)

Contoh seperti berikut:

trik cara menggunakan kombo skill jawhead

Note: pastikan kita gunakan hero lock mode on supaya tidak mengunci target yang salah saat menggunakan ulti, lalu perhatikan juga saat melempar musuh menggunakan skill 2 usahakan kita berada sedekat mungkin dengan target supaya tidak melempar minion/monster/hero lain di sekitar.

Tips & trik hero guide Jawhead:

  • Sebelum menentukan build yang akan kita pakai, sebaiknya cek komposisi tim dan role yang ada apakah mereka lebih membutuhkan damage atau defense, kalau kamu ragu maka saya sarankan build semi tank/fighter saja.
  • Usahakan untuk mengincar mage dan marksman karena hero tersebut sangat mudah diciduk oleh Jawhead, selain itu jika sedang tim war kita bisa melempar musuh kepada temannya sendiri sehingga mereka terkena damage dan stun sesaat.
  • Saat berusaha kabur kita bisa melempar musuh yang mengejar kita untuk menjauhkannya, lebih bagus lagi kalau kita bisa lempar mengenai temannya yang lain sehingga mereka terkena stun, kita juga bisa manfaatkan minion/monster jungle untuk membantu kita meloloskan diri.
  • Selalu spam basic attack saat kita menggunakan skill 1 karena efek skill pasif akan memberikan kita tambahan damage yang sangat besar terutama saat kita sedang memakai skill 1.
  • Jawhead termasuk hero kerja sama seperti Ruby dan Chou, jadi sebaiknya jangan berada sendirian di lane kosong atau solo push, manfaatkanlah skill menciduknya untuk memberi tim kita kesempatan mendapatkan kill/assist.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Jawhead user atau live streaming top Jawhead player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay berikut bisa memberikan sedikit gambaran bagaimana cara memainkan hero ini dengan lebih baik lagi. Note: pada game ini ane menggunakan build fighter dengan sedikit tambahan item defense.

Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.