Tutorial, Tips Item Build & Cara Belajar Main Popol And Kupa (Mobile Legends)

Popol and Kupa adalah hero baru yang mempunyai partner seekor serigala yang akan membantunya menyerang dan bertahan (hunter with a pet). Karakteristik hero ini kurang lebih sama seperti Zhask, keduanya mengandalkan bantuan dari temannya (wolf/spawn) dan hero itu sendiri tidak memiliki damage yang signifikan serta rentan terkena gank.

Sama seperti saat memainkan Zhask, kita perlu jaga jarak aman saat menyerang, biarkan partner kita menyerang di depan dan kita berlindung di belakang, bedanya Popol dengan Zhask adalah kita harus melancarkan basic attack atau skill 1 supaya Kupa (serigala) mau menyerang target jadi positioning sangat penting saat memainkan Popol and Kupa. Tanpa banyak basa-basi berikut tutorial lengkap cara main Popol dan Kupa mulai dari keunggulan dan kelemahan hero ini.

Kelebihan Popol and Kupa:

  • Combo burst damage + CC, terutama saat mode ulti Alpha Wolf (Kupa ultimate form), skill 1 nya akan memberikan damage yang sangat besar dan stun sehingga sangat efektif untuk menciduk musuh terutama hero lembek seperti mage/mm, lalu skill 2 nya juga memberikan efek knock up (airborne) pada musuh di dekat Popol dan skill 3 berupa perangkap yang menghentikan gerakan musuh sesaat (immobilize) & efek slow.
  • Cepat farming dan push tower, keunggulan utama hero-hero yang memiliki partner/clone seperti Zhask, Sun, termasuk Popol dan Kupa adalah mereka bisa sangat mudah farm menaikkan level tanpa harus kekurangan HP, solo jungle/buff diawal dan mendominasi lane lebih dulu di early-mid game, terutama bagi yang suka main agresif push lane/turret, maka hero ini sangatlah cocok untuk bermain objective (cepat memenangkan game).
  • Marksman yang OP dari early game, biasanya mm cenderung lemah diawal permainan namun Popol termasuk hero yang OP di semua phase karena skill ultinya yang sangat broken (sama seperti skill ultimate Zhask), jadi sebaiknya jangan coba-coba melawan 1 vs 1 dengan mode ulti Popol dan Kupa karena kemungkinan besar kita akan dibantai habis sebelum bisa mendekati Popol (kecuali kita menggunakan hero spesialis/assassin untuk menciduk).
  • Tank killer, satu lagi kemampuan yang broken dari hero ini adalah Kupa (serigala) bisa mendapatkan effect dari atribut/item Popol jadi serigala ini bisa menghasilkan damage critical dan skill pasif spesial dari Demon Hunter Sword, sehingga sangat gampang merontokkan pertahanan tanker tim lawan.
  • Mudah digunakan, cara menggunakan hero ini termasuk simpel, kurang lebih seperti marksman semi mage dimana kita harus jaga-jaga dibelakang seperti mage namun tetap dalam radius yang efektif untuk mencicil dengan basic attack.

Kekurangan Popol and Kupa:

  • Tidak memiliki skill escape, semua skillnya hanya berupa damage dan crowd control, ia tidak memiliki mekanisme gerakan/movement apapun, jadi sangat gampang diciduk/kena gank, karenanya tetaplah bermain aman, memang kita bisa menggunakan skill 2 untuk membuat Kupa membantu melindungi diri namun biasanya tidak efektif kalau musuhnya sudah lebih dari 1.
  • Sangat bergantung pada Kupa yang gampang mati, memang mode ultimate dari Kupa (Alpha Wolf Form) sangat mengerikan namun dalam mode normal Kupa ini sangat rentan tewas apalagi pada late game ia bisa cepat dibunuh oleh mm/assassin lawan, yang lebih ironisnya lagi kalau Kupa mati maka skill 1 dan 2 tidak ada gunanya (kita harus summon/menghidupkan kembali Kupa dan ini perlu waktu) jadi hanya bisa mengandalkan basic attack tanpa ada skill movement apapun, maka dari itu jangan sampai Kupa mati ditengah-tengah teamfight/war, kalau memang Kupa sudah tidak sanggup sebaiknya mundur dan tunggu keadaan Kupa pulih kembali.
  • Tidak memiliki damage massal/area sehingga kurang efektif dalam tim war, kekurangan yang sangat mencolok dari Popol and Kupa adalah kita hanya bisa mentargetkan 1 hero untuk diserang, karena begitu kita menyerang target lain maka Kupa akan mengikuti target yang kita serang sehingga gampang sekali di interupsi saat teamfight/tim war 5 vs 5, contoh saat kita sedang mentargetkan hero carry lawan, kita hampir berhasil mendapatkan kill lalu tiba-tiba tank lawan datang mengganggu dan tidak sengaja kita menyerang tank dengan basic attack (atau skill 1 & 2), maka Kupa yang tadinya sedang menyerang carry lawan beralih menyerang tank sehingga kita gagal mendapatkan kill.

Popol and Kupa tips item build:

tips item build hero popol and kupa mobile legends

  • Build baris pertama menurut saya cukup bagus untuk segala kondisi, tips item build Popol and Kupa sama seperti marksman pada umumnya, beli item lifesteal, kritikal dan attack speed sesuai dengan keadaan/komposisi yang ada.
  • Build baris kedua adalah build tank killer, jadi fokus build ini adalah membunuh tanker-tanker atau hero yang cukup tebal, gunakan build ini jika terdapat banyak hero tank dan fighter keras pada tim lawan.
  • Build item diatas adalah yang paling ideal dan recommended menurut saya, namun semua kembali pada preferensi masing-masing player, jika kamu merasa ada build yang lebih cocok dengan gaya mainmu, maka cobalah bereksperimen dengan item build kamu sendiri.

Battle spell yang paling cocok untuk Popol and Kupa adalah Flicker atau Sprint.

Karena hero ini tidak memiliki mobilitas yang baik maka gunakan saja Flicker/Sprint sebagai antisipasi, spell ini sangat berguna kalau kita mau main lebih aman, namun kalau kita punya tim yang solid (bisa mengcover/back up dengan baik) maka bisa pakai Retribution untuk cepat farming dan semakin mudah mendominasi early game dan objective memenangkan game sedini mungkin.

Untuk emblem kita bisa gunakan Marksman emblem.

Popol and Kupa sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Hayabusa
  • Balmond
  • Terizla
  • Alucard
  • Martis
  • Hilda
  • Roger

Popol and Kupa cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Fanny
  • Natalia
  • Ling
  • Guinevere
  • Aldous
  • Silvanna
  • Harley
  • Chang’e

Tips & trik hero guide Popol and Kupa:

  • Cara main Popol and Kupa kurang lebih mirip seperti cara main Zhask, keduanya sama-sama mengandalkan partner untuk offense & defense, keduanya punya keterbatasan dalam movement/mobilitas, jadi kita harus sering-sering berlindung dan memberikan damage dari jarak yang aman.
  • Manfaatkan skill 3 (trap) untuk cek map, jika kita sedang was-was dan ragu dalam suatu lane maka lempar saja perangkap kedalam bush/rumput untuk memastikan, lalu maksimalkan juga skill ini untuk menghentikan gerakan musuh saat kita sedang menyerang, jadi prediksikan kemana musuh akan bergerak dan pasang trap disana sehingga memberikan kita waktu lebih lama untuk memberikan damage.
  • Gunakan skill 2 seperlunya saja, biasanya kita hanya menggunakan skill 1 dan basic attack untuk poke dan mencicil musuh perlahan-lahan, skill 2 hanya sebagai jaga-jaga saat ada musuh di sekitar dan kita ingin mendapat back up secepat mungkin, dalam mode ultimate kita bisa gunakan skill ini sebagai CC tambahan jika diperlukan namun biasanya kita hanya gunakan skill 2 ini disaat genting/kritis, jadi jangan spam skill 2 untuk hal-hal yang tidak penting (seperti farming dan membersihkan minion).
  • Jika sudah jadi 2/3 item kita bisa lancarkan kombo maut dengan cara mengkombinasikan skill damage dan CC semaksimal mungkin (hanya berlaku saat kondisi 1 vs 1), kombinasi skill ini cukup sukses digunakan saat mid game dan berguna untuk menciduk hero yang tipis (mage/mm/assassin), pertama biasanya kita bersembunyi dalam rumput, begitu target lewat segera gunakan mode ultimate dan lancarkan skill 1 (musuh akan terkena stun sesaat) setelah itu susul dengan skill 3 arahkan langsung kepada hero tersebut (musuh akan terkena immobilize dan slow) lalu finishing dengan basic attack sampai target terbunuh. Jadi urutannya: Ultimate –> Skill 1 –> Skill 3 –> Basic attack.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Popol and Kupa user atau live streaming top Popol and Kupa player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Popol and Kupa dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.