Tutorial, Tips Item Build & Cara Belajar Main Masha (Mobile Legends)

Masha – Wild-oats Fist adalah hero fighter/tank yang unik karena memiliki 3 HP bar, ia juga memiliki kemampuan regenerasi dan lifesteal yang sangat tinggi sehingga tidak perlu terlalu bergantung pada recall/item lifesteal untuk survive, karakteristik utama hero ini adalah hero petarung jarak dekat yang memiliki burst damage DPS tinggi dan kemampuan bertahan hidup yang luar biasa.

Dengan memiliki 3 life bar kita bisa lebih berhati-hati dan mengukur timing yang tepat untuk engage dalam pertarungan, sejatinya Masha sangat OP dalam battle 1 lawan 1 terutama melawan hero melee/basic attack karena ia memiliki skill untuk melucuti (disarm) lawan. Tanpa banyak basa-basi berikut tutorial lengkap Masha, pertama kita mulai dari keunggulan dan kelemahannya.

Kelebihan Masha:

  • 3 HP bar & special passive, skill pasif Masha memberikannya 3 life bar dan bonus lifesteal saat ia kehilangan life bar pertama dan 60% resilience (anti CC) saat kehilangan life bar kedua, lalu semakin tipis darahnya maka ia akan mendapatkan bonus attack speed sehingga kecepatan serangannya akan semakin tinggi, selain itu ia juga memiliki spesial pasif dimana ia bisa menambah HP nya sebanyak 1 life bar saat sedang tidak menyerang/diserang, dengan begitu sangat mudah bagi kita memulihkan HP yang sekarat dan kembali bertempur tanpa harus repot-repot kembali ke base/recall.
  • Hero super DPS yang cepat membunuh siapa saja, menurut ane kelebihan utama hero ini adalah pada skill 1 nya yang bisa memberikan damage berdasarkan %max HP lawan, skill ini akan mengorbankan sedikit HP Masha setiap detiknya tapi dengan skill ini ia bisa dengan cepat farming, membunuh turtle/lord, menghancurkan tower, membantai hero termasuk tank keras sekalipun, bisa dibilang hero ini sempurna untuk menghajar siapapun.
  • Kemampuan disarm/melucuti lawan, skill 2 Masha berguna untuk memberik efek disarm selama 2 detik, efek ini akan membuat lawan tidak bisa menggunakan basic attack sama sekali (kecuali jika ia mengambil potongan senjata yang keluar dari tubuhnya), tentu ini sangat berguna saat melawan fighter/marksman terutama saat late game dan one by one.
  • Sangat kuat pada early game, dengan 3 HP bar dan skill 1 yang cukup broken, maka ia tidak perlu bergantung pada item untuk memberikan DPS tinggi sehingga ia sangat OP pada awal permainan, cobalah bermain lebih agresif diawal karena damage dan HP nya jauh lebih unggul dibanding hero lainnya dan berhati-hatilah semakin mendekati late game Masha akan lebih rentan/cepat mati saat diserang.
  • Cukup mudah dimainkan, Masha termasuk hero yang fun & easy to play, gameplay hero ini sangat simpel seperti fighter pada umumnya terutama dengan 3 HP bar akan jauh lebih mudah bermain aman dan banyak kesempatan untuk waspada saat terciduk musuh.

Kekurangan Masha:

  • Sangat lembek dan rentan CC, memiliki 3 life bar bukan berarti hero ini menjadi keras seperti tanker, justru life bar nya lebih cepat berkurang saat terkena damage, karena itu kita tetap harus waspada seperti fighter pada umumnya, kegunaan utama 3 HP bar ini adalah efek kebal/immune saat kehilangan HP bar sehingga kita bisa segera menjaga jarak/kabur dari gank lawan disaat kritis. Sebaiknya hindari engage saat melawan banyak hero sekaligus apalagi jika terdapat hero CC seperti Saber/Aurora.
  • Minim skill mobilitas, kelemahan utama Masha adalah ia tidak memiliki skill escape/movement yang baik selain meningkatkan movement speed dengan skill 1. Skill ultimate hanya berguna untuk mengejar lawan yang berusaha kabur namun tidak bisa kita pakai untuk melarikan diri, jadi pastikan kita lebih unggul sebelum engage karena akan jauh lebih sulit untuk kabur/escape ketimbangan mengejar/chase lawan.

Masha tips item build:

tips item build hero masha mobile legends

  • Ada 3 jenis build yang bisa kita gunakan, build baris pertama adalah tipe fighter dan berguna saat musuh memiliki banyak hero tebal seperti tank atau fighter keras, build 1 akan sangat cepat merontokkan HP tank apalagi jika ditambah dengan skill 1 Masha yang memang kemampuannya berupa tank killer, gunakan build 2 kalau pada tim musuh tidak banyak atau tidak ada tanker.
  • Build baris ketiga adalah build tank cocok jika pada tim tidak terdapat tank untuk tahan badan, Masha juga bisa diandalkan untuk menjadi tanker berkat 3 life bar dan kemampuan regenerasinya walaupun ane pribadi tidak terlalu menyarankan build tank karena potensi skill-skillnya lebih mengarah kepada fighter ketimbang tank, namun ini bisa menjadi opsi kalau memang tidak ada tank sama sekali dalam tim.
  • Tips item build Masha diatas adalah yang paling ideal dan recommended menurut ane, sebenarnya hero ini sangat fleksiblel baik kita gunakan sebagai fighter/semi-tank/full-tank, karena itu cobalah bereksperimen dengan caramu sendiri, karena siapa tahu ada build lain yang lebih cocok dengan gaya permainanmu.

Untuk battle spell kita bisa gunakan Sprint karena sangat fleksibel baik untuk melarikan diri atau mengejar lawan yang berusaha kabur, opsi lainnya kita bisa gunakan Flicker, namun ane pribadi lebih suka menggunakan Sprint karena lebih cocok dengan playstyle nya yang melee/close combat.

Untuk emblem kita bisa gunakan Fighter atau Marksman emblem.

Masha sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank, fighter & marksman (early-mid game)
  • Natalia (early)
  • Helcurt
  • Odette
  • Esmeralda
  • Rafaela
  • Estes

Masha cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Semua hero fighter/mm (late game)
  • Fanny
  • Hayabusa
  • Gusion
  • Selena
  • Aurora
  • Vexana
  • Zhask

Tips & trik hero guide Masha:

  • Kunci utama dalam memainkan Masha adalah memanfaatkan early advantage semaksimal mungkin, apa maksudnya? Masha memiliki keunggulan-keunggulan diawal yang cukup tidak adil seperti bisa memulihkan HP 1 bar dengan delay yang cukup singkat, skill 1 bisa memberikan damage tinggi tanpa harus membeli item, lalu disaat kritis lifesteal & attack speed nya akan meningkat sehingga jauh lebih efektif saat farming termasuk saat menghancurkan tower/turtle/lord. Jadi pada early game mainlah lebih berani karena kita memiliki stok HP yang banyak dan bisa segera pulih dengan lifesteal maupun regen dari skill pasif spesial, sedangkan musuh harus mondar-mandir base (recall untuk mengisi HP) kita bisa manfaatkan itu untuk mencuri jungle lawan, roaming, serta membunuh turtle (Masha dapat dengan mudah membunuh turtle/lord kapan saja bahkan diawal menit sekalipun). Dengan main agresif kita akan lebih mudah melakukan push dan mendominasi lane sehingga tim akan semakin mudah memenangkan permainan. Waspadalah karena Masha sangat lembek pada late game (cepat terbunuh walau dengan full 3 life bar), jadi menangkanlah game sedini mungkin.
  • Simpanlah skill 2 untuk hero yang menyerang dengan basic attack, jangan gunakan pada lawan yang tidak mengandalkan basic attack untuk memberikan damage seperti mage/tank karena akan jadi sia-sia, lalu berhati-hatilah dengan crowd control bertubi karena kita hanya bisa kebal/immune sebentar saat kehilangan life bar, contoh hero dengan CC bertubi-tubi adalah Chou dan Ruby.
  • Maksimalkan skill 1 terlebih dahulu karena ini adalah core damage dari Masha, rajin-rajinlah farming dan membunuh turtle ketika muncul, ingat Masha ini kuat untuk turtle/lord sendirian walau diawal sekalipun berkat skill 1 nya yang sangat sakit, sebaiknya saat farming gunakan saja 2 life bar supaya attack speednya meningkat dan kita bisa farming dengan cepat lalu saat akan kembali ke lane atau teamfight baru pulihkan HP dengan spesial pasif.
  • Gunakanlah hero lock mode supaya kita bisa mengunci target terutama saat menggunakan skill ultimate supaya tidak mengarah pada hero yang salah, idealnya incarlah hero-hero lembek terlebih dahulu, namun Masha juga bisa membunuh tank dengan cepat, kita bisa coba menyerang/mencicil tanker lawan jika memang kondisinya sedang kalem dan belum masuk tim war.
  • Masha kurang begitu efektif pada akhir permainan, jadi sebaiknya selesaikan permainan secepat mungkin, ajak tim untuk terus push lane dan tower, rajin-rajinlah roam di awal, curi jungle/buff musuh, ambil turtle/lord ketika mereka respawn, dan cicil turret saat ada kesempatan sesebentar apapun.
  • Rajin-rajinlah berlatih dan tonton juga video pro Masha user atau live streaming top Masha player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Masha dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.