Tutorial, Tips Item Build & Cara Belajar Main Lunox (Mobile Legends)

Lunox adalah hero mage unik yang baru saja muncul pada akhir season 8 ini di advance server, hero ini memiliki 2 kekuatan antara cahaya dan kegelapan, karakteristik utama Lunox adalah mage yang bisa memberikan magic damage DPS dan area (AOE). Transisi antara 2 mode dark & light membuatnya memiliki serangan dan pertahanan yang sangat kuat, mode dark lebih ditujukan untuk menyerang sedangkan mode light lebih berguna untuk bertahan.

Menurut ane hero ini termasuk OP jika kita bisa menguasai kombo skill-skillnya dengan baik, mungkin awalnya kamu akan sedikit bingung tapi sebenarnya hero ini cukup simpel untuk dimainkan, yang terpenting adalah kita memahami fungsi skill-skill yang ada serta keunggulan mode cahaya/kegelapan sehingga bisa menggunakannya pada saat yang tepat. Berikut ini adalah keunggulan dan kelemahan hero Lunox.

Kelebihan Lunox:

  • Magic DPS yang sangat OP, senjata utama Lunox adalah pada skill 2 nya yang bisa memberikan magic damage single target dan bonus damage dari sekian % HP musuh, membuatnya menjadi mage pembunuh tank seperti Karrie, kita bisa spam skill ini berkali-kali saat menggunakan skill ultinya dalam dark mode, jadi bisa dikatakan Lunox ibarat mage semi marksman yang bisa dengan cepat membunuh hero-hero berdarah tebal (seperti Karrie dengan atribut magic).
  • Kemampuan immune serba guna, pada mode light kita akan mendapatkan skill ultimate yang berbeda yaitu Lunox akan menjadi kebal (tidak bisa diserang) selama beberapa detik dan sekaligus memberikan damage pada musuh di sekitar, skill ini sangat bagus digunakan pada saat kita terkena ganking dan juga di tengah-tengah teamfight/tim war.
  • Hero early game yang sangat kuat, kombinasi skill-skillnya pada awal game sangat mematikan, membuatnya bisa dengan mudah mendominasi pertarungan pada early-mid game, karena itu kita harus bisa memanfaatkan momen-momen awal dengan baik untuk push lane dan menguasai permainan, kurang lebih hero ini seperti Selena yang juga OP pada early-mid game, namun cenderung melemah pada akhir permainan.
  • Mage DPS dan AOE, skill 1 dan 3 nya bisa memberikan magic damage area, sedangkan skill 2 nya memiliki serangan magic DPS yang baik, dengan kemampuan ini ia bisa membersihkan minion, farming/jungle, dan menyerang dalam situasi apapun dengan fleksibel. Selain itu cooldown skill 1 dan 2 nya sangat singkat sehingga ia bisa menghasilkan magic damage baik area maupun single target secara kontinyu.

Kekurangan Lunox:

  • Mobilitas yang lambat, kelemahan utamanya sama seperti mage pada umumnya yaitu kecepatan gerakan yang lelet sehingga akan mudah terkena ganking tim lawan, untungnya skill 4/ultimate pada mode light bisa membantunya meloloskan diri pada situasi genting, namun tetap saja kalau kita sedang dalam dark mode perlu waktu untuk mengganti mode (dark –> light) dan biasanya sudah keburu mati kalau terkena ciduk assassin atau hero-hero burst damage.
  • Minim crowd control, mage ini memang lebih didesain sebagai pure damager, jadi kurang bisa diharapkan untuk mengendalikan situasi dalam teamfight/tim war, selain itu kemampuan serangan utamanya adalah pada skill 2 yang bisa dilancarkan bertubi-tubi namun skill ini adalah single target, jadi hero ini kurang efektif saat melawan banyak musuh sekaligus.
  • Butuh timing yang tepat, kita harus pintar-pintar melihat keadaan mana saat yang tepat untuk menggunakan mode light atau mode dark, terkadang jika salah pilih mode kita bisa mati dengan konyol, contoh saat terciduk kita malah terus menyerang dengan dark mode padahal kita harusnya masuk mode light dan gunakan ultimate untuk melindungi diri, atau sebaliknya saat musuh sedang kewalahan kita malah gunakan mode light untuk menyerang.
  • Cukup sulit dikuasai, sebenarnya hero ini tidak sesulit hero dengan difficulty tinggi seperti Fanny/Gusion, namun kita perlu pahami dulu kombinasi skill yang ada dan momentum yang tepat untuk menggunakan mode cahaya dan kegelapan, satu-satunya cara untuk menguasainya adalah dengan terus bermain dan mengasah kemampuan kita pada real battle, karena saat bermain kita akan mendapatkan feeling yang lebih baik dan pengalaman adalah satu-satunya cara terbaik untuk menguasai hero ini.

Lunox tips item build:

tips item build hero lunox mobile legends

  • Build diatas adalah tips item build Lunox yang menurut ane paling ideal, Lunox tidak bisa mendapatkan cooldown reduction sama sekali, namun bukan berarti build item CDR tidak berguna sepenuhnya untuk hero ini, kita tetap bisa gunakan build CDR seperti biasanya karena semua CDR yang didapat akan diubah menjadi magic penetration (dark mode) dan magic resistance (light mode).
  • Ane biasanya menggunakan Rapid Boots supaya bisa bergerak dengan cepat (ekstra movement speed) dan Ice Queen Wand untuk memberikan efek slow saat melancarkan DPS dengan skill 2.
  • Ane sarankan untuk membeli Enchanted Talisman karena hero ini cukup boros mana, terutama saat gonta-ganti mode dan spam skill 2 untuk memberikan burst magic DPS.
  • Kamu bisa gunakan build item lain dan bereksperimen dengan gaya mainmu sendiri karena hero ini cukup fleksibel sehingga masih banyak kombinasi item lain yang mungkin cocok untuk digunakan sesuai dengan cara mainmu.

Battle spell yang paling cocok untuk Lunox adalah Flicker.

chou battle spell flicker guideGunakan Flicker untuk ekstra mobilitas, spell ini sangat berguna untuk Lunox mengingat hero ini termasuk lamban dan tidak memiliki mobilitas apapun pada semua skillnya, hanya skill ultimate light mode yang berguna untuk bertahan namun skill ini tidak memberikan ekstra movement speed sama sekali sehingga tidak cukup efektif untuk melarikan diri/escape saat dikejar tim lawan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Common Magical atau Custom Mage emblem.

Lunox sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Semua hero fighter & marksman (early-mid game)
  • Karina
  • Alice

Lunox cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Hayabusa
  • Natalia
  • Lancelot
  • Helcurt
  • Gusion
  • Layla
  • Bruno
  • Lesley
  • Clint

Tips & trik hero guide Lunox:

  • Positioning dan timing adalah kunci terpenting dalam memainkan hero ini, ingat senjata utamanya adalah pada spam skill 2 nya (saat menggunakan skill ultimate dark mode),¬†usahakan untuk selalu membaca situasi apakah saat yang tepat untuk menyerang agresif atau main aman dan bertahan, gunakan dark mode untuk farming monster hutan, menyerang hero musuh, push lane/tower, dan segala kondisi yang cenderung ofensif, sebaliknya gunakan light mode saat kita ingin memulihkan HP (lifesteal dari skill 1), bermain aman dan cenderung defensif.
  • Gunakan hero lock mode on supaya skill 2 kita tidak mengenai target yang salah, pada saat menyerang musuh dengan skill ultimate (dark mode) maka musuh yang terkena hit/mark ini bisa kita bombardir dengan skill 2 terus-menerus sehingga kita menjadi seperti mm yang bisa menembakkan magic damage jarak jauh pada target di sekitar (incar target yang terkena mark dari skill ultimate).
  • Saat menyerang banyak target seperti membersihkan wave minion gunakanlah skill 1 dan skill 3, sedangkan untuk menyerang single target seperti monster jungle, hero musuh, dan lord/turtle gunakanlah skill 2. Ingat skill 1 juga memiliki efek heal/lifesteal, jadi gunakanlah skill 1 saat ingin memulihkan darah/HP.
  • Jika situasi sedang sulit ditebak, sebaiknya masuk pada light mode (1 stack saja) untuk berjaga-jaga, mode light dengan 1 stack adalah kondisi yang paling ideal untuk situasi apapun karena kita bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan pertarungan baik pindah ke dark mode atau bermain aman dengan tetap stay di light mode.
  • Pada akhirnya untuk bisa mempelajari hero ini dengan sempurna kamu harus sering latihan dan memainkannya sama seperti saat kita ingin belajar cara main Fanny. Jadi rajin-rajinlah berlatih dan tonton juga video pro Lunox user atau live streaming top Lunox player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai pelengkap semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran bagaimana cara menggunakan Lunox dengan baik dan benar. Semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.


Related Post: