Tutorial, Tips Item Build & Cara Belajar Main Hanzo (Mobile Legends)

Hanzo adalah hero assassin unik yang bisa mengeluarkan bayangan (mode ultimate) dan menyerang musuh tanpa harus mengorbankan dirinya sendiri, skill ulti inilah yang membuatnya spesial karena ia bisa dengan nekat menerobos formasi musuh tanpa harus khawatir akan kehilangan HP/mati, terlebih ia memiliki kemampuan farming yang luar biasa, bisa dikatakan Hanzo adalah satu-satunya assassin (setidaknya sampai saat ini) yang bisa farm dengan sangat cepat pada early game dibanding hero-hero lainnya.

Menurut ane hero ini sebenarnya biasa-biasa saja, sekilas terlihat OP namun ada banyak juga kelemahan assassin yang satu ini, mungkin awalnya kamu sedikit bingung bagaimana cara memainkannya dengan efektif, tapi sebenarnya hero ini cukup simpel untuk dimainkan, yang terpenting adalah kita memahami fungsi skill-skill yang ada serta bisa memaksimalkannya dalam permainan. Berikut ini adalah keunggulan dan kelemahan hero Hanzo.

Kelebihan Hanzo:

  • Skill farming instant kill, menurut ane kelebihan paling mencolok dari Hanzo bukan pada skill ultinya, namun pada kemampuan ngutannya yang luar biasa, ia bisa dengan mudah melahap monster hutan dengan skill 1 nya, semua jungle (kecuali turtle/lord) baik itu buff, keong, termasuk minion bisa langsung mati dengan sekali telan. Mungkin kelihatannya tidak terlalu OP, tapi kalau kita bisa memanfaatkan skill ini untuk mencuri buff pada early-mid game dan terus-terusan mengambil jungle tim lawan, maka tim kita bisa mendapat keuntungan yang sangat masif karena musuh akan kehilangan banyak gold/exp pada awal permainan yang akhirnya membuat teman kita lebih mudah mendominasi permainan.
  • Skill poke yang baik, skill 2 nya walau tidak memiliki damage yang signifikan tapi bisa memberikan damage area (AOE) yang cukup mengganggu musuh terutama saat sedang push/defense tower.
  • Hero early game yang sangat kuat, kemampuan farming dan mode ultimate Hanzo membuatnya sangat-sangat OP diawal permainan, jadi coba maksimalkan sedini mungkin skill-skill yang ada dan lebih berani main agresif pada early-mid game.
  • Skill bayangan yang OP, skill 3 membuat Hanzo mengeluarkan semacam bayangan yang bisa kita kendalikan untuk menyerang, saat mode ultimate ini kita memiliki skill 1 dan 2 yang baru dimana keduanya adalah burst damage area yang sangat cocok digunakan saat tim war/teamfight, selain itu kecepatan gerak dan serangannya (movement + attack speed) juga bertambah, sehingga membuatnya menjadi killer shadow yang mematikan.

Kekurangan Hanzo:

  • Mode ultimate yang rentan, kelemahan utama skill ultinya adalah tubuh aslinya tidak bisa bergerak (dan tidak kelihatan jika kita berada jauh dari posisi tubuh), masalahnya jika tubuh asli ini terbunuh maka Hanzo pun (bayangan) akan ikut mati, jadi bijak-bijaklah memilih posisi dan keadaan saat mengeluarkan skill 3 ini.
  • Energi yang cepat habis, mode ultimate akan memakan energi/Demon Blood (bar merah dibawah HP) sehingga kita harus mengumpulkan energi ini terlebih dahulu sebelum masuk mode bayangan, energi bisa kita dapat dari minion/monster jungle/hero yang mati dan kita harus pintar-pintar melihat seberapa banyak sisa energi yang ada sebelum menyerang, tanpa perhitungan kita malah akan terciduk dan mati konyol.
  • Butuh timing yang tepat, terutama skill 2 nya saat mode ultimate, skill 2 ini cukup sulit mengenai target karena ada delay yang cukup lama sehingga musuh bisa dengan mudah menghindar, karena itu kita harus sering-sering memprediksi arah gerakan musuh supaya skill ini bisa kena tepat sasaran.
  • Sangat lembek terutama di late game, darah hero ini termasuk tipis dan sangat mudah kena one shot kill seperti burst damage skill shot Eudora, terlebih pada akhir permainan (late) DPS/basic attack dari hero seperti fighter dan marksman bisa dengan sangat cepat membunuhnya.

Hanzo tips item build:

tips item build hero hanzo mobile legends

  • Build diatas adalah tips item build Hanzo yang menurut ane paling ideal, Golden Staff adalah core item yang penting karena berguna untuk mempercepat trigger dari skill 1. Skill 1 butuh 5 basic attack untuk bisa aktif, dengan Golden Staff kita hanya perlu 3 hit.
  • Gunakan juga Demon Hunter Sword untuk memperkuat efek dari Golden Staff, lalu sisanya kita bisa build CDR supaya bisa spamming skill sepanjang permainan.
  • Kamu bisa gunakan build item lain dan bereksperimen dengan gaya mainmu sendiri karena hero ini termasuk baru dan masih banyak build yang bisa dicoba, jadi masih banyak kombinasi item lain yang mungkin lebih cocok dengan cara mainmu.

Untuk battle spell kita bisa gunakan apapun yang sesuai dengan style/permainanmu, apapun yang penting bukan Retribution (karena sudah ada skill 1), ane pribadi lebih suka memakai Sprint, karena sangat berguna diawal untuk mencuri buff musuh dan kabur/escape, selain itu Sprint juga berguna saat mengejar musuh yang berusaha lari dari mode ultimate Hanzo. Selain Sprint, ane rasa Flicker, Aegis, Purify, dan Petrify juga cocok untuk hero ini (tergantung komposisi tim lawan dan keadaannya).

Untuk emblem kita bisa gunakan Common Physical atau Custom Assassin emblem.

Hanzo sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank (kecuali Gatotkaca)
  • Semua hero fighter close combat yang tidak memiliki mobilitas tinggi
  • Semua hero mage (early-mid game)
  • Semua hero marksman (early-mid game)

Hanzo cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Natalia (counter terbaik Hanzo)
  • Aldous
  • Fanny
  • Lancelot
  • Gusion
  • Gatotkaca
  • Johnson
  • Hilda

Tips & trik hero guide Hanzo:

  • Positioning adalah kunci paling penting dalam memainkan hero ini, ingat tubuh asli ini sangat rentan dan sering jadi sasaran saat kita menyerang dengan ultimate, bayangan Hanzo akan meninggalkan jejak seperti aura gelap yang terhubung dengan tubuh utama sehingga musuh bisa dengan mudah melacak keberadaannya, jadi pastikan dulu keadaan sekitar aman, cobalah cari spot yang sulit dijangkau musuh, seperti di dalam tower atau rumput, bisa juga di barisan paling belakang saat tim kita sedang push turret serempak.
  • Jika ada indikasi yang mengancam tubuh asli misalnya saat kita engage musuh malah menghiraukan kita dan berlari menuju tubuh utama, maka cancel skill ulti dan amankan diri dari serangan lawan, cek situasi juga melalui mini map, jika ada hero lain mendekati/menyerang tubuh asli maka sebaiknya batalkan skill 3 dan lindungi diri sesegera mungkin.
  • Pada awal permainan cobalah untuk mencuri buff lawan dengan skill 1, ini adalah keunggulan utama yang harus kita manfaatkan sedini mungkin, sebisa mungkin teruslah menjajah jungle lawan sehingga tim kitapun bisa dengan mudah pushing lane/tower dan memenangkan pertandingan.
  • Berhati-hatilah terhadap hero seperti Aldous dan Fanny yang bisa dengan cepat menyerang tubuh asli (terutama Natalia yang sulit dideteksi keberadaannya), jika ada hero-hero seperti ini sebaiknya main aman dengan menggunakan skill 3 didalam turret atau saat sedang ditengah-tengah teammate.
  • Selalu spam skill 2 untuk mencicil darah musuh dan clear wave minion, skill ini memang tidak sakit, namun sangat-sangat berguna untuk poke dan mengganggu musuh sepanjang permainan.
  • Rajin-rajinlah berlatih dan tonton juga video pro Hanzo user atau live streaming top Hanzo player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai pelengkap semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran bagaimana cara menggunakan Hanzo dengan baik dan benar. Semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.


Related Post: