Tutorial, Tips Item Build & Cara Belajar Main Gord (Mobile Legends)

Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar bagaimana cara main menggunakan Gord dengan baik dan benar, hero mage yang satu ini cukup OP karena kemampuan burst damage nya yang sangat tinggi, ia bisa memberikan magic damage area (AOE) sehingga membuatnya menjadi mage yang serba bisa mulai dari push lane, defense/attack tower, farming dengan efisien, membunuh turtle/lord dengan cepat, serta memberi kontribusi yang sangat luar biasa pada teamfight/tim war.

Gord adalah guru dari Valir, karakteristik utama hero ini adalah mage yang bisa memberikan damage area secara kontinyu sehingga sangat memudahkan tim dalam push turret begitu pula saat mempertahankan tower, namun hanya 1 kekurangan utama hero ini yaitu mobilitasnya merupakan yang terlambat di Mobile Legends, jadi kita akan lebih bergantung pada backup tim untuk bisa memainkan hero ini dengan maksimal. Berikut ini adalah keunggulan dan kelemahannya dari Gord.

Kelebihan Gord:

  • Burst damage one shot, kombinasi ketiga skill Gord bisa langsung meratakan semua barisan musuh sekaligus dalam 1 serangan termasuk hero tanker lawan, menurut ane Gord adalah salah satu mage terbaik untuk urusan burst damage apalagi ia bisa memberi burst damage area sehingga bisa dengan mudah mendapatkan maniac/savage saat sedang 5 vs 5.
  • Mage yang cepat farming, skill 2 Gord sangat efektif dalam membersihkan wave minion dengan cepat, selain itu ia juga bisa membunuh monster jungle/buff dengan mudah, karena itu tidak ada salahnya kita membeli item jungle (level 1) di awal supaya bisa lebih cepat naik level pada early game.
  • Hero poke yang sangat bagus, tipe ketiga skillnya merupakan area dan range/jaraknya cukup jauh, sehingga kita bisa mencicil darah musuh saat sedang push tower, dan ia juga merupakan mage yang sangat suportif untuk urusan push lane dan defense turret, karena ia bisa menyapu minion dengan cepat dan memberi damage area sehingga musuh tidak akan bisa sembarangan mendekat/hit tower.
  • Mudah digunakan, cara menggunakan hero ini termasuk gampang dan simpel, namun positioning tetap penting mengingat hero ini sangat mudah terciduk dan karena ketiga skillnya tidak ada yang auto lock/aim maka kita harus mengarahkannya dengan baik dan belajar memprediksi kemana musuh akan bergerak.

Kekurangan Gord:

  • Sangat lambat, kekurangan terbesar Gord adalah jalannya sangat lelet (hero dengan movement speed terendah), karena itu akan butuh waktu lama untuk laning/roaming dan biasanya ia juga tidak bisa mengejar musuh yang sedang kabur atau kabur dari kejaran musuh.
  • Cukup mudah dihindari, karena skill-skillnya berupa AOE maka jelas musuh tinggal menghindari area tembakan skillnya, karena itulah kita harus pintar menebak-nebak kearah mana musuh akan bergerak, lalu kita bisa juga manfaatkan stun dari skill 1 supaya damage skill 2 dan 3 bisa kena dengan efektif dan cukup lama.
  • Tidak memiliki skill escape/movement yang baik, sudah lambat ia juga tidak memiliki mekanisme gerakan apapun pada ketiga skillnya, bisa dibilang seperti versi Layla yang lebih lelet, jadi hero ini betul-betul gampang diciduk dan merupakan makanan empuk untuk para assassin gesit seperti Fanny, Gusion, Natalia, dll.
  • Sangat bergantung pada tim, karena Gord sangat lembek dan lelet maka sudah pasti ia harus selalu berlindung di belakang temannya, sebaiknya bermain dengan aman saat menggunakan hero ini sebab tanpa dukungan/backup dari tim maka hero hanya akan jadi feeder berjalan bagi tim lawan.

Gord tips item build:

tips item build hero gord

  • Ane menyarankan untuk menggunakan build diatas karena sangat ideal dan cocok untuk berbagai situasi.
  • Karena Gord termasuk boros mana untuk spam skill sepanjang permainan, maka sebaiknya build Enchanted Talisman pertama kali (mana regen), kenapa? Karena kalau kita harus bolak-balik base untuk sekedar mengisi mana, maka banyak waktu akan terbuang sia-sia untuk menyelusuri map sebab gerakannya sangat lambat dan kita tidak akan bisa push lane dengan maksimal, lebih baik waktu yang ada dipakai untuk ngutan, push tower, atau bantu teman di lane lain, jadi belilah item ini pertama kali (atau kedua setelah sepatu).
  • Lalu build berikutnya adalah Concentrated Energy (spell vamp/lifesteal skill 30%), sama seperti kasus mana diatas, kalau kita harus mondar-mandir base untuk mengisi HP maka akan sayang waktunya hanya untuk diperjalanan (laning), dengan item ini kita bisa mengisi darah dengan membersihkan minion/jungle karena skill 2 Gord bisa memberikan damage yang masif dan kita akan mendapat lifesteal yang tinggi sehingga tidak perlu balik ke base hanya untuk mengisi darah.
  • Berikutnya belilah item Ice Queen Wand karena akan memberikan efek slow yang sangat berguna untuk memaksimalkan damage skill 2 dan skill ultimate Gord, dengan tambahan efek slow down ini musuh akan lebih lama menghindari area serangan skill 2 dan ulti Gord, jadi item ini sangat cocok dan akan sangat berkontribusi terutama dalam teamfight.
  • Item terakhir bisa kita ganti dengan Necklace of Durance (reduce healing 50%) jika terdapat banyak healer/lifesteal pada tim musuh, atau bisa juga gunakan Devil Tears (magic penetration) jika terdapat banyak hero dengan pertahanan tebal seperti tank/fighter keras pada lawan.
  • Build diatas adalah yang menurut ane paling recommended, namun semua kembali lagi pada preferensi masing-masing player, jika kamu merasa ada build yang lebih cocok dengan gaya mainmu, maka cobalah bereksperimen dengan item build kamu sendiri.

Battle spell yang paling cocok untuk Gord adalah Flicker.

chou battle spell flicker guideGunakan Flicker untuk mengatasi kekurangan mobilitas Gord, saran saya gunakan spell ini hanya untuk kabur/escape saat terciduk, jangan gunakan Flicker untuk mengejar/chase musuh yang berusaha kabur (kecuali yakin/pasti mendapatkan kill).

Untuk emblem kita bisa gunakan Common Magic atau Custom Mage emblem.

Gord sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Semua hero fighter (selama ada backup)
  • Layla (early game)
  • Odette (skill 1 bisa mengcancel ulti Odette)
  • Zhask

Gord cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Semua hero assassin
  • Jawhead
  • Zilong
  • Alucard
  • Chou
  • Harley
  • Bruno
  • Irithel
  • Lesley

Kombinasi skill Gord:

Sebelum menggunakan ulti sebaiknya kita awali dengan skill 1 dan 2 terlebih dahulu, setidaknya kita hit dengan skill 1 dulu supaya musuh terkena stun dan gunakan ultimate sehingga damage bisa terkena secara penuh, contoh:

Skill 1 –> Skill 3 atau Skill 2 –> Skill 1 –> Skill 3

Contoh seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill gord mobile legends

Burst damage one shot

Kita bisa melancarkan serangan super maut dengan langsung mengeluarkan semua skill yang ada dengan cepat.

Skill 1 –> Skill 2 –> Skill 3

Contoh kombo burst damage one shot:

cara menggunakan memainkan trik gord guru valirNote: pastikan musuh terkena stun dari skill 1 supaya kombinasi ini bisa berjalan lancar, kalau kita melihat musuh bisa menghindari skill 1 ini maka jangan lanjutkan skill 2/3 karena mereka akan bisa menghindarinya dengan mudah (kecuali kita sudah build item Ice Queen Wand).

Tips & trik hero guide Gord:

  • Pada awal game belilah item Hunter’s Knife (jungle item level 1) supaya bisa cepat farming dan naik level sedini mungkin.
  • Saat sudah level 4 kita bisa mulai main agresif dan melancarkan burst damage one shot pada siapapun, cobalah cari-cari kesempatan dimana musuh sedang lengah dan berikan kombo maut tersebut untuk membunuhnya langsung, biasanya peluang ini muncul saat kita bersembunyi di rumput dan musuh sedang tidak mengetahui keberadaan kita.
  • Selalu spam skill 1 dan 2 saat sedang push atau def tower, jika situasi sedang kalem gunakan skill 3 untuk membersihkan minion dengan cepat (early-mid game) supaya bisa naik level dan mendapat gold lebih banyak.
  • Jika item spell vamp sudah terbeli dan Hp tidak terlalu kritis sebaiknya tidak perlu balik ke base (karena akan makan waktu lama), lebih baik farming saja dan dapatkan lifesteal melalui minion/monster hutan.
  • Sebaiknya jangan pernah berada di lane/area sendirian, selalu berlindung atau cari backup teman, jangan pernah solo push apalagi berusaha 1 vs 1 di lane kosong karena hero ini sangat-sangat gampang diciduk dan merupakan makanan utama semua hero assassin, jadi benar-benar kita harus main aman dan mengandalkan tim sebisa mungkin.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Gord user atau live streaming top Gord player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Seperti biasa kamu bisa melihat contoh video gameplay di atas supaya bisa memainkan hero ini dengan lebih baik lagi. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.


Related Post: