Tutorial, Tips Item Build & Cara Main Freya (Guide Mobile Legends)

Kali ini kita akan belajar cara menggunakan satu-satunya hero yang tidak bisa dibeli pakai battle point (BP) yaitu Freya. Satu-satunya cara untuk mendapatkan hero ini adalah dengan top up diamond (recharge) sekali saja dengan nominal berapapun, kalau kamu tidak mau buang banyak uang namun ingin memiliki hero ini maka ane sarankan untuk membeli diamond menggunakan pulsa telepon dan pilih paket diamond termurah yaitu cuma 3.000 perak (potong pulsa) untuk 11 diamond, agan bisa beli via website Mobile Legends dan masuk ke halaman payment, atau bisa juga dengan mendownload APK yang support pembayaran dengan pulsa di Indonesia.

Freya merupakan fighter yang kuat dalam menyerang dan bertahan, cara memainkan hero ini kurang lebih sama seperti cara main Alucard, mereka berdua mampu bertarung melawan banyak musuh sekaligus tapi sangat lemah terhadap CC (crowd control), karena itu kita juga perlu perhitungan saat menyerang. Tanpa banyak basa-basi berikut adalah kelebihan kekurangan Freya dan tips cara memainkannya.

Kelebihan Freya:

  • Burst damage massal yang tinggi, kelebihan utama Freya adalah saat ia masuk mode Valkyrie (skill ultimate), ia bisa memberikan damage area di sekitarnya dengan basic attack, membuatnya sangat bagus untuk menghabisi lawan saat teamfight dan war.
  • Stun area, selain memiliki damage area ia juga memiliki crowd control area yang baik, skill 2 nya memiliki efek stun area pada hit ketiganya, lalu skill 1 walau tidak memiliki efek CC tapi bisa menarik musuh ketengah saat ia melompat dan menghentikan gerakan musuh sesaat, skill ulti juga memberikan sedikit efek slow pada musuh di sekitar saat diaktifkan, bisa dikatakan ketiga skill Freya memang diciptakan untuk situasi tim war melawan banyak hero sekaligus.
  • Hero war sejati, sepertinya Freya memang didesain untuk menjadi dewa perang (goddess of war) karena ia memiliki kekuatan menyerang banyak musuh sekaligus dan kemampuan bertahan yang baik (skill 3 Freya juga memiliki efek defence meningkatkan armor & magic resistance serta memberikan shield/tameng yang bisa menyerap damage sesaat), jadi dalam urusan tim war 5 vs 5 Freya merupakan salah satu hero fighter yang terbaik.
  • Kuat di awal permainan, Freya merupakan salah satu hero early game yang cukup kuat, terutama saat sudah level 4 ia bisa mengungguli kekuatan musuh dengan memanfaatkan bonus buff dari skill ultimatenya.

Kekurangan Freya:

  • Sangat rentan CC, tidak peduli sekuat apapun damage massal, lifesteal, dan serangannya, semua akan percuma kalau ia terkena stun/crowd control dan tidak bisa menyerang dengan basic attack nya, kunci terpenting saat engage adalah memastikan musuh sudah mengeluarkan skill CC nya atau ada tank yang membackup supaya kita bisa melancarkan stun massal kepada tim lawan dan mendominasi teamfight.
  • Sangat bergantung pada item, skill-skill utama Freya sebenarnya hanya merupakan peningkat status dan basic attack, jadi senjata dominan Freya hanyalah basic attack, maka dari itu hero ini sangat bergantung pada build item dan perlu farming sedini mungkin untuk memaksimalkan potensinya selama pertandingan.
  • Boros mana, karena ketiga skillnya akan sering kita spam sepanjang permainan, maka tentu ia sangat boros pemakaian mana, padahal akan lebih bagus dan OP kalau ia tidak memakai sistem mana seperti Alucard dan Balmond.

Freya tips item build:

tips item build hero freya

  • Build item pada baris pertama adalah build yang paling standar untuk segala situasi, ini adalah build fighter pada umumnya dengan fokus pada burst physycal damage.
  • Item build baris kedua dan ketiga adalah build semi tank, gunakan build baris kedua kalau pada tim musuh terdapat banyak hero burst physical damage, lalu gunakan build baris ketiga kalau komposisi physical dan magic damager pada tim lawan seimbang.
  • Ane menyarankan untuk menggunakan build baris pertama saja karena pada dasarnya Freya adalah full fighter sejati, build burst damage adalah yang paling ideal dan terbaik, namun kadang kita bisa gunakan build semi tank jika tim kita tidak memiliki tanker, karena sudah pasti jika tidak ada hero tank make Freya yang akan berada di depan saat tim war dan engage duluan (tahan badan), jadi sedikit item defense akan membantunya untuk bertahan hidup dan melindungi tim.

Battle spell yang paling cocok untuk Freya adalah Retribution, Inspire dan Flicker

  • Gunakan Retribution untuk cepat farming dan menjadikan core item secepat mungkin.
  • Gunakan Inspire untuk kombinasi burst damage saat menggunakan skill ultimate, spell ini sangat cocok jika pada tim musuh tidak terdapat (atau hanya ada 1) hero CC/crowd control, kita bisa dengan leluasa menyerang bahkan melawan banyak hero sekaligus dan main brutal/agresif.
  • Pakai Flicker kalau kita mau main aman, spell ini cocok untuk build semi tank.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Fighter emblem.

Freya adalah hero yang sangat ideal dan kuat untuk melawan semua jenis hero karena memiliki serangan dan pertahanan yang baik, namun satu-satunya kelemahan Freya adalah crowd control, jadi Freya cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Nana
  • Aurora
  • Akai
  • Franco
  • Ruby

Tips & trik hero guide Freya:

  • Maksimalkan skill 2 terlebih dahulu, naikkan skill 3 saat available dan naikkan skill 1 paling terakhir.
  • Sebelum engage atau masuk dalam situasi teamfight, pastikan musuh telah mengeluarkan skill CC yang ada, sebaiknya tunggu sampai tanker initiate/open war baru kita datang mensupport tank, selain itu cobalah untuk berada pada posisi yang padat hero karena damage Freya itu area jadi kita bisa memberikan damage termasuk stun pada beberapa hero lawan sekaligus.
  • Gunakan kombinasi skill 1, 2, dan 3 berdasarkan situasi yang ada, biasanya kalau kita ingin menciduk lawan secara tiba-tiba (surprise attack), maka kita akan gunakan skill 2 dan 3 untuk persiapan terlebih dulu (belum engage/menyerang), lalu gunakan skill 1 untuk mendekat dan serang dengan basic attack. Sebaliknya kalau posisi kita yang terciduk atau kena gank lawan, maka gunakan ultimate dan skill 2 saat musuh berada dekat dengan kita (efek shield skill 3 hanya akan muncul kalau ada hero lawan di sekitar kita).
  • Saat menggunakan build item full fighter (burst damage), sebaiknya beli item Magic Blade/Rose Gold Meteor jika pada tim lawan terdapat 2 mage/magic damager atau lebih.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Freya user atau live streaming para top Freya player.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Freya dengan baik dan benar. Note: pada game ini ane menggunakan build semi tank.

Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: