Tutorial, Tips Item Build, Cara Belajar Main Faramis (Mobile Legends)

Setelah sekian lama terabaikan akhirnya Faramis – The Alchemist akan segera hadir di original server. Faramis adalah hero support/mage yang memiliki kemampuan unik yaitu bisa menghidupkan kembali (revive) hero teman yang mati termasuk dirinya sendiri. Kemungkinan besar Faramis akan menjadi hero gratis (free hero dari hadiah event) sama seperti Belerick pada awal kemunculannya.

Faramis bisa kita gunakan sebagai hero full support atau juga mage (magic damager), kekuatan utama hero ini adalah pada skill ultimate nya yang bisa memberikan nafas tambahan sesaat pada hero tim kita yang mati sehingga pada momen-momen krusial seperti teamfight (late game) skill ini akan sangat-sangat merepotkan musuh. Langsung saja kita pelajari tutorial Faramis yang akan segera rilis ini, pertama kita mulai dari plus minus nya.

Kelebihan Faramis:

  • Skill CC & burst damage AOE yang annoying, skill 1 nya memberikan damage dan bisa menarik banyak musuh sekaligus, lalu skill 2 nya berupa burst magic damage yang akan sakit jika semakin banyak musuh yang ada, kombinasi 2 skill ini sangat-sangat mengganggu apalagi saat tim war 5 vs 5 kita bisa memberikan damage yang masif serta crowd control yang cukup merepotkan bagi tim lawan.
  • Respawn time yang sangat singkat, skill pasif Faramis bisa mengurangi waktu hidup kembali/respawn (reduce resurrection time) sampai 90%, sehingga kita bisa segera bertempur kembali setelah terbunuh.
  • Cukup mudah digunakan, seperti yang kita tahu semua skill-skill Faramis mudah dipahami dan tidak perlu kemampuan khusus untuk menggunakannya, yang terpenting adalah kita tahu kapan momen yang tepat untuk menggunakan skill 3 dan pintar bermain tarik ulur dengan skill 1 & 2.
  • Skill ulti serba guna, kemampuan resurrect ini berguna sekali saat tim kita menyerang atau mempertahankan tower, karena selama area ultimate ini masih ada maka tim kita yang mati akan terus hidup kembali dan bisa menyerang sampai waktunya habis, jadi pada saat-saat yang inevitable (tak terhindarkan) seperti push tower dan tim war skill ini akan seringkali membawa kemenangan.

Kekurangan Faramis:

  • Damage yang kecil, jelas karena role hero ini sejatinya adalah support, maka ia cenderung kurang efektif dalam offensive, skill 2 nya memang sakit namun diperlukan banyak musuh berkumpul dalam 1 area untuk bisa memaksimalkan damage skill ini.
  • CC yang mudah dihindari, pertama kita harus menyentuh hero lawan dengan skill 1, lalu kita juga harus menjaga jarak tidak terlalu jauh supaya bisa menarik mereka, pada prakteknya skill ini susah sekali hit dengan sukses karena musuh biasanya akan menjauh saat terikat rantai skill 1, akan lebih sulit lagi jika kita mengincar beberapa target sekaligus.
  • Skill ultimate yang sering tidak sesuai ekspektasi, secara teori memang ultinya sangat berbahaya, tapi bukan berarti semua akan berjalan dengan mudah, sama seperti skill ultimate Argus, nampak terlalu OP namun sering mengecewakan pada realitanya, seringkali saat kita pakai skill ini untuk menolong tim, mereka malah kabur-kaburan (keluar dari area skill ini) belum lagi kadang musuh bisa hit & run mengulur waktu sampai durasi skill ini habis, karena itu sebaiknya kita tahu timing yang pas untuk menggunakan dan memaksimalkan skill ini dengan baik.

Faramis tips item build:

tips item build hero faramis mobile legends

  • Tips item build Faramis menurut ane ada 2 tipe, Kita bisa gunakan Faramis sebagai mage (baris 1) atau support (baris 2).
  • Gunakan build item baris pertama kalau kita ingin memberikan magic damage yang tinggi, memang skill-skill Faramis tidak memiliki burst damage yang besar, tapi dengan bantuan kombinasi maut Clock of Destiny dan Lightning Truncheon kekurangan ini bisa diakali.
  • Sebaliknya kalau kita ingin main sebagai support maka gunakan build baris kedua, disini kita fokus pada cooldown reduction dan item defense untuk survive. Semua kembali pada kondisi tim, kalau memang dalam tim kekurangan damage, maka gunakan build pertama, sebaliknya kalau tim sudah memiliki banyak carry/damager, maka bermainlah lebih suportif (build 2).
  • Tips item diatas adalah yang paling ideal dan recommended menurut ane, kalau menurut kamu ada build dan kombinasi item yang lebih cocok maka cobalah bereksperimen dengan cara mainmu sendiri, mungkin saja ada build hybrid lain yang sesuai dengan permainanmu.

Untuk battle spell kita bisa gunakan apapun yang kita suka, karena menurut ane hero ini cukup fleksibel baik secara offense dan defense. Ane biasanya menggunakan Execute (build mage) dan Flicker/Aegis (build support).

Untuk emblem kita bisa gunakan Mage atau Support emblem.

Faramis sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Natalia (early game)
  • Karina (early game)
  • Khufra
  • Sun
  • Balmond
  • Bane
  • Rafaela

Faramis cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Semua hero assassin
  • Guinevere
  • Ruby
  • Chou
  • Kaja
  • Diggie

Tips & trik hero guide Faramis:

  • Kunci utama memainkan Faramis adalah tahu momen yang tepat (inevitable) untuk menggunakan ultimate sehingga kita bisa mendominasi permainan, kita harus sabar menunggu timing yang pas untuk memaksimalkan skill 3, momen-momen ini biasanya terjadi ketika musuh sedang unggul saat menyerang turret/teamfight, sebaiknya gunakan skill ini saat salah satu teman kita ada yang sekarat (dan kemungkinan besar akan mati), gunakan juga secepatnya jika kita akan terbunuh, lalu sebisa mungkin ajak tim kita untuk engage dan pancing tim musuh untuk 5 vs 5 karena akan lebih besar kemungkinan menangnya saat tim war ketimbang solo atau sekedar 2 vs 2.
  • Maksimalkan skill 2 terlebih dahulu karena ini adalah senjata utama Faramis, gunakanlah skill 2 ini saat terdapat banyak target (hero/minion) sehingga memberikan damage tambahan yang signifikan, namun tidak perlu menunggu musuh berkumpul kalau memang tidak ada banyak sasaran, idealnya pertama kita gunakan skill 1 untuk menarik semua target mendekati Faramis lalu kita lancarkan skill 2 sebagai finishing, pada kenyataannya kita tidak perlu terpaku pada teori ini, gunakan saja skill 1 dan 2 sesuai keadaan, skill 1 sebagai crowd control digunakan saat kita ingin menangkap musuh yang berusaha kabur, skill 2 kita gunakan untuk poke dan main damage.
  • Spam skill 1 untuk cepat bergerak dan berpindah lane, ingat skill 1 ini menambah movement speed sesaat, jadi kita bisa gunakan disaat genting untuk kabur atau juga mengejar musuh. Saat ingin menarik musuh jaga jarak aman, jangan sampai terlalu jauh tapi juga jangan terlalu dekat sehingga musuh bisa menghabisi kita, normalnya bayangkan seperti kita sedang hit & run menggunakan marksman jarak jauh macam Layla/Lesley.
  • Saat diawal atau baru respawn fokuslah untuk membersihkan minion dan mengumpulkan stack skill pasif sampai maksimal, sehingga kita bisa respawn lebih cepat kalau nanti mati.
  • Salah satu taktik favorit ane adalah suicide attack, jadi ketika sudah tidak ada harapan kabur/escape dari gank lawan, maka berikan perlawanan sampai titik darah penghabisan menggunakan skill ultimate, jadi alih-alih lari dari kepungan musuh, kita malah sengaja menantang mereka dan memberikan damage sebanyak-banyaknya pada musuh atau menahan mereka (dengan skill 1) supaya tidak mengejar teman/tim kita yang sedang melarikan diri.
  • Faramis tidak begitu efektif sendirian/solo lane, tetap bermain aman dan mengandalkan kerja sama tim baik saat menggunakan build support maupun full mage.
  • Rajin-rajinlah berlatih dan tonton juga video pro Faramis user atau live streaming top Faramis player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Faramis dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.