Tutorial, Tips & Cara Belajar Main Zhask (Hero Guide Mobile Legends)

Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar cara menggunakan hero mage yang cukup digemari yaitu Zhask. Banyak player yang ingin belajar cara main Zhask namun bingung dengan build itemnya termasuk skill mana dulu yang harus dimaksimalkan mengingat mage ini adalah satu-satunya hero yang memiliki 4 skill di Mobile Legends sejauh ini. Kesalahan yang sering ane lihat pada player Zhask adalah mereka hanya menaikkan magic damage saja padahal serangan utama Zhask sepanjang permainan berasal dari basic attack Nightmaric Spawn nya (skill 1), karena itu kita juga memerlukan tambahan attack speed untuk memaksimalkan potensi hero ini dengan baik.

Kelebihan utama dari hero ini adalah saat menggunakannya kita tidak perlu bertarung secara langsung, kita bisa spam skill 1 (Nightmaric Spawn) untuk farming, membersihkan minion dan push tower dengan santai tanpa harus mengurangi darah sedikitpun, jadi tipe dan cara mainnya ini agak seperti marksman, kita harus menyerang dari posisi yang cukup jauh dan menjaga jarak dengan musuh supaya tidak terciduk.

Kelebihan Zhask:

  • Mage yang cepat farming, karena skill 1 nya merupakan robot yang menyerang secara terus-menerus maka Zhask bisa dengan sangat cepat ngutan terutama pada early game karena ia tidak perlu mengurangi darahnya sedikitpun saat membunuh monster jungle.
  • Mage pusher terbaik, untuk urusan push dan defense turret maka Zhask adalah mage terbaik, karena skill 1 nya sangat mengganggu musuh baik saat menyerang maupun mempertahankan tower.
  • Burst damage yang sangat tinggi, damage skill ultimatenya (skill 4) memang sedikit tidak masuk akal, karena robot ulti Nightmaric Spawn memiliki HP dan defense yang tebal serta serangan burst damage yang continue layaknya seorang fighter.
  • Sangat mudah untuk main aman (safe play), saat menggunakan Zhask kita bisa bermain dengan sangat aman karena tidak terlibat kontak langsung dengan musuh, hanya saja jangan sampai ada musuh yang menciduk dari belakang, karena itu map awareness dan positioning sangat penting dalam memainkan hero ini.
  • Sangat OP/kuat diawal permainan, pada awal permainan ia bisa cepat farming dan push tower menekan lane musuh dengan mudah karena hanya perlu spam skill terus-menerus dari jauh, sedangkan musuh pasti darahnya akan berkurang sedikit demi sedikit dan harus balik kebase untuk mengisi HP kembali.

Kekurangan Zhask:

  • Sangat mudah diciduk, Zhask tidak memiliki mekanisme gerakan atau mobilitas apapun pada keempat skillnya, jadi harus sangat waspada saat memainkan hero ini, begitu musuh sudah mendekat akan sangat sulit untuk bisa kabur dari ganking lawan terutama dari hero-hero CC (crowd control), karena itu cara memainkan Zhask agak mirip dengan cara main Layla, mereka berdua punya skill jarak jauh yang bagus tapi tidak punya mekanisme apapun untuk bertahan hidup jadi akan sangat mudah kena serangan mendadak (surprise attack).
  • Sangat bergantung pada skill 1, kelemahan terbesar Zhask adalah tanpa robot skill 1 nya (Nightmaric Spawn) maka ia tidak bisa menyerang maupun bertahan dengan baik, karena itu salah satu cara terbaik untuk membungkam Zhask adalah dengan membunuh robot spawn nya saat masih lemah (sebelum masuk mode ultimate).
  • Tidak memiliki skill CC yang baik, sudah tidak punya skill escape apapun, ia juga tidak memiliki skill crowd control yang efektif untuk membantunya meloloskan diri atau mengejar musuh yang kabur, jadi hero ini cukup bergantung pada tim dan memerlukan strategi/posisi yang baik supaya tidak menjadi sasaran musuh.
  • Sangat mudah dihindari, karena ia tidak memiliki mekanisme gerakan apapun, maka saat menyerang ia cukup sulit menghabisi lawan yang sedang sekarat atau berusaha kabur, selain itu jangkauan area dari spawn nya sangat terbatas dan mudah dihindari dengan menjauh saja dari range serangan robot tersebut.

Zhask tips item build:

tips item build hero zhask

  • Fokus pada build item attack speed dan cooldown reduction, mengapa? Karena senjata utama Zhask sepanjang permainan adalah robot Nightmaric Spawn (skill 1), build CDR sudah jelas supaya kita bisa terus-menerus spam skill 1, lalu attack speed berguna untuk cepat mentrigger skill 1 nya supaya mengeluarkan death ray (setelah 2 basic attack maka robot spawn akan mengeluarkan laser yang bisa memberi efek stun).
  • Build item pada baris pertama (Necklace of Durance) berguna jika pada lawan terdapat healer dan hero dengan lifesteal yang tinggi.
  • Build pada baris kedua adalah yang paling ideal untuk berbagai situasi (build standar).
  • Terkadang ada player yang build dengan item defence dan lifesteal (spell vamp), namun semua kembali pada preferensi dan cara bermain masing-masing orang, kamu juga bisa bereksperimen sendiri dengan kombinasi gear item yang menurut kamu sesuai dengan gaya mainmu.

Battle spell yang paling cocok untuk Zhask adalah Inspire dan Flicker.

  • Gunakan Inspire untuk kombinasi maut saat mengeluarkan skill ulti (skill 4), dengan bantuan Inspire maka Nightmaric Spawn bisa membunuh lawan dengan sangat cepat dan mendominasi teamfight.
  • Gunakan Flicker kalau kamu mau main, gunakan spell ini untuk extra mobility disaat genting, sangat cocok jika kamu bermain sendiri tanpa ada tim yang bisa membackup.

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic emblem saja.

Zhask sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero fighter
  • Karina
  • Moskov
  • Karrie

Zhask sangat lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Fanny
  • Natalia
  • Harley
  • Pharsa

Tips & trik hero guide Zhask:

  • Prioritas skill yang harus dimaksimalkan adalah skill 4, skill 1, skill 2, dan terakhir skill 3. Skill 1 & 4 jelas harus dinaikkan saat available, lalu berikutnya skill 2 karena skill 2 ini akan sinkron dengan Nightmaric Spawn (saat mengeluarkan serangan laser dengan skill 2, maka robot spawn juga akan mengeluarkan serangan yang sama).
  • Jika kamu sudah terciduk atau tidak bisa kabur lagi dari gang musuh (mode pasrah) maka jangan lupa dekatkan diri (termasuk robot spawn) sebisa mungkin dengan lawan karena skill pasif Zhask adalah meledakkan diri saat mati, jadi setidaknya kamu masih bisa mendapatkan kill atau memberikan damage yang besar pada musuh disaat-saat terakhir.
  • Belajar memposisikan diri dengan baik dan benar, positioning adalah kunci paling penting dalam memainkan Zhask, selalu jaga jarak dengan lawan dan waspada akan kemungkinan terciduk, perhatikan map dan sekelilingmu apakah ada backup atau tidak, karena begitu sudah kena engage lawan kita akan sangat kesulitan meloloskan diri.
  • Jika kita diserang dari semua arah (tidak bisa kemana-mana lagi) maka cara terbaik untuk bertahan adalah berada sedekat mungkin dengan robot spawn, begitu sudah mau mati segera dekatkan diri pada musuh untuk memberi last damage dari skill pasif.
  • Perhatikan bahwa musuh bisa mendapat gold saat membunuh robot spawn skill 1 Zhask, jadi jangan biarkan mereka mendapat free gold dengan spam skill 1 sembarangan (sama seperti clone Sun), jika kamu melihat spawn sudah mau mati, segera refresh kembali dengan skill 1 atau menjauhkan diri supaya robot spawn menghilang.
  • Saat push dan defense tower, gunakan skill 3 (ranjau) pada area tower untuk memperlambat gerakan musuh, skill ini cukup bagus digunakan pada area dekat turret supaya musuh tidak bisa sembarangan mendekat, selain itu gunakan juga ranjau ini untuk melindungi diri maupun robot spawn dengan penempatan yang strategis.
  • Gunakan skill ultimate (skill 4) pada momen-momen penting saja, seperti saat tim war dan push/def turret, mengingat durasi ulti ini tidak panjang maka timing yang tepat sangat diperlukan untuk memaksimalkan damage dari Nightmaric Spawn.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Zhask user di YouTube atau live streaming para top Zhask player.

Sebagai penutup mungkin video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran bagaimana cara menggunakan Zhask dengan baik dan benar.

Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.


Related Post: