Tutorial, Guide, Tips, & Cara Belajar Main Tigreal (Mobile Legends)

Tigreal dulunya adalah salah satu hero tank terbaik di Mobile Legends, namun semenjak skill ultimate hero ini di nerf habis-habisan, hero ini mulai terlupakan dan jarang kita temukan pada ranked mode, biasanya tanker yang lebih populer adalah Akai, Grock, dan Johnson yang baru-baru ini di rework. Walau tidak sehebat dulu, tapi Tigreal masih menjadi pilihan tank yang baik karena defense/pertahanannya yang kuat dan kemampuan crowd controlnya yang sangat baik.

Menurut ane Tigreal adalah salah satu hero dengan skill CC massal terbaik (selain Akai), artinya hero ini bisa mendominasi keadaan saat teamfight/tim war karena skill crowd controlnya bisa membungkam semua hero lawan sekaligus, terlebih kita bisa kombinasikan skill CC Tigreal dengan skill hero lain atau battle spell yang ada, sehingga banyak potensi/peluang kombinasi baru yang bisa dimainkan dalam tim kita. Sekarang kita akan mulai pembahasan tutorial bagaimana cara main Tigreal dimulai dari kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan Tigreal:

  • Crowd control yang sangat baik, Tigreal adalah salah satu hero tank dengan kemampuan CC terbaik, ketiga skillnya memiliki efek mulai dari slow down, push, knock up, pull & stun. Jadi skill-skill ini sangat berguna untuk membantu tim mendapatkan banyak kesempatan/momentum dalam menyerang termasuk saat berusaha kabur dari ganking lawan.
  • Defense pertahanan yang tinggi, skill pasif Tigreal mengurangi damage kritikal dan memberikan bonus 15% physical & magical defense dari item dan emblem, membuatnya menjadi tanker yang sangat keras dan sulit untuk dibunuh.
  • Ideal di semua phase, hero ini termasuk kuat dari awal permainan sampai akhir (early-late game), memang pada dasarnya semua hero tank itu ideal di semua phase.
  • Skill charge serba guna, skill 2 Tigreal bisa mendorong lawan secara paksa sehingga kita bisa membantu teman saat sedang kabur dengan menjauhkan hero yang sedang mengejarnya, kita juga bisa gunakan skill ini untuk kabur/mengejar musuh karena skill 2 nya memiliki range yang cukup panjang.

Kekurangan Tigreal:

  • Skill ultimate gampang dicounter, skill 3 Tigreal memiliki delay sesaat dan akan gagal kalau kita terkena efek crowd control dari musuh seperti stun/freeze/knock up, jadi walau memiliki skill CC yang baik, ia sendiri juga rentan terhadap skill CC saat melancarkan ultinya. Sebaiknya gunakan skill ini saat musuh sudah mengeluarkan skill CC yang ada, atau gunakan secara tiba-tiba seperti saat sedang menciduk di rumput (bush).
  • Sangat bergantung pada skill pemainnya, untuk bisa memaksimalkan hero ini dengan baik maka playernya harus mengerti kapan waktu engage/initiate yang tepat dan melancarkan kombinasi skill yang ada, apalagi kalau kita ingin main kombo menggunakan battle spell Flicker, maka kita harus gesit dan cekatan supaya musuh tidak mendapat kesempatan sama sekali untuk menghindar.
  • Sangat bergantung pada tim, karena ia tidak memiliki damage yang signifikan untuk mencicil darah musuh (purely crowd control), maka ia akan lebih bergantung pada kerja sama tim dan dibutuhkan teman yang kompak supaya bisa memanfaatkan peluang yang kita ciptakan untuk mereka dalam pertarungan.

Tigreal tips item build:

tips item build hero tigreal

  • Tips item Tigreal sama seperti tips item build tank pada umumnya.
  • Build item pada baris pertama adalah yang paling ideal dengan komposisi tim lawan yang normal (1-2 mage).
  • Gunakan build item baris kedua kalau pada tim lawan terdapat 2-3 hero mage/burst magic damager.
  • Build item Tigreal cukup fleksibel, yang terpenting kita harus seimbangkan physical/magical defense sesuai komposisi physic/magic damage musuh, karena kita akan mendapat ekstra bonus 15% defence dari item, maka sebaiknya build item def saja supaya skill pasif bisa dimanfaatkan sebaik mungkin (build full tank).
  • Build diatas adalah yang paling recommended menurut ane, kamu bisa bereksperimen menggunakan berbagai kombinasi item lain jika memang menurut kamu lebih cocok, jadi cobalah gunakan item-item lain yang sesuai dengan cara mainmu.

Battle spell yang paling cocok untuk Tigreal adalah Petrify dan Flicker.

  • Gunakan Petrify untuk ekstra crowd control, spell ini sangat bagus digunakan saat tim war sehingga akan memberi banyak celah bagi tim kita untuk menyerang, selain itu kita bisa memberikan stun lebih lama jika mengkombinasikannya dengan skill ultimate/skill 2.
  • Gunakan Flicker untuk kabur/escape disaat genting dan menyerang/engage musuh secara tiba-tiba, spell ini akan lebih berguna untuk dikombinasikan dengan skill 2 dan skill 3 Tigreal, ane pribadi lebih merekomendasikan dan prefer menggunakan spell ini daripada Petrify.

Untuk emblem kita bisa gunakan Tank emblem.

Tigreal sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Fanny (skill 2 Tigreal bisa menghentikan gerakan Fanny)
  • Karina
  • Natalia
  • Odette

Tigreal cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Chou
  • Ruby
  • Nana
  • Karrie
  • Diggie

Kombinasi skill Flicker:

Ada 2 cara penggunaaan kombinasi skill Flicker yaitu:

  • Flicker –> Skill 3 –> Skill 2 atau
  • Flicker –> Skill 2 –> Skill 3

Cara pertama (Flicker + skill 3) sudah tidak begitu efektif semenjak ulti Tigreal di nerf, dulu kita bisa langsung menciduk musuh dengan cara ini karena skill ulti akan langsung menyedot (pull & stun) musuh di sekitar tanpa delay sehingga tidak bisa dicancel oleh skill lawan, namun semenjak ada delay pada skill 3 ini maka musuh biasanya sudah keburu kabur atau mengeluarkan skill CC untuk mengcancel skill ultimate kita, jadi gunakan kombo ini kalau musuh sedang kehabisan skill CC dan kita yakin musuh tidak akan sempat menghindar/kabur.

Cara yang lebih aman dan jauh lebih efektif (dijamin berhasil) adalah menggunakan metode yang kedua (Flicker + skill 2) karena begitu kita menggunakan Flicker untuk mendekat kita bisa langsung mengeluarkan skill 2 untuk mendorong dan melempar musuh sesaat ke udara (knock airborne), jadi mereka tidak akan sempat untuk menghindar/mengeluarkan skill dan kita bisa lancarkan susulan skill ultimate setelah itu.

Berikut contoh penggunaan Fliker + skill 2:

kombinasi skill tigreal mobile legends

Kombinasi ini cocok digunakan untuk menculik hero lawan terutama saat mereka sedang ada di dalam tower, lalu kita juga bisa gunakan kombo ini untuk menarik musuh kedalam area turret kita. Jika sedang kondisi tim war gunakan skill ini untuk menculik hero lembek seperti marksman dan mage supaya bisa segera dihabisi oleh tim kita.

Berikut ini contoh kombinasi Flicker –> Skill 2 –> Skill 3:

cara menggunakan kombinasi flicker ultimate tigreal

Saat berhasil menciduk lawan gunakan juga skill 1 untuk memperlambat gerakan musuh supaya mereka semakin sulit untuk melarikan diri.

Tips & trik hero guide Tigreal:

  • Jangan mengambil buff/jungle karena jauh lebih penting untuk diberikan pada teman kita yang lain, prioritaskan untuk selalu membackup hero yang rentan seperti mage dan marksman di belakang kita, jangan biarkan hero lembek tidak terjaga, selalu halangi musuh supaya tidak bisa menjangkau/mendekati hero yang sedang kita lindungi, terutama saat teamfight/tim war jangan sampai lupa diri karena sibuk dengan close combat didepan, kita malah melupakan teman dibelakang dan biasanya mereka akan terbunuh oleh assassin/fighter tim lawan jika kita lengah.
  • Selalu siap mati demi tim jika sedang terciduk (jika harus ada yang berkorban), gunakan skill 2 untuk menjauhkan lawan, termasuk skill 1 dan skill 3 untuk menghambat gerakan musuh, jauh lebih baik kita (sebagai tank) yang mengorbankan diri daripada marksman/hero lain yang mati.
  • Karena range charge dari skill 2 cukup panjang, maka skill ini bisa kita gunakan untuk mengejar lawan dan melarikan diri disaat-saat kritis.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Tigreal user atau live streaming top Tigreal player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai pelengkap akhir semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Tigreal dengan baik dan benar.

Semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: