Tutorial, Guide, Tips, & Cara Belajar Main Rafaela (Mobile Legends)

Rafaela adalah salah satu hero support terbaik di Mobile Legends menurut ane, walau sering diremehkan saat kita pick hero ini karena kebanyakan player masih suka membandingkan kemampuan healingnya dengan Estes, padahal kegunaan Rafaela bukan hanya terdapat pada kekuatan healnya saja, melainkan pada crowd control dan membantu pergerakan movement 1 tim dalam battle.

Menurut ane Rafaela adalah salah satu hero support dengan kemampuan serba bisa (selain Angela) karena hero ini bisa memberikan banyak efek pada tim dan lawan mulai dari heal, stun, slow, movement speed, dan juga damage, karena itu jangan menilai Rafaela hanya dari kemampuan healing/pemulihan HP saja, tapi ia juga bisa memberikan support dalam bentuk lain yang jauh lebih berguna dari sekedar heal, apalagi jika kita tahu bagaimana cara menggunakannya dengan baik maka hero ini bisa menjadi game maker dan mendominasi teamfight sepanjang permainan.

Kelebihan Rafaela:

  • Hero support yang lengkap/serba bisa, skill 1 Rafaela memberikan damage pada maksimal 3 musuh dan sekaligus memberi efek slow, skill 2 nya memberikan heal dan movement speed pada teman/tim di sekitar, lalu skill 3 bisa memberikan stun dan damage yang cukup besar pada beberapa musuh, jika kita perhatikan semua skill-skillnya adalah AOE sehingga sangat baik digunakan pada area yang padat hero dan sangat bagus untuk mensupport tim terutama pada saat tim war 5 vs 5.
  • Support movement yang sangat baik, kelebihan utama Rafaela dibanding hero support lainnya adalah kemampuannya dalam memberikan efek movement pada tim kita dan tim lawan, ia bisa memberi efek slow pada 3 musuh sekaligus dan meningkatkan movement speed sesaat pada semua tim di sekitarnya, dua kemampuan ini sangat bagus digunakan untuk mengejar musuh yang berusaha kabur dan saat tim kita sedang berusaha kabur dari ganking tim lawan. Karena itu positioning sangat penting dalam memainkan hero ini, kita harus bisa mengambil posisi yang pas sehingga bisa memberi damage dan slow down pada tim musuh sekaligus mensupport tim dengan memberikan heal dan movement speed.
  • Skill ultimate yang cukup sakit, skill 3 Rafaela memberikan magic damage yang menurut ane cukup signifikan dan bisa kita gunakan untuk memberi efek stun pada lawan sekaligus membunuhnya jika ia sekarat.
  • Cukup mudah dimainkan, Rafaela termasuk salah satu hero yang ideal dari awal game (early) sampai akhir permainan (late game), skill 1 dan 2 nya tidak perlu diarahkan, kita hanya perlu mengambil posisi yang tepat, dan yang terpenting kita harus selalu jaga jarak untuk tidak terlalu di depan dan berada di tengah-tengah tim sehingga bisa memberi heal dan support pada semua teman 1 tim dengan baik, intinya gameplay hero ini cukup simpel (main aman) dan termasuk mudah dikuasai.

Kekurangan Rafaela:

  • Skill ultimate gampang meleset, karena skill ultinya berupa serangan 1 garis lurus dan range nya tidak terlalu panjang, maka skill ini cukup mudah dihindari (miss) saat digunakan, apalagi kalau kita cuma asal spam skill 3 ini tanpa perhitungan, sudah pasti skill ultimate ini akan sia-sia karena musuh dapat dengan jelas melihat sinar/cahaya yang dikeluarkan dari skill ini dan punya waktu untuk bereaksi menghindarinya. Cara terbaik untuk menggunakan skill ini adalah dengan memprediksi kemana musuh akan bergerak atau berada pada jarak yang sangat dekat sehingga mereka tidak bisa menghindar sama sekali.
  • Sangat bergantung pada tim, untuk bisa memaksimalkan hero ini dengan baik maka kita juga harus punya teman yang bisa memanfaatkan keadaan dengan baik, karena yang namanya hero support pasti akan jauh lebih bergantung pada teamwork dan kerja sama untuk memenangkan pertandingan, selain itu tim juga harus bisa membackup kita saat terjadi clash/teamfight sehingga kita tidak mati terciduk atau jadi sasaran utama tim musuh.
  • Butuh positioning yang tepat, saat menggunakan skill 1 kita harus berada cukup dekat dengan musuh untuk memberikan damage/slow, lalu saat menggunakan skill 2 kita harus berada di tengah tim untuk memberikan heal/movement pada sebanyak-banyaknya teman, lalu saat memakai skill 3 kita harus berada cukup dekat dengan musuh dan mensejajarkan diri dengan hero-hero lawan supaya bisa mengenai banyak target sekaligus (memberi stun massal pada tim lawan), karena itu kita harus pintar main tarik ulur dan tetap menjaga jarak aman sehingga bisa memberi support pada tim dan sekaligus memberi damage pada tim lawan.

Rafaela tips item build:

tips item build hero rafaela

  • Tips item build Rafaela kurang lebih sama seperti build item hero support pada umumnya, yang terpenting kita harus fokus pada maksimal cooldown reduction (max CDR 40%) supaya bisa sering-sering memberikan crowd control (slow down + movement speed) dalam permainan. Dengan build diatas kita akan mendapat CDR 35% dan sisa 5% bisa kita dapatkan dari emblem.
  • Build pada baris pertama lebih fokus pada pertahanan, sangat bagus kalau kita ingin main aman dan lebih sustainable dalam pertarungan.
  • Build item baris kedua fokus pada magic damage karena kita akan sering-sering spam skill 1, tidak ada salahnya build item magic damage untuk mencicil darah musuh sedikit demi sedikit.
  • Item terakhir (Immortality) berguna untuk ekstra pertahanan dan kesempatan kedua kalau kita terbunuh, item ini bisa kita ganti dengan item magic lain kalau kita yakin tim bisa mensupport kita dengan baik pada phase late game.
  • Cobalah bereksperimen dengan berbagai build dan kombinasi item yang ada sesuai dengan cara mainmu, karena build Rafaela cukup fleksibel, yang terpenting tetap fokus pada cooldown reduction dan sisanya bisa tambah dengan item mage/magic yang memiliki efek skill pasif yang suportif.

Battle spell yang paling cocok untuk Rafaela adalah Healing dan Flicker.

  • Gunakan Healing untuk memulihkan HP dan mana tim kita disaat kritis, spell ini cocok digunakan pada momen-momen yang genting supaya bisa memberikan banyak bantuan heal sebisa mungkin terutama Rafaela yang kemampuan healingnya tidak begitu besar seperti Estes.
  • Gunakan Flicker untuk kabur/escape saat sedang terciduk, spell ini lebih cocok kalau kita ingin main aman atau sedang main sendiri (solo queue).

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic atau Support emblem.

Rafaela adalah hero support yang netral (tidak kuat/lemah melawan hero tertentu), karena kunci terpenting dalam memainkan hero ini adalah positioning dan kerja sama tim, jadi kita akan cukup bergantung pada teman/tim untuk bisa memaksimalkan kemampuan hero ini dengan baik.

Tips & trik hero guide Rafaela:

  • Tugas utama kita adalah mensupport dan membackup teman dari belakang, spam skill-skill yang ada dengan baik, sebaiknya maksimalkan skill 2 terlebih dahulu karena efek heal dan movement speed jauh lebih berguna pada awal permainan terutama saat teamfight, efek movement speed juga sangat membantu tim untuk berpindah lane (laning) sehingga mereka bisa lebih cepat sampai tujuan untuk farming/push tower.
  • Ketika menggunakan skill 2 cobalah untuk berada pada posisi dimana kita bisa memberi healing pada sebanyak-banyaknya teman kita, tapi jika teman kita sedang dalam posisi yang berjauhan, maka prioritaskan untuk memberi heal pada hero yang darah/HP nya lebih kritis, gunakan juga skill 2 ini untuk membantu teman kita saat sedang kabur/mengejar musuh, ingat fungsi skill 2 bukan hanya sekedar healing tapi juga movement speed yang sangat berguna pada momen-momen yang krusial.
  • Sering-seringlah spam skill 1 sepanjang permainan baik saat membersihkan wave minion, jungle, atau mencicil darah musuh secara perlahan, efek slow skill 1 juga berguna untuk membantu tim melarikan diri/escape dan mengejar/chase musuh yang berusaha kabur, jadi manfaatkan kombinasi skill 1, skill 2 dan skill 3 untuk menciduk lawan termasuk saat kabur dari gank musuh.
  • Rajin-rajinlah tonton video dan live streaming top Rafaela player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Rafaela dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.


Related Post: