Tutorial, Guide, Tips, & Cara Belajar Main Lancelot (Mobile Legends)

Lancelot adalah salah satu hero assassin terbaik di Mobile Legends, namun sayang hero ini terlalu OP pada awal rilis sehingga memang perlu di nerf terutama pada damage dan lifesteal skill 2 nya. Pada ranked mode/draft pick biasanya Lancelot digunakan untuk solo lane 3-1-1 dan seringkali menjadi carry utama pada permainan karena begitu gear item dan level hero ini sudah jadi maka semua hero-hero lawan menjadi makanan lembek termasuk tanker sekalipun, berkat damage skill 2 dan 3 nya yang sangat tinggi serta cooldown nya yang singkat maka tidak heran hero inipun masih cenderung kuat dan mudah mendominasi permainan.

Menurut ane yang paling menjengkelkan dari Lancelot adalah kemampuan immune atau invisibility pada skill 2 dan 3 nya, sejauh ini hanya ia yang memiliki 2 kemampuan immune di Mobile Legend, terlebih ia memiliki damage area massal yang bisa membunuh banyak lawan sekaligus (padahal karakteristik assassin biasanya spesialis membunuh 1-1), maka dari itu diperlukan crowd control yang baik dalam tim untuk bisa mengatasi hero lincah yang satu ini.

Kelebihan Lancelot:

  • Kuat disemua phase, walau sudah di nerf berkali-kali, sampai saat ini tetap saja Lancelot selalu diperebutkan pada draft mode, karena assassin ini memang ideal disemua phase bahkan sangat kuat diawal permainan (early game), damage skill 2 nya diawal sangat sakit, sehingga sangat bagus untuk quick push tower dan juga split push.
  • Mobilitas yang sangat tinggi, skill 1 nya bisa tereset asalkan mengenai target yang belum terkena skill 1 nya, skill ini sangat baik digunakan untuk escape/kabur dan juga chasing/mengejar musuh yang kabur, selain itu skill 3 nya juga bisa membantunya untuk kabur karena memiliki dash yang cukup panjang.
  • Burst damage yang tinggi, skill 2 dan skill 3 nya bisa dispam sepanjang permainan berkat cooldownnya yang singkat, selain itu kedua skill ini berupa AOE sehingga ia bisa memberi damage massal sekaligus dan menguasai tim war.
  • Hero poke yang baik, karena skill 2 nya memiliki cooldown singkat dengan range yang sedang, membuatnya bisa poke musuh (mencicil darah lawan perlahan-lahan) sepanjang game, ia juga tidak perlu khawatir akan terkena damage karena skill ini memberikan lifesteal yang tinggi (walau sudah di nerf) dan immunity/kebal dari serangan musuh.
  • Sulit di counter, apalagi jika musuh sangat ahli memainkan hero ini dijamin kita bakal kewalahan menghadapi pro Lancelot user, cara terbaik untuk melawan hero ini adalah dengan menciduk (gank) bersama tim menggunakan hero CC atau hero jarak jauh, karena untuk urusan close combat dan 1 vs 1 secara langsung sangat sulit untuk bisa menang dari assassin ini.

Kekurangan Lancelot:

  • Sangat rentan CC, walau memiliki 2 skill yang bisa membuatnya kebal, namun begitu kena CC maka hero ini sangat gampang dihabisi dengan cepat.
  • Sangat boros mana, karena skill 2 akan sering kita gunakan sepanjang permainan maka Lancelot memerlukan buff supaya bisa maksimal dan spam skill dengan bebas.

Secara keseluruhan Lancelot merupakan hero assassin yang tidak memiliki banyak kekurangan, apalagi jika pemainnya sudah sangat paham titik-titik kelemahan hero ini dan bagaimana cara mengatasinya, karena itu diperlukan kerja sama tim yang baik untuk bisa melawan hero ini dalam pertarungan.

Lancelot tips item build:

tips item build hero saber

  • Kurang lebih build item Lancelot sama persis seperti build item Saber, keduanya sama-sama mengandalkan skill dan cooldown reduction untuk bisa maksimal dalam permainan.
  • Build pada baris pertama adalah yang paling ideal, gunakan Magic Blade (atau Rose Gold Meteor) jika pada tim mush terdapat 2-3 mage/magic damager.
  • Build item baris kedua (Blade of 7 Seas) berguna jika pada tim lawan terdapat banyak tank dan hero dengan defense tinggi.
  • Build ketiga (Deadly Blade) cocok jika musuh memiliki hero healer dan lifesteal yang tinggi.
  • Intinya build item Lancelot fokus pada physical damage dan cooldown reduction.

Battle spell yang paling cocok untuk Lancelot tentu adalah Retribution.

fanny battle spell retributionGunakan Retribution untuk membantu farming supaya cepat naik level dan mendominasi permainan. Pada dasarnya memang semua assassin sangat cocok menggunakan battle spell ini.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Assassin emblem.

Lancelot sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank.
  • Semua hero marksman.
  • Semua hero mage.

Lancelot cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Zilong, Roger, dan Alucard (late game)
  • Nana

Tips & trik hero guide Lancelot:

  • Diawal permainan usahakan farming sedini mungkin dan ambil buff, begitu level 4 kita bisa mulai bermain agresif menyerang dan push, saat ulti sudah ada (lv 4) maka kombinasi skill 2 dan skill 3 bisa membunuh hero-hero lembek dengan cepat, karena itu rajin-rajinlah roaming membantu tim di lane lain dan jangan takut untuk menyerang jungle area musuh bersama temanmu pada early game.
  • Waspada dengan hero CC lawan terutama yang jarak jauh seperti Saber dan Cyclops, cobalah latihan menggunakan skill 2 pada saat yang tepat supaya mendapat immune (kebal) dari serangan crowd control musuh, latihan timing ini sama seperti menggunakan skill 2 Chou sehingga akan sangat bagus jika kita memaksimalkan kemampuan invisibility ini dengan baik.
  • Perhatikan jarak dengan lawan saat menggunakan skill 2, pastikan musuh tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh saat kita keluarkan skill 2 ini, untuk mendapat damage maksimal 3 hit coba perhatikan gambar berikut.

tips item build hero lancelot

  • Lucunya damage skill 2 nya hanya mendapat 1 hit jika kita berada pas didepan Lancelot, karena itu jika kita menggunakan fighter maka cara terbaik melawan Lancelot dalam duel close combat 1 vs 1 adalah dengan terus menempel pada hero ini supaya damage skill 2 nya tidak maksimal. Selain itu damage skill ini juga akan berkurang jika mengenai banyak lawan sekaligus, jadi lebih baik melawan hero ini secara bersamaan jangan satu per satu.
  • Spam skill 2 sepanjang permainan baik saat sedang push tower maupun defense, saat teamfight incarlah hero-hero lembek terlebih dahulu seperti marksman dan mage, simpan skill 1 disaat yang penting untuk kabur atau mengejar musuh yang kabur (finishing kill).
  • Jika posisinya sedang aman (tidak banyak musuh dan hero CC) maka gunakan basic attack pada hero lawan untuk mentrigger skill pasif (extra damage).
  • Jika melawan fighter jangan adu jotos basic attack karena pasti akan kalah terutama melawan fighter burst damage seperti Zilong dan Roger, jadi lebih baik main aman dengan menggunakan skill 2 dan tunggu cooldown selesai dan cicil lagi sedikit demi sedikit, khususnya pada late game Lancelot sangat lemah melawan fighter karena bisa mati hanya dengan beberapa hit, jadi saat late game kita harus ekstra hati-hati saat berhadapan dengan hero killer seperti Zilong, Natalia, Irithel, dan Alucard.
  • Rajin-rajinlah tonton video dan live streaming top Lancelot player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai pelengkap semoga video gameplay ini bisa memberi gambaran bagaimana cara menggunakan Lancelot dengan baik dan benar.

Akhir kata semoga tips dan tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.


Related Post: