Tutorial, Guide, Tips, & Cara Belajar Main Cyclops (Mobile Legends)

Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar bagaimana cara main menggunakan Cyclops dengan baik dan benar, hero mage yang satu ini cukup populer dan sering digunakan pada ranked mode karena kemampuan burst damage nya yang kontinyu, ia bisa memberikan magic damage terus-menerus apalagi kalau kita build max CDR 40% maka ia bisa spam skill tanpa henti sepanjang permainan, memang Cyclops bagaikan marksman dengan atribut magic karena bisa membombardir musuh dengan skill-skillnya dan cukup kuat pada semua phase (early-mid-late game), tidak heran hero ini juga bisa menjadi mid laner yang bagus menggantikan role marksman yang biasanya berada di tengah.

Menurut ane Cyclops adalah salah satu hero yang easily OP, karena cara mainnya cukup mudah dan mage ini cenderung OP karena bisa cepat farming, bergerak cepat, dan memberikan burst magic damage yang massal, terlebih jika kita build item spell vamp (lifesteal skill) maka akan sangat sulit membunuh hero ini dalam pertarungan 1 lawan 1 (kecuali kita menggunakan assassin). Sekarang kita akan bahas tutorial Cyclops dimulai dari penjelasan mengenai keunggulan dan kelemahannya.

Kelebihan Cyclops:

  • Cooldown yang cepat refresh, kelebihan utama Cyclops adalah pada skill pasifnya yang bisa mengurangi cooldown dari semua skill selama 0,5 detik setiap kali skill kita mengenai (hit) target, dengan skill pasif ini kita bisa spam semua skill dengan cepat dan menggunakannya kembali sehingga bisa terus-terusan menyerang tanpa henti dengan ketiga skillnya.
  • Damage dan lifesteal yang tinggi, karena ia bisa terus menyerang dengan skill-skillnya maka hero ini menjadi seperti fighter/marksman yang bisa memberi damage signifikan secara berkelanjutan, jadi dengan bantuan item spell vamp ia bisa terus mendapat HP (lifesteal) dan menjadi salah satu mage yang kuat membunuh turtle/lord sendirian.
  • Mage yang cepat farming, tidak banyak mage yang bisa ngutan dengan cepat, namun Cyclops bisa cepat farming karena bisa membunuh monster jungle dengan kombinasi skill 1 dan 2 nya, ia juga termasuk cepat dalam membersihkan wave minion dan berpindah lane (berkat efek movement speed dari skill 2) sehingga hero ini sangat cocok untuk roaming dan menggantikan role marksman yang biasanya di tengah (mid lane).
  • Ideal di semua phase, hero ini termasuk kuat dari awal permainan (early game) sampai akhir (late game), kita bisa manfaatkan kemampuan farmingnya yang cepat untuk mengungguli level (exp) dan gold/item lawan sehingga bisa lebih mudah mendominasi permainan.
  • Mudah digunakan, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hero ini termasuk easily OP karena cara mainnya cenderung simpel dan penggunaan ketiga skillnya tidak ribet, yang penting kita harus jaga jarak dan memposisikan diri dengan baik dalam teamfight/tim war.

Kekurangan Cyclops:

  • Tidak memiliki crowd control yang baik, skill 3 Cyclops hanya single target dan memberikan efek immobilized (tidak bisa bergerak namun masih bisa menyerang/menggunakan skill) selama 1-2 detik, jadi dalam teamfight/war ia tidak begitu bisa diandalkan untuk mengendalikan situasi selain memberikan pure burst magic damage saja.
  • Tidak memiliki skill escape yang baik, walau skill 2 bisa memberi movement speed sesaat, namun skill ini tidak cukup baik untuk membantunya kabur saat terciduk, perlawanan terbaik yang bisa kita lakukan kalau sudah kena gank (tidak bisa kabur lagi) adalah mengeluarkan semua skill dan memberi burst damage sebanyak-banyaknya pada musuh sambil berharap bisa membunuh lawan atau terus bertahan hidup karena efek lifesteal yang ada (menyerang sambil melarikan diri).

Kabar baiknya adalah Cyclops merupakan hero mage yang tidak memiliki banyak kekurangan selain pada minimnya crowd control yang bisa ia berikan pada tim musuh, jadi kalau kamu tipe yang suka main assassin atau hero murni burst damager pasti akan cukup suka memainkan hero cilik yang satu ini.

Cyclops tips item build:

tips item build hero cyclops

  • Tips build item Cyclops fokus pada cooldown reduction dan magic damage setinggi-tingginya.
  • Jika tim memberikan kita buff (buff mage akan memberi CDR 20%) maka gunakanlah build item baris pertama.
  • Gunakan build item baris kedua kalau ada teman dalam tim yang lebih membutuhkan buff sehingga kita tidak bisa mengambilnya.
  • Build item Cyclops cukup fleksibel, yang terpenting kita harus maksimalkan CDR (setidaknya 30%) supaya bisa mengspam skill-skill yang ada sepanjang permainan.
  • Build diatas adalah yang paling recommended menurut ane, kamu bisa bereksperimen menggunakan item build lain jika memang menurut kamu lebih cocok, cobalah lihat rekomendasi item dari para top Cyclops player atau cari yang sesuai dengan gaya mainmu.

Battle spell yang paling cocok untuk Cyclops adalah Retribution dan Flicker.

  • Gunakan Retribution untuk cepat farming, spell ini sangat cocok kalau kita main di tengah (mid lane) menggantikan marksman, sehingga kita akan cepat ngutan untuk mengumpulkan gold/exp dan bisa roaming membantu tim di lane yang lain. Namun jangan gunakan retribution kalau sudah ada 2 teman yang menggunakan hero carry dan juga menggunakan spell ini supaya tidak rebutan monster hutan/buff dengan tim sendiri. Biasanya 3 retribution dalam 1 tim sudah tidak begitu efektif karena akan terjadi sengketa jungle dan spell ini menjadi tidak maksimal dalam penggunaannya.
  • Gunakan Flicker untuk main aman, bisa kita gunakan Flicker untuk kabur/escape disaat genting dan engage/menciduk musuh secara tiba-tiba, spell ini juga berguna untuk mengejar musuh yang sedang berusaha kabur saat sekarat.

Untuk emblem kita bisa gunakan Magic emblem.

Cyclops sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero fighter
  • Semua hero marksman
  • Karina
  • Eudora
  • Gord
  • Vexana
  • Aurora
  • Pharsa

Cyclops cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Saber
  • Fanny
  • Hayabusa
  • Natalia
  • Lancelot
  • Helcurt
  • Lolita

Kombinasi skill Cyclops:

Untuk memaksimalkan efek skill pasif maka sebaiknya kita gunakan skill 1 dan 2 sekaligus untuk memberikan cooldown reduction maksimal, jadi gunakan skill 2 terlebih dahulu dan sebelum bola-bola skill 2 terbang menyerang musuh kita dengan cepat lontarkan serangan skill 1 kepada target, jadi kita akan mendapat pengurangan cooldown sebesar 3,5 detik pada kedua skill tersebut (7 hit x 0,5 detik).

Jadi gunakan skill 2 –> skill 1 dengan cepat seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill cyclops mobile legends

Gunakan kombinasi ini untuk menyerang terutama saat farming sehingga bisa lebih cepat membunuh monster jungle, selain itu kita juga bisa gunakan tambahan skill 3 diawal sebelum engage, jadi gunakan skill 3 –> skill 2 –> skill 1 dengan cepat supaya kita mendapat pengurangan cooldown 4 detik pada ketiga skill yang telah kita gunakan.

Tips & trik hero guide Cyclops:

  • Maksimalkanlah skill 2 terlebih dahulu karena skill ini memiliki 5 hit sehingga memberikan lebih banyak cooldown reduction, selain itu skill ini juga memberikan efek movement speed yang serba guna, jadi prioritaskan skill 2 baru setelah itu skill 1.
  • Sebaiknya gunakan hero lock mode supaya saat menggunakan skill ultimate kita tidak mengenai target yang salah, karena range skill ultinya cukup luas maka aktifkan hero lock untuk menyerang target yang diinginkan.
  • Ingat gunakanlah kombinasi skill 2 –> skill 1 saat sedang membersihkan minion dan ngutan supaya bisa lebih cepat membunuh monster termasuk saat menyerang hero lawan, namun perhatikan situasinya juga, terkadang ada saatnya dimana lebih baik menggunakan skill 1 dan skill 2 satu per satu (tidak sekaligus).
  • Skill 1 lebih cocok digunakan untuk menyerang banyak musuh sekaligus apalagi jika posisinya sejajar/sebaris (cocok digunakan pada wave minion), sedangkan skill 2 lebih cocok digunakan pada single target (cocok digunakan pada monster jungle/hero lawan), dengan memahami perbedaan ini kita akan tahu mana skill yang harus dikeluarkan saat sedang teamfight/tim war, gunakan skill 1 untuk menghajar banyak musuh sekaligus, gunakan skill 2 untuk memberikan burst damage pada 1 target dan positioning (mengambil posisi yang pas untuk menyerang/bertahan).
  • Jika kita lebih unggul 2-3 level dari tim lawan dan sudah memiliki item spell vamp/lifesteal, maka kita bisa main sedikit lebih agresif dan push tower secepat mungkin, karena biasanya musuh akan kalah kalau berhadapan 1 lawan 1 dengan Cyclops.
  • Rajin-rajinlah tonton video/live streaming pro Cyclops user supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberikan gambaran bagaimana cara menguasai hero Cyclops dengan baik. Semoga tips dan tutorial ini bermanfaat.

Selamat mencoba.


Related Post: