5 Tips Memilih Casing Terbaik Untuk Smartphone / Handphone Anda

Tampilan luar adalah hal yang begitu krusial untuk suatu smartphone, itulah sebabnya pabrikan smartphone tak main-main dalam mengemas produk yang akan dipasarkan, bahkan sekarang mereka melengkapi produk yang dibuat dengan casing yang powerful dan mewah, hanya saja desain yang powerful dan mewah ini seringkali ada pada smartphone di kelas menengah keatas, salah satunya adalah jajaran smartphone flagship. Jadi untuk kalian yang menggunakan HP smartphone kelas menengah apalagi entry-level agak sulit untuk mengharapkan adanya bundle casing smartphone yang mewah dari pabrikannya.

Nah, untuk kalian pemakai smartphone murah atau mid-to-low yang hendak mencicipi kesan mewah dan kuat, kalian masih dapat mengakalinya dengan memakai casing tambahan (softcase dan semacamnya). Sedangkan bagi kalian pemakai smartphone flagship, pemakaian casing eksternal dapat semakin mempercantik smartphone kalian. Tapi tunggu dulu, sebelum kalian mulai berburu casing smartphone kesayangan, jangan lupa untuk menyimak 5 tips di bawah ini sehingga kalian tidak salah dalam memilih casing. Nantinya casing handphone tersebut tidak hanya untuk mempercantik, tapi juga bisa mempertahankan performa dan kondisi smartphone kalian.

1. Pilih jenis casing terbaik

Ada dua jenis casing yang terdapat di pasaran, yaitu hardcase dan softcase. Namun, belakangan ini Anda juga dapat menemukan casing yang memadukan kedua jenis itu, yang disebut hybrid case. Hardcase adalah jenis casing yang keras dan seringkali dibuat dari material polikarbonat, metal, ataupun kayu. Sebagaimana bahan yang digunakan, casing jenis ini lebih mengutamakan perihal proteksi pada smartphone dari benturan atau gesekan.


Sementara softcase adalah casing lunak yang diciptakan dari bahan high quality rubber, kulit, dan bahan-bahan lentur lainnya. Casing softcase lebih ditujukan supaya nyaman saat dipegang, walau juga dapat melindungi smartphone dari debu atau kotoran lainnya.

2. Utamakan fungsi sebelum desain

Di antara jenis casing yang telah disebutkan di atas, manakah casing yang sesuai keperluan kalian? Banyak orang yang salah kaprah ketika memilih casing, asal punya desain bagus langsung beli. Ingat bahwa casing dengan desain grafiti yang unik atau mempunyai style yang modern belum pasti kuat atau mempunyai kualitas yang mumpuni demi melindungi smartphone kalian.

Ada hal lain yang lebih urgen dari urusan itu, yakni kebutuhan dan identitas kalian. Apakah kalian tipe orang yang kerap kali terburu-buru menjatuhkan sesuatu? Jika kebiasaan tersebut terus menghantui kalian, maka pilihlah hardcase, dengan begitu kebiasaan buruk kalian tidak akan merusak smartphone kesayangan.

Begitu juga sebaliknya, andai kalian hendak menghindari debu atau kotoran lainnya, casing softcase dapat jadi opsi yang tepat. Jika telah memilih cocok fungsinya, tahapan selanjutnya ialah mencari desain yang dapat meningkatkan penampilan smartphone kalian.

3. Perhatikan penggunaannya

Ada casing yang model buku, ada juga yang modelnya terbuka. Nah, bagi kalian yang ingin membeli casing, perhatikan baik-baik desain penggunaan seperti apa yang kalian inginkan. Sebagai contoh, banyak orang terpesona dengan softcase yang berbentuk buku karena tampak elegan, namun ternyata mereka merasa kerepotan setiap kali ingin membuka smartphone lantaran mereka gemar menggunakan satu tangan.

Oleh karena itu, agar tidak repot belakangan, pastikan fungsi casing yang kalian beli cocok dengan kebiasaan kalian juga. Dengan begitu, pemakaian casing bisa lebih nyaman dan smartphone pun tidak mudah jatuh dalam genggaman.

4. Perhatikan kualitas casing

Seperti yang telah disebutkan, casing dibuat dari sejumlah material yang berbeda-beda. Bagi casing keras atau hardcase, material yang digunakan dapat berupa metal, kayu, dan plastik polikarbonat. Sedangkan softcase diciptakan menggunakan material karet, kulit dan material lentur lainnya.

Oleh karena itu, luangkan waktu kalian saat melakukan pembelian untuk melihat lebih teliti bahan casing yang digunakan. Meskipun bahan yang dipakai baik, namun andai proses finishing atau produksinya buruk, pasti kalian akan kecewa dan tidak akan benar-benar “klik” dengan smartphone yang kalian punya.

Jadi, pilihlan casing yang benar-benar solid, tidak gampang rusak, dan mempunyai kualitas jempolan. Jika kalian salah memilih, bisa jadi kalian justru akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli casing di kemudian hari lantaran sudah rusak atau karena hal lainnya. Karena itu pastikanlah terlebih dahulu kualitas casing sebelum membelinya.

5. Perhatikan sirkulasi udara

Sebagai pelindung smartphone dari kotoran, debu, maupun benturan, casing juga ternyata harus memiliki fungsi lain yang tak kalah penting namun jarang diperhatikan orang. Salah satu fitur yang mesti dimiliki oleh sebuah casing adalah sirkulasi udara agar smartphone tidak cepat panas. Untuk melihat apakah suatu casing memiliki sirkulasi udara yang bagus, kalian hanya perlu melihat apakah ada lubang di permukaan casing tersebut. Lubang-lubang itulah yang akan berperan sebagai pintu keluar masuk udara.

Nah, jika 5 hal di atas sudah kalian perhatikan, sekarang saatnya berburu casing yang sesuai dengan keinginan untuk handphone/smartphone kesayangan Anda.


Related Post: