Tips Item Build & Cara Main Lesley (Hero Guide Mobile Legends)

Pada tips Mobile Legends kali ini kita akan belajar cara menggunakan hero sniper yang baru rilis di original server (Januari 2018) yaitu Lesley. Hero ini adalah marksman favorit ane karena karakteristiknya yang bisa membunuh dari jarak yang sangat jauh, sangat bagus untuk finishing dan memiliki kemampuan bertahan hidup (survive) yang baik. Yang paling ane suka dari hero ini adalah damage dari skill pasifnya yang bisa membunuh lawan hanya dengan beberapa tembakan dari range yang cukup jauh, bisa dibilang cara main Lesley sama persis seperti cara main marksman Clint.

Pada guide resmi website Mobile Legends sudah ada hero academy untuk Lesley, namun sayang ada beberapa hal yang tidak dibahas dengan lengkap terutama dari cara main, battle spell, dan tips item buildnya yang menurut ane sedikit keliru. Tanpa banyak basa-basi, mari kita pelajari tutorial dan cara memainkan hero sniper yang satu ini, pertama kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan Lesley.

Kelebihan Lesley:

  • Range serangan yang jauh, namanya juga sniper pasti spesialis menembak dari jarak jauh, hero ini sangat bagus untuk main tarik ulur, terlebih skill ultinya memiliki radius serangan yang sangat jauh dan musuh tidak bisa menghindar lagi saat sudah kena lock dari ultimate snipe nya.
  • Burst damage yang tinggi, dengan build item yang tepat maka pada phase late game Lesley hanya butuh sedikit tembakan dari skill pasifnya untuk menghabisi lawan termasuk hero-hero tank yang defensenya tebal.
  • Hero marksman yang sangat lincah, berkat skill 1 nya ia bisa bergerak dengan cepat, ia bisa roaming dengan baik dan terlebih saat masuk mode stealth ini musuh tidak bisa menyerang menggunakan basic attack dan skill lock target, membuatnya menjadi hero marksman dengan kemampuan bertahan hidup yang sangat bagus.
  • Hero pusher yang sangat bagus, range dari skill pasifnya punya jarak yang sangat jauh bahkan diluar jangkauan turret dan damagenya juga sangat menyakitkan, sehingga sangat bagus untuk push tower dan menyerang dengan taktik hit & run.
  • Menggunakan sistem energi, ciri khas dari marksman ini adalah ia menggunakan sistem energi seperti Fanny, namun uniknya ia akan mendapat energi setiap kali melakukan serangan dengan basic attack, jadi tidak perlu khawatir untuk spam semua skill-skillnya sepanjang permainan, terlebih skill ultinya tidak menggunakan energi sama sekali dan malah menambah energi untuk setiap hit dari peluru skill 3 nya.

Kekurangan Lesley:

  • Lemah di early game, pada awal permainan (phase early game) damage dan kecepatan serangannya sangatlah kecil, sehingga perlu fokus ngutan terlebih dahulu, kekurangan terbesar dari hero ini adalah damage basic attacknya kecil dan tidak memiliki attack speed yang memadai, ya wajar saja sesuai dengan karakter sniper yaitu “one shot one kill” hero ini memang didesain untuk memiliki damage skill yang tinggi dan range yang jauh, tidak heran role hero ini adalah semi assassin (marksman/assassin).
  • Sangat bergantung pada item, karena serangan terkuatnya berasal dari skill pasif yang dihitung dari basic attack (damage skill pasifnya bergantung pada seberapa besar damage basic attack), maka build item sangatlah menentukan output damage dari hero ini, karena itu gear item yang sesuai sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi hero ini.
  • Tidak memiliki burst damage massal, semua kemampuan serangannya hanya single target, membuatnya cukup lama untuk membersihkan minion, namun sangat OP untuk urusan 1 lawan 1, jadi memang hero ini seperti assassin yang spesialis membunuh musuh satu per satu.
  • Range skill 2 yang terlalu pendek, skill 2 nya hanya berguna digunakan saat musuh berada benar-benar dekat dengan kita (posisi hampir menempel), karena itu skill ini akan cukup sulit mengenai musuh yang bergerak dengan cepat.

Bisa dikatakan Lesley adalah salah satu marksman yang sangat ideal dan OP (tidak memiliki banyak kelemahan), ia memiliki radius serangan yang jauh, skill escape/survive yang baik, kemampuan finishing yang sangat bagus, serta burst damage yang tinggi.

Lesley tips item build:

tips item build hero lesley

  • Item lifesteal yang wajib digunakan Lesley tentu adalah Endless Battle, item ini memiliki efek untuk memberikan tambahan damage pada basic attack (setelah skill) sebesar 70% physical damage dan berupa true damage. Sama seperti Clint, Endless Battle adalah core item Lesley karena sangat cocok dikombinasikan dengan skill pasifnya.
  • Gunakan build pada baris pertama (Blade of 7 Seas) jika pada tim lawan terdapat banyak hero dengan defense yang tinggi seperti tank dan fighter semi tank.
  • Gunakan build pada baris kedua (Deadly Blade) jika lawan memiliki hero-hero healer seperti Rafaela/Estes dan hero dengan lifesteal yang tinggi seperti Alucard, Ruby, dan Fanny.
  • Item core berikutnya yang harus dibeli adalah Berserker’s Fury karena item ini akan sangat memperbesar damage dari skill pasifnya. Pada phase late game damage kritikal dari skill pasif Lesley bisa mengurangi darah lawan sampai lebih dari 50% hanya dengan sekali serang.
  • Fokus pada build item kritikal dan physycal damage, karena hero ini memiliki burst damage yang tinggi dari skill pasifnya, jadi jangan build hero ini seperti Miya atau Moskov yang mengandalkan attack speed, tapi build seperti Clint yang lebih main aman (tarik ulur) memanfaatkan range nya yang jauh, mengurangi darah musuh secara perlahan dan lakukan finishing menggunakan skill ultimate nya.

Battle spell yang paling cocok untuk Lesley adalah Retribution.

fanny battle spell retributionGunakan spell Retribution untuk farming secepat mungkin, build item Endless Battle dan Berserker’s Fury secepat mungkin, dengan 2 item core ini maka Lesley sudah mulai bisa mendominasi permainan pada phase mid-late game.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Assassin emblem.

Lesley sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Semua hero fighter (gunakan strategi hit & run menggunakan skill pasif dan skill 1)
  • Semua hero marksman kecuali Layla dan Clint (manfaatkan keunggulan range skill pasif untuk poke dan kiting/tarik ulur)
  • Natalia (skill ulti Lesley bisa menyerang Natalia walau sedang dalam mode stealth)

Lesley sangat lemah melawan hero-hero berikut:

  • Fanny
  • Helcurt
  • Harley
  • Layla (late game)
  • Clint (range skill pasif Clint lebih jauh dari range skill pasif Lesley)

Tips & trik hero guide Lesley:

  • Fokus farming diawal permainan (early game), karena kita perlu membeli 2 item core (Endless Battle & Berserker’s Fury) secepat mungkin, maka jangan terlalu agresif atau buru-buru push pada awal game.
  • Maksimalkan skill 1 terlebih dahulu, karena skill ini akan sering kita spam untuk mentrigger skill pasif sepanjang permainan.
  • Saat ngutan jangan ragu untuk spam skill 1 (termasuk skill 2) baik saat membunuh monster hutan maupun membersihkan wave minion, karena energinya akan cepat terisi kembali dengan basic attack, simpan energi kalau momennya sedang genting seperti saat push tower dan teamfight 5 vs 5.
  • Gunakan skill 1 untuk cepat berpindah lane dan roaming, tapi jangan gunakan sampai habis terutama kalau sedang ingin push turret dan ganking.
  • Skill 2 bisa digunakan untuk menyelamatkan diri dari serangan jarak dekat (close combat), begitu pula saat kita sedang mengeluarkan ulti dan tiba-tiba ada musuh mendekat, kita bisa langsung gunakan skill 2 untuk menjaga jarak dan kabur dengan selamat (perhatikan jarak yang ada karena range skill 2 ini sangat pendek).
  • Gunakan “Hero Lock Mode” on supaya tidak menyerang target yang salah dalam permainan, sudah menjadi keharusan semua hero marksman untuk menyalakan hero lock mode.
  • Gunakan ultimate snipe (skill 3) hanya pada lawan yang sedang sekarat (untuk finishing saja), karena damage skill ini mengambil beberapa persen dari HP musuh yang hilang, maka damagenya akan semakin besar jika darah musuh semakin kecil (seperti ulti Balmond).
  • Selalu jaga jarak aman dan manfaatkan range jauhnya untuk poke mencicil darah sedikit demi sedikit dari jauh, jika musuh mendekat segera mundur (tarik ulur) dan gunakan skill 1 untuk kabur/mengejar kembali, lakukan ini terus menerus hingga darah musuh tinggal sedikit (sampai musuh mundur dengan sendirinya karena HP sekarat) lalu selesaikan dengan skill ultinya (finishing move).
  • Rajin-rajinlah tonton video gameplay pro Lesley user atau live streaming para top playernya.

Sebagai penutup semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran cara menggunakan Lesley dengan baik dan benar. Akhir kata semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba.


Related Post: