Tips Item Build & Cara Main Balmond (Hero Guide Mobile Legends)

Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar tips dan cara menggunakan salah satu hero hybrid tank/fighter yang paling ditakuti yaitu Balmond. Hero ini juga termasuk salah satu hero tank favorit ane, walaupun kita build sebagai tanker namun Balmond tetap bisa memberikan damage yang menyakitkan layaknya seorang fighter, karena itulah hero ini sangat ideal digunakan pada setiap jenis meta dari season ke season, pada season 7 ini Balmond juga sangat sering di pick karena kemampuannya mencuri lord/turtle yang sangat baik sehingga tidak heran kita akan sering melihat hero yang satu ini diperebutkan pada draft pick ranked mode.

Balmond termasuk hero yang stabil dan netral (jarang di nerf/buff), karena itu pula cara main dan build itemnya sangat fleksibel bisa dikustomisasi sesuai keinginan playernya, jadi tidak heran setiap Balmond user punya preferensi item build yang berbeda-beda dan cara/gaya mainnya sendiri, ada yang build sebagai full tank, ada yang menggunakannya seperti fighter, ada juga yang campur aduk antara tanker semi fighter. Menurut ane pribadi Balmond paling cocok di build sebagai tank karena tetap bisa memberikan damage besar dari skill ultinya (true damage), selain itu defense/pertahanan hero ini sangatlah tebal, jadi cukup sayang kalau kita build sebagai fighter.

Kelebihan Balmond:

  • Regenerasi HP yang tinggi, berkat skill pasifnya Balmond akan mendapat 4% max HP saat membunuh minion dan 10% max HP saat membunuh hero, dengan begitu hero ini tidak perlu mondar-mandir base untuk mengisi darah, terlebih ia juga tidak menggunakan sistem mana sama sekali, membuatnya bisa cepat farming dan push tower tanpa harus buang-buang waktu mengisi HP/mana di base.
  • True damage yang tinggi, skill ultinya bisa dikatakan salah satu skill terbaik untuk tanker/fighter di Mobile Legends, dengan skill 3 nya ia memberikan physical damage dan true damage sebesar 20% dari HP musuh yang hilang, ini membuat Balmond bisa langsung menghabisi semua hero yang darahnya tinggal 25-30% setebal apapun build defense itemnya, skill ini sangat cocok untuk finishing musuh-musuh yang sekarat baik itu hero lembek seperti mage/mm maupun hero badak seperti tank/fighter.
  • Kemampuan clear minion dengan cepat, skill 2 nya memberikan damage area yang membuatnya bisa dengan cepat membersihkan minion sekaligus, terlebih ia juga mendapat tambahan darah berkat skill pasifnya, hero ini memang sangat bagus untuk membersihkan lane dan menyapu wave minion yang ada.
  • Hero terbaik untuk membunuh lord/turtle, skill ultimate Balmond paling sering digunakan untuk secure killing lord dan turtle, karena begitu darah lord/turtle tinggal 20% ia bisa langsung menghabisinya dengan aman tanpa harus takut akan dicuri oleh tim lawan, karena inilah Balmond sering sekali dipakai saat ranked mode karena kemampuannya dalam mengamankan lord dan turtle tidak (belum) ada yang bisa menandingi sampai saat ini.
  • Pertahanan yang sangat tinggi, selain regenerasi yang tinggi, Balmond juga memiliki defense yang tebal, membuatnya menjadi hero tank fighter yang sangat ideal dalam permainan.
  • Ideal disemua phase dan mudah digunakan, Balmond adalah hero yang sangat stabil dan ideal pada semua phase, terlebih hero ini sangat mudah dimainkan, jadi tidak heran kalau hero ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk para newbie yang bermain di ranked/draft mode.

Kekurangan Balmond:

  • Tidak memiliki CC, sebagai tanker rasanya tidak lengkap kalau tidak dibekali skill crowd control untuk mensupport tim saat war 5 vs 5, kekurangan utama Balmond adalah tipe hero ini sangat polos yaitu hanya murni memberikan damage dan tahan badan saja sepanjang permainan. Jadi usahakan saat menggunakan hero ini pada tim sudah terdapat hero CC lain seperti Saber atau Aurora.
  • Minim mobilitas, karena sifatnya yang polos hanya murni maju mundur baik saat menyerang maupun bertahan, maka hero ini sangat mudah untuk dicounter dan diatasi, cukup mudah untuk kabur/menghindari Balmond dalam pertempuran, dan hero ini juga mudah sekali dibatasi gerakannya dengan menghalangi arah skill 1 nya supaya ia tidak bisa kabur.

Balmond tips item build:

tips item build hero balmond

  • Kurang lebih item build Balmond hampir sama seperti tips item build Chou.
  • Item build pada baris pertama adalah build hybrid tank semi fighter, dengan build ini Balmond akan mendapatkan healing yang besar baik dari skill pasif maupun efek item Bloodlust Axe, selain itu ia juga bisa memberikan damage yang besar karena memiliki 1 item attack (Bloodlust Axe), damage 1,5% dari max HP (Cursed Helmet) dan reflect damage sebesar 25% dari basic attack musuh (Blade Armor).
  • Build item Balmond sebenarnya cukup fleksibel, karena itu cobalah bereksperimen dengan berbagai build supaya kamu bisa memaksimalkan potensi hero ini sesuai dengan gaya dan cara bermainanmu. Ane pribadi lebih sering menggunakan item build pada baris kedua dan ketiga.
  • Build item baris kedua biasanya digunakan saat menghadapi 2-3 mage (magic damager) pada tim lawan, sedangkan build item baris ketiga digunakan saat hanya terdapat 1 mage.

Battle spell yang paling cocok untuk Balmond adalah Petrify dan Flicker.

battle spell petrify saberGunakan Petrify guna mengantisipasi kekurangan terbesar Balmond (ga punya skill CC), dengan spell ini lengkaplah role Balmond sebagai tanker yang baik.

chou battle spell flicker guidePakai Flicker kalau kamu mau main aman (untuk kabur/escape), selain itu Flicker juga berguna untuk mengejar lawan yang berusaha kabur. Ingat kekurangan kedua Balmond selain CC adalah minimnya mobilitas karena itu spell ini jelas akan sangat membantu dalam permainan, selain itu Flicker juga bisa dikombinasikan dengan skill ultinya supaya lawan terkejut dan tidak sempat bereaksi menghindar.

Untuk emblem kita bisa gunakan Physical atau Tank emblem.

Balmond sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero tank
  • Karina
  • Natalia
  • Helcurt

Balmond cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  • Fanny
  • Chou
  • Kagura
  • Harley
  • Odette
  • Karrie
  • Irithel

Kombinasi ultimate – Flicker:

Kita bisa mengkombinasikan skill ulti dengan Flicker, jadi gunakan skill ultimate dan dengan cepat sebelum kapaknya menyentuh tanah kita sudah harus menggunakan Flicker dan mengarahkannya ketempat yang diinginkan. Trik ini harus dilakukan dengan cepat sama seperti kombinasi ulti flickter Ruby, jadi tangan kita harus siap dan cepat mengarahkan skill ulti dan flicker ketempat yang benar. Cobalah latihan menggunakan teknik ini di custom mode terlebih dahulu, lama-lama kamu akan terbiasa jika sudah sering latihan.

Contohnya seperti cuplikan berikut:

kombinasi skill balmond mobile legendsTips & trik hero guide Balmond:

  • Sebaiknya build hero ini sebagai full tanker karena potensinya akan jauh lebih maksimal dalam permainan.
  • Saat mengejar musuh yang berusaha kabur, usahakan gunakan skill 1 untuk mengenai (menabrak) lawan supaya gerakan musuh terhambat (ada efek stop sesaat dan slow down), dan sebaliknya jika agan sedang berusaha kabur maka arahkan skill 1 untuk menghindari supaya tidak kena musuh supaya gerakanmu tidak terhenti, atau kalau sedang kabur dari 1 vs 1 kamu bisa sengaja tabrak dulu dengan skill 1 untuk memperlambat gerakannya dan kabur (walau sebenarnya lebih baik langsung kabur saja).
  • Untuk hero Balmond lebih baik matikan “Hero Lock Mode”, jadi hero lock off supaya tidak menganggu saat permainan, karena semua serangannya jarak dekat maka lebih baik main dengan auto lock saja tapi kalaupun kamu tetap mau gunakan hero lock juga tidak masalah.
  • Sebagai tanker tanpa skill CC, usahakan untuk engage bersama tim, jangan asal maju sendirian karena musuh dapat dengan mudah mengabaikanmu dan menyerang teman-teman dibelakang, selalu posisikan diri untuk menghadang musuh agar tidak menerobos/menyerang hero mage dan markman dalam tim agan.
  • Saat sedang menyerang lord/turtle selalu simpan skill ulti untuk mengamankan/secure killing, dengan skill ini lord/turtle sudah pasti 100% menjadi milik tim kamu.
  • Jangan gunakan ulti pada lawan yang darahnya masih penuh, kesalahan player newbie yang sering ane lihat adalah menyerang menggunakan ultimate saat darah musuh masih diatas 50-100%, padahal true damage nya hanya akan besar kalau darah musuh tinggal sedikit, sebaiknya simpan saja skill ulti untuk digunakan pada lawan yang HP nya berada dibawah 40%.
  • Rajin-rajinlah tonton video pro Balmond user di YouTube atau live streaming para top playernya.

Akhir kata semoga video gameplay ini bisa memberi sedikit gambaran bagaimana cara menggunakan Balmond dengan baik dan benar. Semoga tutorial ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: