Tips Cara Menjadi Orang yang Lebih Sukses Dari Sekarang

Bagaimana cara supaya bisa menjadi orang yang lebih sukses dari diri saya yang sekarang? Adakah tips untuk mengembangkan diri lebih baik lagi agar saya semakin termotivasi untuk bekerja keras dan semakin sukses? Sebenarnya untuk menjadi pribadi yang lebih berhasil Anda tidak perlu melakukan banyak hal-hal luar biasa, Anda cukup menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang cenderung tidak produktif sekarang juga, berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Berhenti membaca artikel, seminar, dan blog-blog motivasi sepanjang hari, fakta bahwa Anda sekarang sedang membaca artikel ini merupakan bukti bahwa Anda sedang menghabiskan waktu untuk menunda-nunda pekerjaan REAL yang seharusnya Anda kerjakan. Motivasi memang bagus dan penting jika Anda sedang membutuhkannya, tapi sebagian besar orang menggunakan motivasi bukan untuk menjadi produktif/bersemangat, melainkan sebagai pelarian untuk menunda dan mencari-cari alasan untuk tidak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan.
  • Berhenti mencari-cari tujuan hidup atau tujuan-tujuan bullshit lainnya selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan, it’s ok kalau Anda tidak memiliki tujuan apapun dalam hidup ini, yang terpenting adalah mulailah melakukan apa saja yang bisa Anda lakukan sekarang (sekecil apapun itu), kalau Anda baru lulus sekolah dan bingung ingin kerja/berkarir dimana, mulailah cari 1 pekerjaan apapun yang bisa Anda jalani sekarang, jangan banyak bertanya-tanya apakah ini pilihan yang tepat atau tidak, Anda akan tahu semuanya saat Anda melakukan bukan saat Anda berpikir/mempertanyakannya.

Dengan melakukan 2 hal simpel diatas sebenarnya Anda sudah menjadi orang yang lebih sukses dari diri Anda yang sebelumnya, namun saya ingin menambahkan beberapa hal penting yang sering dilakukan oleh orang yang sedang termotivasi atau terlalu bersemangat dalam hidupnya, yaitu:

Jangan asal nekat “meloncat”

Saya ingin share sedikit pengalaman pribadi saya, dulu saya sering sekali membaca artikel dan buku tentang motivasi dan entrepreneurship, kisah-kisah sukses para pengusaha muda membuat saya terbakar untuk memulai usaha saya sendiri sedini mungkin, akhirnya saya yang saat itu sedang bekerja di perusahaan main asal berhenti (resign) untuk memulai bisnis online secara random (artinya saya belum tahu akan membuat bisnis apa), yang terjadi adalah selama 1 bulan saya malah tidak melakukan apapun karena bingung ingin berbisnis apa, saya tahu bahwa saya akan berbisnis online atau apapun yang berhubungan dengan internet, tapi saya betul-betul blank tidak tahu ide/konsep apa yang harus di eksekusi dan kalaupun ada juga bingung mulai darimana.


Akhirnya saya mencoba-coba berbagai jenis usaha online mulai dari PTC, affiliate, reseller, dropship, dan menghabiskan banyak sekali waktu untuk sedikit sekali hasil, kalau dipikir-pikir seharusnya saya tetap bekerja saja di kantor dan menjalani bisnis online sebagai sampingan/usaha kecil-kecilan, setelah luntang-lantung ga jelas selama 1 tahun dan mencicipi berbagai bisnis online (dan gagal), akhirnya saya putuskan untuk kembali bekerja di kantor dan membuat bisnis online di waktu luang (blog ini termasuk bisnis sampingan tersebut).

Yang ingin saya sampaikan adalah terkadang kita ingin keluar dari zona nyaman dan melakukan perubahan besar dalam hidup namun caranya salah, jangan tiba-tiba memotong semua kenyamanan dalam hidup Anda dan memasuki daerah rintangan tanpa adanya persiapan dan jaminan keamanan, saya cukup beruntung setelah gagal berbisnis masih bisa diterima lagi bekerja di kantor (karena masih muda), namun bagaimana kalau saat itu tidak ada yang mau menerima saya? Bisa-bisa saya mati kelaparan atau terpaksa meminta uang pada keluarga.

Jujur sayapun sedikit menyesal karena asal bertindak tanpa pikir panjang, hanya karena “suntikan motivasi” sesaat dari sebuah buku saya melakukan banyak hal bodoh, kenyataannya apa yang kita inginkan dan tujuan hidup bisa berubah-ubah setiap saat, jadi janganlah melepas apa yang sudah ada hanya untuk mengejar 1 tujuan yang saat ini kita anggap penting karena mungkin pada akhirnya itu tidaklah sepenting apa yang Anda kira, tetaplah nikmati segala kenyamanan dan berkat yang ada dalam hidup Anda, melangkahlah secara perlahan dan “bertahap” untuk mencoba hal-hal baru diluar zona nyaman Anda, dan kalau saatnya tepat barulah Anda bisa “meloncat” kepada pilihan yang lebih baik.

Now, the real question:

Bagaimana cara supaya saya bisa menjadi orang yang lebih sukses dari yang sekarang?

1. Pikirkan tentang apa yang benar-benar Anda inginkan dalam hidup ini

Cukup pikirkan saja dan jangan terlalu banyak menganalisa/berpikir, bayangkan saja apa yang memang ingin Anda lakukan, pengalaman apa yang ingin Anda rasakan, bidang apa yang ingin Anda kuasai, pekerjaan apa yang merupakan mimpi Anda sejak dulu.

2. Gunakan metode reverse engineering

Hampir segala tujuan dan masalah bisa diselesaikan dengan metode reverse engineer (analisa terbalik). Mengikuti rekam jejak dari orang yang sudah sukses (dalam bidang/hal yang Anda juga inginkan) adalah salah satu cara terbaik untuk memulai, cobalah ikuti jejak tokoh yang menginspirasi Anda, bagaimana cara mereka memulai, bukan berarti Anda harus meniru kehidupan/gayanya, tapi kita bisa meniru pola dan mindset yang dimiliki orang lain untuk menuntun kita di awal perjalanan menuju kesuksesan.

3. You define your own success

Anda sendiri yang menentukan apa itu “sukses”, kesuksesan Anda tentu akan berbeda dengan kesuksesan orang lain, jangan biarkan kekayaan, kemewahan, kepopuleran, keromantisan cinta, konsep sukses dan kehidupan orang lain menjadi penentu standar kesuksesan Anda, karena pada akhirnya tidak ada kesuksesan yang berarti kalau Anda sendiri tidak bisa menikmatinya, jadi kejarlah apa yang memang betul-betul berharga (value) dan layak diperjuangkan dalam hidup Anda.

4. Mulai dengan langkah kecil

Banyak orang memikirkan konsep yang salah saat ingin melakukan perubahan dalam hidupnya, mereka berpikir kita harus mengambil langkah besar dan melakukan tindakan masif untuk membuat perubahan, namun faktanya semua perubahan besar dimulai dari tindakan-tindakan kecil yang dilakukan dengan konsisten, apa yang jauh lebih penting daripada tindakan sesaat adalah kebiasaan.

Mulailah merubah kebiasaan diri Anda terlebih dahulu, jika Anda ingin menjadi blogger mulai biasakan diri mencari ide dan menulis, jika Anda ingin kurus mulai biasakan diri berolah raga dan diet, terlihat simpel tapi disinilah banyak orang gagal melakukannya.

5. Tahu kapan harus berhenti

Menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak menghasilkan/berguna secara konsisten adalah cara terbaik untuk memastikan diri Anda gagal dan menyesal di masa depan, setelah mengambil beberapa langkah Anda harus diam sejenak, renungkan apa hasil yang Anda dapat, apa progress yang telah Anda raih, apakah proses yang ada benar-benar berguna untuk mencapai tujuan Anda?

Yang tidak kalah penting lagi adalah tahu kapan harus rehat dan slow down, terlalu ambisius dan bersemangat malah akan mempercepat tubuh kita kehilangan energi, sayapun dulu begitu saat pertama kali membuat bisnis toko online, saya habiskan 2 minggu pertama dari pagi sampai malam tanpa istirahat, saking semangatnya saya tidak berhenti kerja sedikitpun paling hanya makan dan tidur sampai akhirnya badan dan pikiran terasa sakit dan dalam beberapa hari berikutnya saya tidak bisa bekerja karena terlalu lelah.

Jagalah tubuh dan pikiran Anda karena semua akan percuma kalau kesehatan yang menjadi korbannya, jadi istirahatlah sejenak, pulihkan diri, dan bekerja kembali.

6. Selangkah lagi

Jika Anda sudah yakin berada di jalan yang tepat namun tujuan Anda terasa sangat jauh dan tak mungkin tercapai, ingat kunci suksesnya adalah “selangkah lagi”, kapanpun Anda merasa gagal dan ingin menyerah selalu ingat kesuksesan Anda tinggal selangkah lagi, teruslah melangkah karena sebenarnya Anda bisa melangkah lebih jauh dari apa yang Anda bayangkan.

Jadi janganlah memboroskan energi dan pikiran Anda setiap hari dengan bekerja terlalu cepat, namun ambillah langkah kecil yang ditenagai dengan konsistensi (selangkah dan selangkah lagi) sehingga kemampuan Anda untuk bertahan dan menghadapi kesulitan akan semakin baik.


Related Post: