Tips Cara Menggunakan Internet Dengan Baik dan Benar Secara Positif

Assalamualaikum admin Solusik, saya adalah generasi zaman old, internet menjadi hal yang sangat menakjubkan bagi saya sekaligus membingungkan karena banyak sekali yang saya tidak paham dengan dunia maya. Selama ini saya menggunakan internet hanya untuk mencari informasi, gimana ya admin agar saya bisa menggunakan internet lebih dari sekedar tempat mencari informasi?

Menurut saya ada 3 jenis pengguna internet, yaitu:

  1. Mereka yang menggunakan internet sebagai tempat mencari hiburan dan informasi
  2. Mereka yang menggunakan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari
  3. Mereka yang menggunakan internet untuk mencari uang (kerja/bisnis online)

Tipe pertama adalah netizen pada umumnya, menggunakan internet untuk hiburan semata, main sosial media, googling sesuatu, nonton YouTube, dan mencari informasi, untuk tipe kedua adalah mereka yang sedikit lebih advance menggunakan internet/teknologi untuk membantu kehidupannya seperti belanja online, pesan driver online, pakai mobile/internet banking, beli paket data/internet dan bayar listrik/air/dll secara online. Tipe ketiga adalah mereka yang menjadikan internet sebagai peluang usaha dan kerja (contoh seperti yang saya lakukan di blog ini), tipe ini mungkin sudah menjadikan internet sebagai rumah kedua karena setiap hari berkutat dengan dunia online dan perkembangannya.

Mungkin sekarang Anda termasuk tipe yang pertama, kalau Anda mau menggunakan internet lebih dari sebagai tempat mencari informasi, maka saran saya cobalah temukan peluang di internet yang bisa Anda kerjakan sekarang, entah itu jualan online, menulis, membuat video tutorial, dll. Sebenarnya menggunakan internet sebagai tempat mencari informasi juga sudah cukup baik, Anda bisa mencari sesuatu di internet dan mengaplikasikannya kedalam dunia real misal seperti Anda mencari informasi “cara memperbaiki HP yang rusak karena …” dan setelah itu Anda mengerti seluk beluk cara memperbaikinya tanpa harus membawanya ke tukang service.


Yang jadi pertanyaan adalah apakah Anda menyukai dunia online ini, karena peluang di internet dan dunia offline bisa jauh berbeda, sesuatu yang kecil/remeh bisa terlihat besar di internet, begitupun sebaliknya sesuatu yang besar bisa menjadi kecil dan tidak relevan di dunia maya. Saran saya kombinasikan sesuatu yang Anda sukai entah itu passion Anda, bakat Anda, atau apapun yang menarik bagi Anda dan cobalah untuk menjualnya di internet. Anda suka dunia motor? Cobalah membuat blog tentang motor atau motovlog di YouTube, atau Anda bisa jual beli spare part secara online.

Kalaupun Anda tidak suka/tidak mau berkutat di dunia bisnis online, Anda tetap bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi apapun yang berguna untuk membantu Anda di dunia nyata, hal terbaik dari zaman internet ini adalah kita sudah diberkahi informasi & pengetahuan tanpa batas dan semuanya bisa diakses asalkan kita niat mencari, namun semua tetap kembali pada individu masing-masing, apakah kita mau memanfaatkan semua sumber daya internet ini dengan baik atau menyia-nyiakannya, jaman dulu kalau kita mau belajar ternak lele, service komputer, atau programming kita harus belajar dari buku atau bahkan kuliah, sekarang semua bisa kita pelajari gratis di internet, jadi tinggal masalah tujuan dan niatnya saja.

Memang biasanya generasi tua (jaman old) tidak begitu suka dengan teknologi, saya ngajarin orang tua saya pesan Gojek saja susahnya minta ampun, bahkan terkadang mereka tahunya kalau internet itu cuma Facebook, tapi mau tidak mua semua aspek kehidupan kita akan tersentuh teknologi dan kita harus terus mengikuti perkembangan jaman, bagi saya internet dan teknologi bukan lagi pilihan melainkan MASA DEPAN yang pasti, jadi biasakan diri kita dengan perubahan dan teruslah beradaptasi.

Baca juga: Peluang usaha yang bisa dikerjakan dengan modal kecil


Related Post: