Tips Cara Mengatasi & Menghilangkan Lag di Mobile Legends

Semua player ML pasti sering banget frustasi kalau lagi main Mobile Legends tiba-tiba terjadi lag/eror apalagi pas sedang push rank, padahal udah beli kuota/paket internet yang mahal tetep aja bisa ngelag, ada banyak faktor kenapa kita bisa nge-hang saat main, ada karena faktor sinyal dari provider sim/wifi yang kita pakai, ada juga karena faktor server Moonton/ML yang sedang bermasalah, atau faktor HP/smartphone kita yang emang mentok (biasanya masalah RAM yang overload).

Disini ane ingin memberikan tips beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya lag/gangguan saat kita sedang asik bermain, inilah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari dan menghilangkan kemungkinan terjadi eror/lag saat kita sedang bermain:

– Pilih kualitas sinyal (koneksi stabil) bukan seberapa cepat speed internet kita

Memang punya speed download internet yang kenceng membuat kita dapat dengan mudah browsing apapun dengan cepat, tapi untuk urusan bermain game online speed tidak terlalu penting, pengalaman ane dengan speed 1 MBPS pun ane bisa bermain Mobile Legends tanpa adanya lag sama sekali dan ping tetap hijau lancar jaya sepanjang permainan, yang jauh lebih penting adalah koneksi internet (sinyal wifi/mobile data) kita tidak terputus-putus atau lemah, karena inilah yang sebenarnya sering menyebabkan lag pada permainan.


Jadi jangan asal pake sim card/GSM yang speed nya cepet banget tapi sinyalnya suka hilang dan lemah, mendingan pakai provider yang biasa aja (ga cepet-cepet amat) tapi sinyalnya lancar, biasanya pakai wifi lebih terjamin (dan bakal lebih terjamin kalau kita punya cadangan wifi dan mobile data) walaupun kadang bisa juga terganggu apalagi saat hujan, utamakan kualitas dan stabilitas sinyal ketimbang kecepatan internet semata.

Cara terbaik untuk mengetest ping dan seberapa lancar kita bermain di dalam game adalah dengan mengetest di bagian setting, kita bisa pilih di bagian paling bawah “network detection” untuk mengetahui status jaringan kita dan seberapa lancar kita akan bermain di dalam permainan.

tips cara mengatasi hang ngelag mobile legendsSebaiknya hindari bermain kalau ping kita merah/tinggi karena sudah pasti bakalan nge-hang dan putus-putus saat bermain, inilah gunanya network test supaya kita bisa tahu seberapa lancar ping kita saat bermain, jadi kalau kamu lagi ga yakin dengan kondisi sinyal wifi/kartu seluler data kamu sebaiknya lakukan network detection di bagian setting.

Selain itu kita juga bisa aktifkan “speed mode” di bagian setting, walaupun ini akan menguras data/kuota lebih banyak tapi fitur ini berguna untuk meminimalkan terjadinya lag dan gangguan sinyal yang ada.

trik cara menghilangkan eror mobile legendsTerkadang jika kita masih tetap lag saat menggunakan speed mode ini akan muncul notifikasi untuk mematikan fitur ini, karena dalam beberapa kasus (kalau sinyal kita memang lagi parah) speed mode ini malah akan memperlambat kinerja/performa game kita menjadi semakin tidak stabil, jadi matikanlah fitur ini kalau memang muncul opsi/disarankan oleh sistem untuk mematikannya.

– Pahami batasan kemampuan memori dan RAM smartphone kita

Berapa RAM dari HP kamu? Apakah cukup kuat untuk menjalankan aplikasi game Mobile Legends? Biasanya untuk smartphone Android dibutuhkan RAM minimal 2 GB untuk bisa bermain ML dengan lancar (kualitas grafik rendah), saat bermain sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

  • Tutup aplikasi-aplikasi background dan notifikasi app lain yang ada.
  • Disarankan saat bermain buka 1 aplikasi game ini saja (jangan buka aplikasi lain bersamaan).
  • Set grafik image ke tingkat rendah dan matikan efek-efek grafis yang tidak penting di setting.
  • Pastikan HP tidak panas saat dimainkan karena jika smartphone sudah overheat/kepanasan (tidak tahan lagi) tiba-tiba game akan crash/keluar sendiri, sebaiknya juga kita main di ruangan yang sejuk.
  • Matikan fitur yang tidak/jarang dipakai seperti voice chat dan terjemahan (bahkan fitur chat kalau kita tidak menggunakannya).
  • Kalau kamu mau merekam gameplay Mobile Legends di HP mu, sebaiknya gunakan smartphone yang RAM nya minimal 3 GB (Android), berdasarkan pengalaman ane dulu menggunakan smartphone RAM 2 GB saat menjalankan game ML dan aplikasi perekam bersamaan malah terjadi crash (karena tidak kuat).

Settingan graphic yang ane sarankan buat kamu yang RAM nya pas-pasan adalah seperti berikut:

tips cara mengatasi lag mobile legendsVibration (efek getar) juga bisa kamu matikan kalau kamu tidak menginginkannya, ingat semakin banyak fitur/setting yang kita gunakan akan mempengaruhi performa memori smartphone kita, jadi seimbangkanlah antara kapasitas handphone mu dengan fitur-fitur yang ada.

Selain itu kita juga bisa menurunkan brightness (tingkat kecerahan layar) HP kita supaya tidak terlalu boros baterai dan cepat panas (termasuk volume suara), lalu yang tidak kalah penting ceklah resource download game kita apakah sudah yang paling update, karena jika sedang ada update dan kita belum mendownload versi terbarunya di Google Play Store atau App Store biasanya akan terjadi lag dalam game.

Hindari penggunaan VPN karena jika kita bermain di server negara yang berbeda (sedangkan kitanya di Indonesia) bisa dipastikan kamu akan mengalami lag (kendala beda server), lalu kadang kita bisa mendapatkan lag saat bermain melawan player dari server negara lain (walaupun kita tidak menggunakan VPN dan main di server sendiri).



Itulah tips bagaimana cara mengurangi, menghindari dan mengatasi masalah lag yang sering terjadi di dalam game Mobile Legends, ini baru faktor internal yang bisa kita kontrol, kadang ada beberapa faktor eksternal yang di luar kendali kita seperti server ML yang memang sedang down, kalau ini terjadi kita tidak bisa melakukan apa-apa (ya pasrah saja), untuk kasus ini lebih baik kita berhenti main sejenak sampai setidaknya server pulih kembali atau ada pemberitahuan lebih lanjut dari Moonton.


Related Post: