Tips Cara Main Mobile Legends di Ranked Mode dan Menang Terus

Kali ini ane ingin memberikan tips panduan cara bermain Mobile Legends yang menurut ane baik dan benar sepanjang pengalaman ane memainkan game ini, ane sendiri bukan seorang top global atau pro hero tertentu, tapi setidaknya ane pernah 2 kali menjadi top 1 lokal diserver ane dengan solo queue (main sendiri tanpa bantuan tim/squad), tips ini tentu tidak akan berlaku sepanjang masa mengingat setiap minggunya akan selalu ada update entah perubahan sistem, hero, nerf/buff, dan update hero baru, jadi tips yang ane berikan disini mungkin hanya berlaku untuk jangka pendek saja dari saat tulisan ini dibuat (season 7).

Kabar baiknya adalah season 7 ini merupakan musim yang kalem karena tidak banyak player yang protes untuk minta nerf dan buff hero tertentu yang artinya hero-hero yang ada sudah mulai balance walau masih ada beberapa yang sedikit OP, pada season ini juga masing-masing role kebagian jatah tidak seperti season sebelumnya (season 6) yang cenderung didominasi oleh para mage, jadi kompisisi permainan akan lebih seimbang dan kerja sama tim akan semakin diperlukan untuk memenangkan pertandingan.

Disini ane akan bahas bagaimana cara supaya bisa menang terus di ranked mode (draft pick) sampai Mythical Glory entah itu bersama tim/squad maupun solo queue (solo rank), hal pertama yang harus kita perhatikan adalah keadaan dan meta yang ada pada permainan.

Untuk rank Epic keatas (draft mode), biasanya ada 2 hero yang selalu kena ban yaitu Kagura dan Akai. Kagura jelas selalu diban karena hero ini cenderung OP dan tidak terlalu sulit digunakan seperti Fanny, Akai juga sering diban karena hero tank ini memiliki damage yang tinggi (terutama pada early game) dan crowd control terbaik dibanding hero-hero lainnya.


Biasanya urutan daftar hero yang selalu diperebutkan pada ranked mode (draft):

  1. Kagura (auto ban hero)
  2. Akai (auto ban hero)
  3. Balmond
  4. Lancelot

Balmond biasanya akan langsung dipick pertama kali (kalau Akai & Kagura tidak diban) karena ia memiliki skill ultimate untuk secure killing lord dan turtle. Lancelot juga sering diperebutkan karena masih tetap OP walau sudah di nerf berkali-kali.

Strategi pick hero

Saat pertama kali masuk ruang pick, perhatikan posisi kita apakah tim kita yang pertama kali ngeban atau musuh, kalau kita yang pertama kali ngeban maka tanya pada player yang paling atas (s1) apakah mereka memiliki Akai atau Kagura, kalau mereka punya dan mau ngambilin duluan maka biasanya strategi yang digunakan adalah dengan ban Diggie (karena Diggie adalah counter terbaik Akai), jadi setidaknya tim kita akan mendapatkan Kagura atau Akai (biasanya Akai), tapi terkadang ada juga musuh yang tidak ngeban hero apapun supaya mereka juga bisa dapat Kagura atau Akai, normalnya orang-orang akan memprioritaskan Kagura dibanding Akai, tapi semua tergantung kemampuan masing-masing player dan tim.

Komposisi tim (role hero)

Untuk komposisi yang sering ane temukan sekarang adalah 2 tank, 1 assassin, 1 marksman, dan 1 mage. Jadi biasanya akan ada 2 hero tanker (antara full tank dan fighter semi tank), 1 marksman, dan sisanya kombinasi antara mage, assassin, dan fighter.

Ane sangat menyarankan agan menguasai setidaknya 2 jenis tank (atau fighter semi tank seperti Chou dan Ruby), lalu 1 atau 2 marksman, dan 1 fighter/mage. Ane sendiri adalah seorang pecinta assassin tapi ironisnya sangat jarang menggunakan assassin pada ranked mode karena harus ngalah dengan tim yang sudah pick assassin (maklum assassin memang merupakan salah satu role favorit).

Seringkali kita tidak akan mendapatkan hero yang sejak awal kita ingin gunakan karena antara sudah di pick musuh atau teman sendiri, karena itu prioritaskan kemenangan dan komposisi tim, karena percuma pakai hero favorit kalau ujung-ujungnya kalah karena tim yang tidak seimbang, biasanya hero tanker merupakan role yang jarang digemari karena itu belajarlah menguasai setidaknya 2 hero tank/semi tank untuk membackup tim agan.

Output physic dan magic damage

Selain memperhatikan role yang ada, lihat juga bagaimana output damage dari tim kamu, apakah kamu punya physical damager dan magic damager, kalau tim kamu hanya terdapat hero burst damage physic saja maka tank lawan akan dengan mudah membackup timnya dengan build item full defense physic armor, walau kadang ada juga tanker yang tidak bisa menyeimbangkan antara armor physical dan magical defense, namun dengan memiliki 1 burst damage physic dan 1 burst damage magic agan sudah berhasil memecah konsentrasi defence armor tank lawan dan mengurangi pertahanannya.

Crowd control

Kesalahan yang masing sering ane lihat terutama pada tier Epic kebawah adalah kebanyakan player tidak peduli soal skill CC (crowd control), mereka hanya akan pick hero-hero carry pure burst damage seperti Alucard, Irithel, dan Karina. Burst damage memang penting untuk bisa menghabisi tim lawan dengan cepat, tapi sekuat apapun damage yang ada akan percuma kalau timmu tidak sempat mengeluarkan skill/damage karena kena crowd control dan mati.

Dalam kondisi tim war 3 vs 3 atau 5 vs 5 bisa dipastikan mereka yang tidak memiliki skill CC akan kalah (kecuali musuhnya gabisa main), contoh hero-hero CC yang baik seperti:

  • Aurora, Saber, Ruby, Nana, dan Diggie.
  • Akai, Franco, Gatotkaca, Tigreal, dan Minotaur.

Idealnya dalam 1 tim terdapat setidaknya 1 hero CC (lebih bagus lagi kalau 2), sisanya baru burst damager dan pusher.

Hero phase

Selain memperhatikan komposisi dan skill hero yang ada, kita juga perlu memperhatikan kekuatan masing-masing hero pada tiap phase, ada hero yang cenderung kuat/OP diawal permainan (early game) dan ada hero yang cenderung mendominasi diakhir permainan (lage game).

Biasanya hero-hero late game itu seperti marksman dan fighter burst damage, sedangkan hero-hero early game adalah assassin dan mage, tank biasanya ideal disemua phase.

Berikut ini contoh hero yang sangat OP diawal permainan (early game):

  • Saber, Fanny, Hayabusa, dan Lancelot.
  • Akai, Minotaur, dan Grock.
  • Balmond, Hilda, dan Chou.
  • Cyclops, Harley, Zhask, Pharsa, dan Yi Sun-shin.

Contoh hero-hero yang OP dan mendominasi diakhir permainan (late game):

  • Semua hero marksman (terutama Irithel).
  • Zilong, Roger, dan Natalia.

Jika pada tim agan terdapat hero-hero early game atau pada lawan terdapat hero late game seperti Zilong dan Irithel maka sangatlah bijak untuk menyelesaikan game secepat mungkin dan push tower secara agresif, karena sangat mudah untuk epic comeback menggunakan hero-hero late game pada menit-menit terakhir, atau sebaliknya jika tim agan sedang kalah score dan tower tapi terdapat hero game maker (late game) maka cobalah bertahan sebaik-baiknya, main aman dan ulur waktu dengan terus farming/defense sehingga bisa membalikkan keadaan nantinya.

Formasi lane

Normalnya formasi yang digunakan saat bermain adalah 2-1-2 (2 di lane atas, 1 tengah, 2 dibawah), tapi kalau kita memiliki hero split pusher yang baik maka tidak ada salahnya menggunakan formasi 3-1-1, hero split push biasanya memiliki kemampuan 1 vs 1 yang baik, mobilitas yang tinggi, serta burst damage yang cepat, contoh hero yang baik untuk menggunakan formasi 3-1-1 (push lane sendirian):

  • Hayabusa
  • Fanny
  • Lancelot

Lalu ada juga hero pencuri tower yaitu mereka yang biasanya diam-diam menyerang sendiri tower musuh yang sedang kosong, khusus hero ini mereka harus bisa lari cepat (supaya tidak kena gank musuh) dan burst damage yang cepat untuk menghancurkan tower, contoh hero pencuri tower yang baik adalah:

  • Natalia
  • Zilong
  • Fanny

Manfaatkanlah kemampuan hero split push dan pencuri tower dalam permainan, mereka akan sering menjadi game maker dan membawa kemenangan pada tim (atau sebaliknya malah jadi feeder), gunakan strategi ini kalau memang yakin agan atau tim agan mampu melakukannya dengan baik.

Jangan banyak komen

Sejauh ini berdasarkan pengalaman ane seringkali berkomentar tidak membawa pengaruh positif apapun pada tim, malah kadang ada orang yang sensitif padahal maksudnya mau kasih saran/opini malah dikira menghina/sarkas dan dibacotin balik. Coba komen dengan nada yang santai saja supaya tim juga jadi gak baper kalau mereka mainnya lagi jelek karena biasanya orang yang dibacotin ujung-ujungnya AFK (sengaja AFK), lebih baik move on terima tim apa adanya dan main sebaik mungkin.

Tower, Turtle, Lord

Kalau kita melihat gameplay pada squad-squad top atau tim pro player mereka pasti akan lebih memfokuskan diri pada ngancurin tower, bunuh turtle dan lord, sebaliknya kalau player yang masih awam apalagi main sendirian (solo queue) biasanya cuma mentingin kill dan farming, saat turret mau hancur diserang musuh malah tetap ngutan, atau maksa ngejar musuh yang sekarat sampai dalam tower lawan padahal udah ga kekejar lagi (mukil).

Prioritas kita dalam permainan adalah kemenangan tim, bukan dapat MVP atau banyak-banyakan kill, jadi cobalah lebih memperhatikan map awareness dan prioritaskan turret terlebih dahulu.

Jangan nganggur

Maksudnya apa jangan nganggur? Kesalahan yang masih sering terjadi dalam permainan adalah banyak player yang bingung ga tau mau ngapain saat ditengah permainan, biasanya saat kondisi tower pertama baru hancur, mereka malah mondar-mandir lane atau planga plongo ga jelas, saat kita ga tahu mau ngapain maka opsi yang bisa kita lakukan adalah:

  • Farming/ngutan, bisa juga ngutan di area jungle musuh (ambil buff lawan).
  • Bersihin wave minion yang ada.
  • Bantu tim push di lane lain.
  • Bunuh lord/turtle.
  • Lanjut push ketower berikutnya yang lebih dalam.

Intinya adalah jangan pernah diam pasif ga ngapa-ngapain karena waktu terus berjalan dan agan akan semakin ketinggalan kalau kebanyakan nganggur/kebingungan.

Ada juga beberapa kesalahan fatal seperti tim yang malah ngutan saat musuh pada mati (bukannya push tower), atau malah nyerang lord saat tim lawan masih hidup semua.

Solo atau bareng temen?

Tentu jauh lebih baik main bareng teman atau squad karena kita bisa menyiapkan strategi dan kerja sama dengan baik dibanding main sama orang asing sendirian, tapi buat agan yang suka main solo rank seperti ane masih bisa menang asal mau ngalah dengan yang lain dan terutama sabar menghadapi berbagai situasi yang ada.

Baca juga:



Itulah beberapa tips bermain Mobile Legends yang bisa ane berikan berdasarkan pengalaman pribadi, tentunya semua hal diatas tidak mutlak 100% benar, mungkin ane juga salah, apalagi keadaan dan meta yang ada bisa berubah-ubah setiap saat.

Akhir kata semoga tips ini bermanfaat. Salam gamers.


Related Post: