Tips Cara Menjadi Seorang Top Global & Lokal di Mobile Legends

Apakah agan mau jadi seorang top global atau setidaknya top 1 lokal di server agan? Bagaimana cara menjadi top global dan lokal sendirian tanpa bantuan tim/squad di Mobile Legends, apakah mungkin? Menurut ane hampir mustahil rasanya bisa menjadi top 1 global (bahkan top 100 global) jika kita bermain sendiri tanpa teman alias solo queue, karena mereka yang diatas (top global) cepat sekali mengejar bintang setiap harinya bersama-sama dengan squad/teman mereka, bisa dibilang rasio kemenangan mereka 10:1 atau bahkan 20:1 jadi setiap 10 kali menang paling mereka hanya mengalami satu kekalahan, mereka bisa menang terus seperti itu karena sudah memiliki tim yang kompak, terlebih lagi mereka-mereka ini bisa bermain selama 20 jam lebih setiap hari dalam seminggu, jadi sebaiknya lupakan soal menjadi top global kalau kamu cuma main sendiri apalagi kalau ga punya waktu yang banyak untuk push ranked (ingat bro ini hanya game, jangan lupa kamu masih punya kehidupan diluar).

tips cara menjadi top global mobile legendsIni sudah ketiga kalinya ane menjadi top 1 lokal diserver ane dan semuanya hasil dari solo ranked tanpa bantuan tim ataupun squad, buat yang mau belajar tips solo rank dan cara ane bisa jadi top 1 lokal berturut-turut bisa baca versi sebelumnya diartikel berikut:

Sebelum ane bagikan cara menjadi top 1 lokal, ane ingin memberikan beberapa tips untuk agan yang mengincar posisi top global Mobile Legends, yaitu:

  • Untuk jadi top global (termasuk top global hero tertentu) agan perlu tim yang solid, biasanya para top global ini bermain dengan sesama top global lainnya, idealnya agan bisa main berlima atau minimal bertiga untuk mendapatkan kemenangan terus-menerus (win streak). Jadi selain punya kemampuan yang jago, agan juga harus punya teman yang pro, karena percuma sejago apapun agan tidak akan pernah bisa jadi top global tanpa bantuan teman/squad yang hebat.
  • Pastikan agan punya waktu yang banyak, sebenarnya ane tidak menyarankan main game ini sampai diatas 10 jam, ane sendiri biasanya main game ini hanya sekitar 10-15 game sehari (kurang lebih 2-3 jam) dan paling maksimal selama 5 jam, biasanya para top global ini push bintang bisa sampai 50 game lebih (hampir 24 jam sehari), bahkan beberapa player ada yang dalam 2 hari hanya tidur sekali jadi cuma istirahat 6 jam selama 48 jam, sisa 42 jamnya dipakai untuk push ranked.
  • Kuasai 2 hero dan mahirkan diri memainkan hero tersebut, kalau kita lihat history dan data statistik para top global mereka hanya menggunakan 1-2 hero saja yang mereka sudah sangat ahli dalam draft mode, karena mereka biasa main sama tim pastinya teman mereka akan mengamankan/pick hero jagoan mereka supaya tidak diambil musuh.

Menjadi top global bukanlah segalanya, memang ada benefit yang bisa didapat dengan menjadi top global seperti popularitas, gift dari penggemar (diamonds), live streaming yang ditonton banyak orang, agan juga bisa jadi youtuber gaming yang sukses dengan menjadi seorang top global dan bahkan sukses berkarir dalam dunia game karena mendapat kontrak dari berbagai tim e-sports. Namun tetap yang harus diingat selalu jaga kesehatan, kesehatan tubuh adalah prioritas, jangan sampai berlebihan memainkan game ini, sudah banyak kasus gamer yang sakit bahkan meninggal karena keseringan main game, pada akhirnya semua akan percuma kalau kesehatan yang menjadi korbannya.


Nah sekarang kita akan bahas cara yang masih lebih realistis untuk agan-agan yang main sendiri solo ranked seperti ane dan mau jadi top lokal diserver agan, bagaimana cara menjadi top 1 lokal secara solo?

Berikut ini tips-tipsnya:

Push bintang pada awal season tapi jangan terlalu awal

Baik menjadi seorang top global maupun top lokal pasti banyak yang berpikir untuk langsung main ranked sebanyak-banyaknya dan cepat naikin bintang karena diawal adalah yang paling mudah, namun sayangnya tidak, mengapa? Karena kemungkinan besar diawal kita akan bertemu mereka-mereka yang memang sudah bekas top player diseason sebelumnya, mereka ini justru akan semakin giat bermain pada awal season karena kesempatan menjadi yang teratas masih tidak terlalu sulit, jadi imbasnya kita akan sering bertemu para player-player e-sport, top squad, dan para player top global jika main terlalu dini diawal season.

Bahkan para player top yang sudah Mythical Glory masih sering ketemu tier Legend karena posisi Mythic masih sepi jadi terpaksa mereka di match dengan yang dibawah, jadi kalau tiermu adalah Epic keatas diawal season, sebaiknya tunggu sekitar 2 minggu baru main ranked lagi, biasanya para player dan squad top ini sudah mencapai Mythical Glory ratusan bintang dan hanya akan bertemu dengan sesama Mythic atau Mythical Glory lainnya.

Sebaliknya kalau agan menunggu terlalu lama sampai 1-2 bulan, bisa-bisa player yang diatas (top lokal server agan) juga sudah mencapai Mythic ratusan bintang dan semakin sulit bagi kita mendapatkan posisi top 1 local diserver sendiri.

Kuasai 2 hero yang ada dengan sangat baik

Cara terbaik untuk meningkatkan persentase kemenangan tentu adalah dengan menguasai 1-2 hero dan jadilah master dalam hero tersebut, namun jangan lupa untuk menguasai role hero lain (cadangan) untuk penyeimbang komposisi, ga harus jago banget yang penting bisa main tanpa menjadi beban, saran ane kuasai 2 hero kesukaan agan dengan baik dan siapkan 2 hero cadangan yang setidaknya cukup ok untuk berjaga-jaga kalau hero favorit kita diambil teman atau lawan.

Contohnya ane menguasai 2 hero seperti Saber dan Lesley sebagai hero utama, dan biasanya akan memakai Balmond, Chou dan Harley sebagai hero cadangan.

Menghadapi tim yang langsung AFK

Gunakan fitur early surrender jika kita mendapat teman/tim yang langsung afk pada awal permainan, syarat untuk bisa menggunakan fitur ini adalah kita harus memiliki 1 teman yang afk/leave pertandingan dari awal dan jangan sampai ada hero tim kita yang membunuh hero lawan, jadi sebaiknya begitu mendapat tim yang afk segera chat keteman-teman untuk berada di base saja selama 3 menit dan langsung surrender, dengan begitu pertandingan akan menjadi invalid dan kita tidak akan kehilangan bintang (hanya player afk dan leaver yang kehilangan bintang).

Selalu mau ngalah demi kemenangan

Namanya main solo pasti kita akan sering ketemu tim yang aneh-aneh, kadang ada yang pick sesuka hati dan kadang ada juga yang bisa kompak, terkadang kita juga bisa main jelek karena kesalahan sendiri, yang penting adalah selalu utamakan kemenangan tim daripada ego masing-masing, kita bisa lihat prioritas tim dari cara mereka mengambil hero apakah mereka tipe yang mengincar kemenangan tim atau cuma mempedulikan dirinya sendiri, kalaupun kita ketemu temen yang cenderung egois tidak ada salahnya kita mengalah daripada ribut dan bikin konflik sepanjang permainan.

Komunikasi

Saat awal pemilihan hero (selecting hero) segera bilang apa hero yang mau agan pakai supaya tidak terjadi miss balace dan komunikasi, kejadian yang sering bikin komposisi tim berantakan adalah karena player tim kita diam saja tidak info mau ambil hero apa, begitu hero yang dia mau pakai diambil malah ngambek atau pick sembarangan, jadi komunikasi itu penting, padahal tinggal pencet saja heronya dan tekan tombol suggest/pick supaya tim kita tahu hero apa yang mau kita gunakan.

Bermain sebaik mungkin walau dapat tim cacat

Performa kita dalam permainan entah itu menang atau kalah akan mempengaruhi ekstra star dan protection poin yang kita dapat, extra star akan memberikan kita bonus 1 bintang saat poinnya terisi penuh, protection point akan mencegah kehilangan bintang saat kita kalah, jadi dengan bermain sebaik-baiknya kita akan mempercepat proses kenaikan bintang, walau dapat tim yang afk tetaplah main dan jaga performa game, mungkin poin-poin ini terlihat kecil dan tidak ada artinya, tapi sebenarnya jika agan bermain cukup lama (apalagi sampai menjadi top 1 lokal) tentu performa ini akan sangat membantu secara jangka panjang.



Itulah tips dan cara yang bisa ane bagikan berdasarkan pengalaman pribadi ane menjadi top 1 lokal mulai dari season 5, 6, dan 7. Pada akhirnya ane main game ini just for fun, tidak ada ambisi untuk menjadi top global ranked atau top global hero tertentu (setidaknya sampai saat ini belum), kadang ane sendiri mainnya juga cacat, ngefeed, dan jadi beban, jadi belum tentu semua tutorial, saran dan opini yang ane bagikan disini 100% benar.

Akhir kata semoga tips ini bermanfaat dan selamat bermain 🙂


Related Post: