Tips Cara Mudah Belajar Digital Marketing Secara Gratis (No Jualan)

Bagaimana cara terbaik untuk belajar digital marketing dengan cepat dan gratis (free)? Mungkin Anda sudah sering mendengar berbagai nasihat tentang digital marketing, advertising, cara meningkatkan penjualan, SEO, sosial media marketing, dan bla.bla.bla ujung-ujungnya mereka malah jualan e-book/seminar/workshop, namun tenang saja disini saya tidak sedang jualan buku/ilmu karena Anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma hanya dengan membaca artikel-artikel disini.

Di akhir nanti saya akan berikan artikel yang lebih dalam untuk ilmu yang Anda sedang cari/butuhkan (khusus yang mau tahu lebih detail), saya ingin sampaikan dulu bahwa untuk menjadi seorang digital marketer yang handal Anda perlu 2 hal, yaitu:

  • Jangan terlalu mudah percaya dengan segala ilmu yang diajarkan oleh mereka yang mengaku pakar SEO, ahli pemasaran digital, dan expert-expert marketing lain (termasuk saya).
  • Jangan menghabiskan banyak waktu untuk membaca-baca artikel tentang online marketing, seminar/workshop tentang digital advertising/penjualan, dan ilmu-ilmu “basic” lainnya (termasuk artikel di blog ini).

Kenapa saya menyarankan hal tersebut? Karena saya pribadi telah menjalaninya dan melakukan kesalahan-kesalahan diatas selama bertahun-tahun di awal perjalanan bisnis online saya, alhasil saya mengalami banyak kegagalan dan membuang banyak waktu untuk hal yang tidak penting. Saya bukannya anti dengan “orang yang jualan ilmu marketing” walaupun memang kedengarannya aneh seorang pakar marketing menjual ilmu marketing pada sesama marketer lainnya (ibarat motivator jualan motivasi pada sesama motivator), dan biasanya apa yang mereka tawarkan sebenarnya sudah tersedia gratis di internet atau bahkan sudah menjadi pengetahuan yang umum, namun bagi Anda yang memang tetap ingin membayar untuk tahu lebih dalam lagi tidak ada salahnya mencoba beli buku atau ikuti seminar yang ada, disini saya hanya berikan opsi alternatif khusus bagi mereka yang memang ingin belajar tips digital marketing secara gratis dan lebih mudah.

Ketika saya memulai bisnis online di tahun pertama, saya banyak gagal, padahal saya sudah ikuti semua arahan para “pakar” atau orang yang mengaku suhu, master, guru besar, sampai dewanya digital marketing dan startup expert, namun semua tetap zonk berakhir dengan kegagalan, bahkan apa yang saya jalani pada prakteknya tidak sesuai sama sekali dengan teori-teori yang diajarkan.


Apa yang saya lakukan selanjutnya? Saya berhenti membaca blog/artikel tentang digital marketing, saya berhenti membaca teori-teori tentang bisnis online dan startup, saya melakukan hal yang paling penting yaitu “testing”. Saya tidak lagi terpaku dengan teori yang ada, tapi lebih menggunakan data dalam bertindak, contoh seperti saat saya menulis artikel di blog ini saya selalu menggunakan data di analitik untuk menganalisa mana konten yang memang sedang dicari visitor, keyword apa yang mereka ketik, kenapa artikel ini bisa viral (banyak share), kenapa artikel ini bisa banyak komen, dan saya selalu mencoba mencari peluang baru berdasarkan apa yang pembaca inginkan.

Ketika Anda berhenti membaca konten-konten marketing sampah/basi di internet dan menciptakan konten Anda sendiri, dari situlah sebenarnya kesempatan Anda muncul untuk menjadi orang yang benar-benar ahli dalam dunia digital marketing, pengalaman secara langsung melakukannya akan jauh lebih bernilai daripasa sekedar membaca teori-teori yang mungkin sudah kadaluarsa, teori mengatakan konten yang elegan dan berkualitas akan populer, tapi konten drama dan kontroversi malah lebih terkenal, teori mengatakan produk berkualitas dan branded akan menang, tapi produk KW dan murah malah lebih laku, that’s life, itulah realita, seringkali teori tidak pernah berjalan sesuai dengan prakteknya di jalan.

Setahu saya mereka yang betul-betul hebat dalam digital marketing tidak pernah menganggap dirinya sebagai pakar digital marketing atau suhu SEO atau growth hacker, mereka terlalu sibuk dengan kontennya sendiri sehingga tidak sempat memikirkan status-status bullshit untuk dirinya sendiri, youtuber-youtuber yang sukses sibuk membuat konten, sedangkan yang dibawahnya sibuk membuat video tentang cara mendapatkan views/subscriber (sampai jualan e-book) padahal views dan subs nya sendiri tidak ada, blogger-blogger yang menghasilkan jutaan trafik setiap bulannya sibuk membuat artikel, sedangkan yang dibawahnya malah membuat cara menghasilkan puluhan juta dari blog padahal blognya sendiri tidak menghasilkan uang sama sekali.

Saya pernah bekerja sebagai digital marketer (SEO & SEM specialist), saya punya blog yang menghasilkan ratusan ribu visitor setiap bulannya, saya punya channel YouTube yang menghasilkan ratusan ribu views setiap bulannya, dan saya sendiri sudah jarang memperhatikan perkembangan ilmu-ilmu digital marketing yang bertebaran di internet, baik dalam bentuk blog/artikel, video, seminar, workshop, dll.

Terkadang saya mampir ke beberapa situs dan forum tentang online marketing dan suka geli sendiri betapa ngawurnya teori/diskusi yang ada karena saya sendiri sudah mengalami asam manis mencari visitor dan konsumen di dunia internet ini, daripada sibuk mencari-cari cheat “hack” untuk mendapatkan banyak trafik/konsumen dengan instan, jauh lebih baik fokus pada produk dan jasa yang Anda berikan, sibuklah menciptakan value, karena itulah yang benar-benar penting dan merupakan cara tercepat untuk menjamin kesuksesan Anda.

Ingin menjadi ahli marketing yang hebat? Mulailah membantu orang lain, ciptakan value, sibuklah membuat konten, buatlah produk/jasa yang betul-betul dibikin karena niat tulus untuk membantu orang lain, karena pada akhirnya marketing is about value.

Mana yang lebih penting produk yang luar biasa atau kemampuan marketing/pemasaran yang hebat? Mana yang harus lebih dulu diprioritaskan?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa produk terbaik akan bicara dengan sendirinya dan ada juga yang berkata produk sebagus apapun akan percuma tanpa marketing yang tepat, ada lagi yang berkata produk apapun bisa laku kalau kita tahu bagaimana cara memarketingkannya, jadi mana nih yang lebih penting, produk atau marketing?

Sebenarnya keduanya tidak harus dipisah-pisah seperti itu, karena dua-duanya adalah satu kesatuan yang saling berkesinambungan, tapi kalau memang HARUS PILIH 1, saya pribadi lebih memilih PRODUK (setidaknya berdasarkan pengalaman saya begitu). Mengapa?

Coba tebak mengapa banyak sekali bisnis kecil dan startup gagal?

Karena sebagian besar dari mereka melakukan cara tradisional yang sama seperti:

  • Mencari ide dari internet
  • Mencari tahu cara melakukannya di internet
  • Mengembangkan ide tersebut dan mengeksekusinya sesuai arahan yang ada di internet
  • Dan berharap sukses akan datang nantinya selama kita percaya dan terus berjuang, BOOM…
  • SALAH BESAR.

Apa kesalahannya?

Mereka tidak punya produk/jasa yang hebat dan betul-betul berbeda karena hanya mendengar teori sama yang sudah dikerjakan oleh jutaan orang lainnya di internet, karena sebagian besar ilmu yang ada di dunia online hanya mengajarkan Anda tentang ide, marketing (pakai budget iklan/ads), dan bla.bla.bla, tapi jarang sekali ada yang mengajarkan Anda bagaimana cara realistis membuat produk/jasa yang benar-benar dibutuhkan orang dan memiliki value yang tinggi.

Nasihat sederhana ini akan sangat menghemat uang/budget dan membantu perkembangan bisnis online/startup/apapun usaha yang sedang Anda kerjakan:

  • Sebelum Anda memutuskan untuk memasarkan produk/jasa Anda entah dengan beriklan dan semacamnya, Anda harus memastikan dulu apa yang customer Anda inginkan, apa yang REAL mereka mau dan butuhkan, REAL NEEDS of REAL CUSTOMERS.
  • Jangan mendorong penjualan dengan blak-blakan apalagi memaksa (hard selling), karena itu biayanya mahal (baik dari segi uang, waktu, dan tenaga), cepat atau lambat bisnis Anda akan segera mati, yang Anda butuhkan adalah membuat orang meminta produk Anda, buat mereka butuh, konsumen sudah lelah melihat semua orang jualan (memang pada dasarnya kita semua sedang menjual sesuatu pada orang lain), mereka ingin menemukan suatu “value”, begitu mereka menemukannya mereka akan bersedia membayar dan membelinya.

Anda bisa saja memarketingkan produk/jasa Anda dengan konsep marketing terbaik, dengan kampanye/strategi iklan terbaik, atau menghabiskan dana jor-joran untuk menghasilkan sales, dan tetap saja Anda akan gagal selama produk Anda tidak diinginkan orang, berpikirlah dan tanya satu hal penting ini:

Bagaimana cara supaya orang mau, ingin, dan membutuhkan produk saya?

Tentu tidak mudah mencari jawabannya dan satu-satunya cara terbaik untuk menemukannya adalah dengan bertanya pada konsumen Anda (ask them), tanya pada target market Anda, tunjukkan produk Anda dan minta opini/pendapat mereka, tanya kenapa mereka tidak suka dengan produk Anda.

Contoh saat saya saat sedang membuat artikel game ML di blog ini awalnya tidak ada niat untuk membuat artikel berupa tutorial sama sekali, tapi ada pembaca yang memintanya (so I make it), dan percaya atau tidak konten tutorial Mobile Legends di blog ini menyumbang trafik terbesar untuk blog Solusik ini, terlebih dari situ saya mendapat peluang baru lagi untuk membuat channel YouTube, jadi jangan pernah anggap remeh “permintaan” dari customer Anda, karena mereka mungkin mengetahui apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

Tentu Anda juga bebas membuktikan bahwa apa ilmu yang sudah saya jelaskan disini salah, pada akhirnya saya sendiri juga merupakan orang random yang berbagi teori di internet. Mungkin kalau Anda punya ilmu dan teori yang lebih baik bisa share/komen dibawah dan kita saling berbagi 🙂

Untuk Anda yang ingin mencari ilmu detail tentang dunia digital marketing dan bisnis online bisa baca beberapa artikel berikut ini:

Semoga artikel ini bermanfaat dan ingat bahwa hampir tidak ada orang yang mengajarkan Anda cara membuat produk/jasa yang hebat secara cuma-cuma di internet, karena itu Anda harus melakukannya sendiri, lakukan uji coba (testing), tes –> gagal –> tes lagi –> gagal lagi, dan teruslah mencoba sampai akhirnya berhasil.

Tidak ada tutorial cara membuat produk/jasa yang pasti sukses (kalau ada pasti yang punya tutorial sudah menjalankannya dan sukses), pada akhirnya rahasia yang sering kita dengar di internet bukanlah rahasia lagi, karena rahasia sesungguhnya ada ditempat yang sangat dalam dan sedang dikerjakan secara diam-diam oleh mereka yang sedang menuju kesuksesannya.


Related Post: