5 Solusi Mengatasi Masalah Fingerprint Xiaomi yang Tidak Berfungsi

Akhir-akhir ini, smartphone dengan fitur fingerprint alias sensor sidik jari menjadi tren tersendiri untuk banyak orang. Dengan mempunyai fitur modern tersebut, user pasti akan merasa lebih aman guna memproteksi smartphone kesayangannya memakai kunci sidik jari.

Namun, terdapat beberapa kasus dimana semua user HP Xiaomi yang memiliki fitur fingerprint merasakan masalah pada ponselnya. Dimana fitur fingerprint pada smartphone Xiaomi mereka menjadi eror yang mengakibatkannya tidak berfungsi sama sekali.

Nah, untuk menanggulangi masalah fingerprint yang bermasalah pada HP Xiaomi, berikut ini telah dirangkum 5 cara yang bisa dilakukan.

Berikut ulasannya:


1. Bersihkan jari dan permukaan sensor

Sensor fingerprint adalah teknologi yang sangat sensitif dalam melakukan pemindaian sidik jari. Oleh karena itu, pastikan bila sidik jari Anda bersih sebelum menempelkannya pada sensor fingerprint di HP Xiaomi.

Hal-hal sederhana seperti tangan berkeringat, makan gorengan, dan lain sebagainya ternyata mampu membuat sensor fingerprint HP Xiaomi tidak bekerja dengan baik. Oleh karenanya, jangan lupakan petuah lama, cuci tangan setelah beraktivitas, bukan sebelum tidur, tapi sebelum menggunakan sensor fingerprint Xiaomi.

Jika Anda sudah yakin betul bila sidik jari Anda bersih (sudah dibersihkan menggunakan sabun), pastikan pula kalau sensor pemindai sidik jari pada HP Xiaomi pun telah bersih. Caranya mudah kok, Anda dapat memolesnya dengan tisu atau kain halus.

Waspadai tangan yang kotor. Selain bisa mengganggu kinerja fingerprint, tumpukan minyak dapat masuk ke sela-sela casing ponsel dan mengendap di dalamnya. Akibatnya, ponsel Anda bisa menjadi lebih cepat panas. Sebagai tambahan keamanan, jangan ragu untuk menggunakan softcase pada ponsel. Selain melindungi body dari goresan, softcase juga bisa melindungi bagian internal ponsel dari debu atau kotoran, terutama minyak di tangan.

2. Lakukan restart pada HP Xiaomi Anda

Meski sepele, tidak sedikit masalah pada perlengkapan android yang dapat dengan cepat teratasi cuma dengan menyalakan ulang atau restart perangkat (reboot). Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yakni guna menyegarkan sistem atau kinerja ponsel tersebut agar mulai dari nol lagi.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari proses restart Anda, cobalah untuk tidak sekedar mematikannya begitu saja. Jika ponsel Anda masih memiliki fitur Removable Battery, atau baterianya masih bisa dilepas, maka lepaskanlah. Pelepasan baterai bisa membuat ponsel benar-benar mengulangi semuanya dari awal lagi.

Namun, bila ponsel Anda tidak memiliki fitur pencabutan baterai, maka cukup dengan mematikannya dan diamkan beberapa saat. Dengan begitu, sistem ponsel akan kembali normal seperti sedia kala.

3. Lakukan flash ROM ke ROM Resmi Global Stable

Jika teknik yang pertama hingga ketiga sudah Anda lakukan tetapi tidak berhasil maka silakan mencoba teknik ketiga ini, yaitu dengan cara flash ROM ke ROM resmi.

Seperti yang Anda tahu, akhir-akhir ini sangat banyak handphone Xiaomi yang ditawarkan dengan memakai ROM buatan distributor di dalamnya. Padahal ROM itu sendiri sudah memiliki banyak sekali kekurangan yang bisa mengakibatkan terjadinya banyak masalah pada perangkat Xiaomi (ROM distributor abal-abal).

Untuk itu, flashing ROM abal ke ROM resmi ke Global Stable dapat menjadi penyelesaian yang tepat untuk menanggulangi masalah fingerprint yang tidak bisa bekerja pada smartphone Xiaomi Anda.

4. Lakukan upgrade ROM MIUI ke versi terbaru

Tujuan dari pengembang menciptakan versi ROM MIUI terbaru pasti untuk mengurangi adanya bugs atau cacat software pada perlengkapan Xiaomi. Di samping itu, Anda tentu juga dapat mencicipi berbagai fitur baru yang tidak terdapat pada versi ROM MIUI yang Anda pakai sebelumnya.

Di sisi lain siapa tahu penyebab fingerprint HP Xiaomi Anda yang bermasalah tersebut terjadi karena kesalahan sistem yang Anda lakukan secara tidak sengaja. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk melakukan upgrade ROM MIUI ke versi teranyar untuk membetulkan bugs atau kekeliruan sistem.

Ini tidak hanya berlaku untuk masalah fingerprint. Jika ada masalah lain di ponsel Xiaomi Anda, lakukan upgrade agar masalah tersebut bisa teratasi.

5. Bawa HP Xiaomi Anda ke service center Xiaomi

Jika keempat teknik di atas sudah Anda lakukan tetapi masih tidak teratasi, barangkali jalan satu-satunya yakni dengan membawa HP Xiaomi Anda ke service center Xiaomi untuk diperbaiki permasalahan pada sensor fingerprint-nya. Langkah ini terbilang tepat karena dapat memberikan jaminan bahwa sensor fingerprint Anda dapat kembali bekerja sebagaimana Anda baru membelinya.

Sayangnya tips kelima ini bisa memakan biaya yang cukup besar, namun bila Xiaomi Anda masih dalam masa garansi, maka tidak ada salahnya melakukan ini. Jangan membawa ponsel Anda untuk diperbaiki di counter hape sembarangan, karena selain biayanya bisa jadi sama mahal dengan service center, kualitas perbaikan yang diberikan bisa jauh lebih rendah, alhasil Anda malah keluar lebih banyak uang nantinya.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Inilah Cara Xiaomi Meraup Keuntungan


Related Post: