8 Software Video Editing Terbaik Untuk Edit Video (PC/Desktop)

Tak hanya professional, orang awam pun kini mulai gemar memasuki ranah video editing. Entah itu untuk hobi semata atau bahkan sebagai mata pencaharian. Jika Anda tertarik juga di dunia video editing, berikut ini adalah 8 software video editing yang bisa Anda coba.

1. Corel Video Studio

corel video studioAnda tentu tidak asing dengan Corel Video Studio. Aplikasi edit video ini merupakan yang terbaik yang dikembangkan oleh perusahaan Corel. Perusahaan ini telah lama bermain di industri perangkat lunak. Dapat dikatakan bahwa mereka ialah pelopor dari seluruh jenis aplikasi yang mereka buat, di antaranya adalah Video Studio Pro.

Corel Video Studio sendiri ialah software editi video sangat ringan untuk dipakai sehari-hari. Walaupun demikian, fitur yang disediakan lumayan lengkap dan sesuai untuk pemula. Nah, bila Anda baru mengawali karir jadi Youtuber, maka ini adalah software yang tepat bagi Anda.


2. Adobe Premiere Pro

adobe premiere proAdobe Premiere Pro ialah software edit video yang sering menjadi andalah bagi para profesional, progra m video editing ini sendiri dikembangkan oleh Adobe. Meski banyak digunakan, software ini ternyata cukup mudah juga apabila dioperasikan oleh orang awam. Dengan menguasai Adobe Premiere Pro, Anda dapat menyusun sebuah video yang cukup kompleks seperti event pernikahan, film pendek, dan lain sebagainya.

Program Adobe Premiere ialah bagian dari Adobe Creative Suite, sebuah kombinasi perangkat lunak yang terdiri dari desain grafis, video editing, dan pengembangan software web yang diciptakan oleh Adobe Systems.

3. Sony Vegas

sony vegasSelanjutnya ialah Sony Vegas yang adalahsalah satu aplikasi edit video terbaik di PC. Software produksi Sony ini telah diyakini kemampuannya dalam pembuatan video dan juga maupun audio.

Sony Vegas Pro 13 adalah aplikasi yang kaya fitur dan sangat professional namun tetap mudah dipakai oleh orang awam. Meskipun menjadi saingan berat bagi Adobe Premiere Pro dan Apple Final Cut Pro X yang mengincar pasar industri profesional, Sony ternyata masih lebih memilih apabila software-nya tetap nyaman dipakai untuk kalangan amatir.

Interface yang sederhana dapat dilihat dari Timeline simple yang terbagi menjadi video dan sound. Dalam pengoperasiannya, Anda dapat menumpuk sejumlah video dan audio langsung di Track yang berbeda.

4. VirtualDub

virtualdubVirtualDub adalah software yang sangat ringan untuk dipakai di PC. Ditambah lagi, software ini dapat diunduh dengan cuma-cuma. Software ini sendiri terbilang sederhana sehingga dapat dikatakan sebagai video maker dan juga dapat dibilang sebagai video editor. Pasalnya, VirtualDub punya fitur yang berperan untuk merekam gambar yang terdapat di layar komputer. Anda bisa menyimpan video yang telah Anda buat atau edit dengan format AVI.

Tidak hanya berperan merekam video di layar komputer, VirtualDub masih memiliki beragam fitur layaknya menghapus dan mengubah audio dari video yang Anda inginkan, memberi efek blur, sharpen, penataan kecepatan video, dan lainnya.

5. AVS Video Editor

avs video editorSoftware edit video pertama adalah AVS Video Editor. Aplikasi ini memiliki tampilan yang interaktif, serta mudah dipakai dan mempunyai fitur yang paling lengkap.

Aplikasi ini mempunyai ukuran file yang terbilang kecil. Namun, fitur yang dihadirkannya tidak kalah lengkap. Salah satu kelebihan software edit video ini ialah pemakaian teknologi video cache yang membuat proses penyuntingan video Full-HD dapat berlangsung lebih cepat.

Untuk editing video, AVS Video Editor menyediakan opsi Timeline yang akan membuat penyuntingan antara video, efek, teks, dan audio dapat dilakukan secara terpisah.

6. Avidemux

avidemuxAvidemux ialah software editting terbaik yang dirancang begitu sederhana untuk memotong video, filter, penataan lagu, dan lainnya. Avidemux sendiri mendukung berbagai jenis file, termasuk di antaranya AVI, DVD file MPEG yang kompatibel, MP4, dan ASF, dan sekian banyak codec lainnya. Dapat dikatakan bahwa software ini sangat cocok untuk mengawali karir Anda sebagai Youtuber.

7. Pinnacle Studio

pinnacle studioPinnacle Studio ini ialah software edit video terbaik dengan fitur yang mumpuni dan tampilan yang interaktif. Selain itu, Pinnacle Studio juga mempunyai fitur sreen recording yang sangat baik.

Software edit video ini mempunyai 1500 lebih efek dan template untuk keperluan editing video Anda. Walau begitu, harga yang ditawarkan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan software video editing lainnya di pasaran.

Anda pun dapat mendownload software edit video ini secara gratis, atau berbayar guna mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

8. Camtasia

camtasiaCamtasia merupakan software edit video terbaik yang mempunyai fitur beragam. Walau begitu, video editor ini memiliki interface yang ramah untuk pemula.

Software ini pun menawarkan fitur tambahan yang tidak sedikit. Di samping dapat dipakai pada Windows maupun Mac, Camtasia pun mempunyai fitur screen recording atau perekam layar komputer. Software ini sangat sesuai bagi Anda yang punya channel sebagai Youtuber gaming di mana merekam layar adalah kegiatan utamanya.

Baca juga: Sofware Video Editing Terbaik Untuk Android


Related Post: