Tips & Cara Mengetahui Seberapa Menariknya Diri Kita

Anda penasaran seberapa menarikkah diri Anda?

Apakah pria/wanita yang Anda suka tertarik kepada Anda?

Apakah teman/sahabat Anda menganggap Anda sebagai orang yang menarik?

Sekarang mari kita cari tahu seberapa menarikkah diri Anda. Caranya sangat simpel yaitu dengan menjadi lebih peka terhadap keadaan dan orang lain.


Keuntungan terbesar sebagai seorang pria adalah mereka lebih dinilai berdasarkan “Siapa mereka” dan “Apa yang mereka kerjakan” sedangkan wanita lebih dinilai berdasarkan “Rupa/penampilan mereka”. (mungkin saya salah, ini hanya opini)

Tetapi kunci dari seberapa menarik diri Anda adalah penilaian secara keseluruhan (overall).

Jika rata-rata keseluruhan Anda (overall) baik seperti karir, rupa fisik, cara bergaul, ekonomi/finansial Anda diatas standart, maka Anda akan menjadi lebih menarik dibanding yang lainnya, masalahnya adalah kita tidak pernah tahu seberapa menarik diri kita dimata orang lain dan ketertarikan adalah hal yang tidak dapat dinilai secara angka/kuantitatif.

Yang perlu Anda perhatikan adalah “Respon orang lain terhadap Anda”, bagaimana mereka bertindak dan bersikap kepada Anda, apakah mereka memperhatikan atau mereka justru malah menghindar.

Orang-orang suka berada didekat kesuksesan seperti kekayaan, ketampanan/kecantikan, kepintaran, dan sebagainya. Itulah sebab artis/publik figur disukai oleh masyarakat, karena hanya berada didekat mereka kita merasa terlibat dengan kesuksesan hidup mereka.

Hal yang sama juga terjadi kepada diri kita (walaupun kita bukan artis), jika orang-orang suka berada didekat Anda maka Anda pasti sadar dengan sendirinya bahwa Anda cukup menarik, tetapi jika orang-orang menjauh (cenderung menghindari Anda) maka pasti Anda tidaklah begitu menarik.

kurang-menarikKetika seseorang ditolak/diabaikan maka mereka akan menurunkan ekspektasi mereka (menjadi rendah diri), dan ketika seseorang dipuja/ditunggu-tunggu kehadirannya maka mereka akan meningkatkan ekspektasi mereka (dan cenderung jual mahal).

Kita tidak akan pernah tahu apakah kita lebih menarik dari A atau B, kita hanya bisa mengira-ngira, dan petunjuk itu ada pada seberapa respek perlakuan orang lain terhadap Anda.

  • Jika seseorang merasa minder berada didekat Anda, kemungkinan besar mereka merasa Anda lebih baik dari mereka. Mungkin saja mereka salah, tetapi setidaknya itulah yang ada dipikiran mereka.
  • Jika seseorang merasa angkuh/cenderung sombong ketika berada didekat Anda, kemungkinan besar mereka merasa lebih baik dari Anda. Mungkin saja mereka juga salah.

Pada kedua kasus diatas, kita setidaknya dapat mengira-ngira dan membandingkan seberapa menarikkah diri kita dari “feedback” yang orang lain berikan pada kita. Kita sedang menilai seberapa menarikkah diri kita sendiri, dan kunci yang kita miliki hanyalah feedback dari orang lain.

Semua orang memikirkan hal yang sama (orang lain yang menilai), karena itulah rasa PD (percaya diri) dan sikap yang cenderung “cool” terlihat lebih menarik ketimbang mereka yang pesimis dan minder (tanpa mempedulikan seberapa menariknya seseorang).

Kenyataannya adalah semua itu tetap tidak dapat dinilai secara angka/kuantitatif, seberapa menariknya seseorang itu hanya dapat dinilai secara kualitatif dan fakta menariknya adalah:

  • Karena sifat dari ketertarikan itu kualitatif, maka ada faktor relatif (tergantung siapa orangnya) dalam menentukan ketertarikan seseorang. Contoh: setiap orang memiliki tipe pasangan ideal yang berbeda-beda, cantik/tampan itu relatif (jelek itu mutlak :p), ada yang lebih prefer wanita pendek daripada wanita tinggi, ada yang lebih suka pria berotot daripada pria tidak berotot, atau kualitas-kualitas lainnya yang memiliki penilaian berbeda-beda tergantung dari orang yang menilainya (relatif).
  • Ketertarikan seseorang dapat berubah-ubah (bisa naik turun), seiring berjalannya waktu, setiap orang berubah, waktu mengubah segalanya, ada orang yang menjadi lebih menarik dan ada orang yang malah menjadi semakin tidak menarik.

Kesimpulannya adalah jika Anda ingin mengetahui seberapa menarik diri Anda, maka lihatlah reaksi orang-orang disekitar Anda. Dan yang terpenting adalah ketertarikan bukanlah takdir yang tidak dapat diubah, ingat bahwa ketertarikan itu dinilai secara keseluruhan (overall) maka tingkatkanlah daya tarik Anda.

  • Pelajari hobi baru (dance, bermain musik, band, sulap, melukis, atau seni lainnya)
  • Belajar memasak, memancing, skate-board, dan skill-skill unik lainnya
  • Traveling kesuatu tempat, perluas wawasan dan pengalaman Anda
  • Mahirkan diri Anda dalam olahraga tertentu
  • Buatlah usaha/perusahaan/bisnis/startup
  • Tampil dengan lebih gagah, cantik, anggun, elegan, bersih dan rapi
  • Belajarlah berdandan dan make up (khususnya wanita)
  • Perkaya diri Anda secara finansial (khususnya pria)
  • Dan lain-lain

Lakukanlah sesuatu untuk meningkatkan overall Anda, dan yang terpenting adalah lakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.