3 Perubahan Kecil yang Bisa Membawa Dampak Besar Di Kehidupan

Akhirnya setelah sekian lama saya tidak menulis artikel tentang motivasi di Solusik, hari ini bisa kesampaian juga. Rasanya kangen menulis sesuatu yang dapat menginspirasi dan membawa dampak positif bagi para pembaca blog ini, sudah hampir 5 bulan saya tidak lagi menulis artikel motivasi dan kehidupan, kali ini yang ingin saya bahas adalah masalah perubahan, khususnya perubahan-perubahan kecil namun bisa membawa dampak besar dan signifikan dalam hidup kita.

Apa saja perubahan-perubahan tersebut? Tanpa perlu berbasa-basi inilah 3 perubahan kecil yang bisa membawa dampak besar dalam kehidupan kita:

1.Perlakukan orang asing dengan lebih baik

Percayakah Anda bahwa orang asing yang tidak/kurang dekat dengan kita bisa lebih banyak mempengaruhi kehidupan kita baik dalam karir, percintaan, bahkan perilaku kita? Sadarkah Anda bahwa sebagian besar kesempatan yang datang dalam hidup kita lebih sering diciptakan oleh orang asing/orang baru yang sama sekali tidak kita kenal seperti customer/pelanggan pertama dari bisnis yang kita buat, bos/atasan pertama kita, atau mereka yang menikmati karya-karya kita di internet?


Ketika saya memulai bisnis online, mereka yang pertama kali membeli bukanlah teman atau keluarga saya, tapi orang asing yang sama sekali tidak saya kenal, begitu pula saat saya membuat blog dan seterusnya, ketika saya menceritakan apa yang saya kerjakan teman dan keluarga tidak begitu peduli, namun orang asinglah yang akhirnya memperhatikan dan merekalah customer terbaik saya. Bukan berarti teman/keluarga kita itu jahat, tapi memang seringkali berbagai jenis kesempatan itu justru datang dari orang asing.

Kalau kita misal mencari pekerjaan/jodoh melalui orang yang sudah dekat dengan kita, kemungkinan besar mereka juga memiliki lingkaran sosial yang serupa dan koneksi yang sama dengan Anda, namun jika Anda bicara dengan orang asing/mereka yang tidak terlalu dekat dengan Anda, kemungkinan mereka akan memperkenalkan Anda pada peluang dan koneksi yang benar-benar baru.

Ada sebuah paradoks yaitu “strength of weak ties” yang artinya terkadang (bahkan sering) orang asing atau mereka yang kurang dekat dengan kita malah lebih memberikan kontribusi ketimbang mereka yang kita anggap dekat, inilah juga sebab mengapa sebagian besar orang sulit sekali berkembang karena mereka hanya bermain dengan lingkaran sosial yang sama (disitu-situ saja), ibarat seorang anak SMA tidak akan bisa menyelesaikan masalah anak kuliahan selama ia masih terus bermain di lingkungan SMA.

Jadi kalau Anda ingin berubah atau melakukan perubahan yang besar namun bingung mengapa rasanya masih stuck (hidup begitu-begitu saja), mungkin Anda tidak memanfaatkan kekuatan dari “weak ties” ini, cobalah mengekspos diri kepada lingkaran sosial yang baru, lebih akrab dengan mereka yang selama ini Anda rasa “asing” atau kurang nyaman, mungkin mereka yang Anda pikir orangnya gak asik malah ternyata sangat menyenangkan setelah kenal lebih dalam karena kita tidak pernah tahu seseorang sampai betul-betul mengenal pribadinya secara personal.

Memang bagus memiliki sahabat dan teman dekat, namun jangan remehkan mereka yang Anda rasa kurang dekat atau kurang penting dalam hidup Anda karena bisa jadi mereka memiliki potensi untuk membawa perubahan terbesar dalam hidup Anda.

2. Berhenti menunggu seseorang atau sesuatu terjadi

Ironisnya mereka yang mengharapkan perubahan seringkali hanya “menunggu perubahan”, banyak orang menunggu “pahlawan” yang tidak kunjung datang ketimbang menyelamatkan dirinya sendiri, mereka berharap presiden/pemimpin/pemerintah akan membawa perubahan, mereka berharap ada sosok yang menginspirasi untuk bergerak, mereka menunggu seseorang, menunggu sesuatu terjadi, dan bagian terburuknya adalah kesempatan terbaik untuk menyelamatkan diri mereka telah lewat karena mereka terlalu lama menunggu.

Contoh mereka yang menunggu dipromosikan/diangkat jabatan oleh atasan namun tidak mengembangkan skill atau membuat dirinya lebih berharga bagi perusahaan, mereka yang menunggu jodoh tanpa mengimprove hidupnya untuk jodoh yang lebih baik, mereka yang tidak bisa berhenti merokok dan menunggu terkena kanker baru mau berhenti, mereka yang sudah jelas-jelas tahu bagaimana cara menuju sukses (mencapai tujuan) namun terus menunda karena menunggu momen yang tepat.

Ingat kesempatan terbaik adalah SEKARANG.

kesempatan keduaNow or it’s too late.

Kalau Anda tidak bisa mulai sekarang, sampai kapanpun Anda tidak akan pernah bisa melakukannya.

3. Buat rencana jangka pendek realistis

Ini adalah tahap lanjutan dari no. 2, ketika Anda sudah memutuskan untuk bertindak sekarang, maka jangan hanya menetapkan goal/tujuan jangka panjang saja, tapi buatlah rencana-rencana kecil yang bisa segera Anda lakukan, lebih bagus lagi kalau terperinci dan realistis.

Yang sering jadi masalah saat kita ingin meraih tujuan adalah kita hanya mengambil gambar besar “saya ingin mencapai X” namun tidak memikirkan secara urut dan detail langkah apa saja yang diperlukan untuk kesana, kemudian kita menjadi bingung dan gampang menyerah (ganti tujuan). Memang tujuan bisa berubah-ubah namun tidak ada tujuan apapun yang bisa diraih tanpa tindakan-tindakan sederhana, bahkan sebenarnya orang bisa sukses walau mereka tidak memiliki tujuan besar karena fokus pada tindakan kecil dan proses ketimbang goal/hasil.

Kalau Anda merasa hidup tidak mengalami perubahan yang berarti, mungkin itu karena Anda tidak melakukan apapun yang realistis untuk mencapai idealis Anda, sebenarnya kita hanya perlu menjadi orang yang realistis dan positif untuk bisa sukses (setinggi/serendah apapun idealis Anda) karena tindakan dan kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Jadi jangan terlalu fokus pada tujuan besar, tapi perhatikan rencana-rencana kecil yang ada, apa yang akan Anda lakukan hari ini, apa rencana Anda besok, apa yang harus Anda mulai biasakan atau buat dari hari ini dan seterusnya (lebih bagus lagi Anda catat dan lakukan satu per satu), praktek-praktek kecil lebih penting dari sekedar teori besar dan seringkali teori tidak sejalan dengan prakteknya, jadi biasakan untuk bertindak, biasakan mencoba (dan gagal), karena itu semua lebih baik daripada menjadi orang idealis yang tidak melakukan apapun yang realistis.



Sebagai kesimpulan untuk membawa perubahan yang signifikan dalam hidup ini, mulailah dari sesuatu yang kecil, lebih ramahlah dengan orang lain, jangan buli-bulian di sosial media, belajar menghargai orang asing termasuk mereka yang tidak sependapat/sepemikiran dengan kita, jangan lagi menunggu seorang pahlawan datang atau sesuatu terjadi, pada akhirnya kita adalah penyelamat sejati diri kita sendiri, dan yang tak kalah penting lakukanlah hal-hal realistis sekecil apapun itu, buat rencana-rencana sederhana, tak apa kecil tapi bisa dikerjakan dan selangkah demi selangkah membawa Anda kepada tujuan.

3 hal ini memang terdengar sepele tapi percayalah hidup Anda akan menjadi lebih baik karenanya, perlakukan orang asing dengan lebih baik, jangan lagi menunggu/menunda, dan buat rencana-rencana kecil sekarang (dan kerjakan sedini mungkin) niscaya Anda akan menjadi orang yang lebih baik dan menjalani kehidupan yang lebih berarti.


Related Post: