3 Penyebab Sering Dapat Tim Noob & Musuh OP di Mobile Legends

Pasti agan sering bete kalau kalah di Ranked gara-gara dapet tim yang noob/kurang jago dan musuhnya terlalu OP, biasanya antara temen kita yang feeder, afk, kurang kompak, atau tim lawan yang kerjasamanya bagus (biasa karena 1 squad/queue), tapi disini ane mau bahas penyebab kita sering mendapatkan room matchmaking yang jomplang (alias perbedaan skillnya jauh sekali), ane sering menemukan khususnya pada tier Legend & Mythic setiap kali main entah di Classic atau Ranked ada aja player yang mainnya parah banget (super noob), tahu darimana itu player noob?

Beberapa ciri player yang menurut ane noob (untuk rank Legend keatas):

  • Pick hero sesuka hati dan ga ngerti komposisi antara hero tank, carry, magic, physic, burst damage, dan CC (crowd control).
  • Build item sembarangan, antara korban YouTube atau emang ga ngerti build yang seharusnya dipakai.
  • Ga bisa liat map (map awareness), jadi mereka bakal tetep ngutan walau tower lagi diserang atau temen lagi di gank.
  • Lebih mentingin kill dan farming ketimbang secure tower (def dan push turret).

Sebenarnya banyak ciri-ciri player yang noob, ane sendiri juga ga jago-jago amat tapi seengganya masih bisa mengerti keempat dasar diatas, Mobile Legends itu game 5 vs 5 bukan pertarungan individu atau rebut-rebutan jadi MVP, masalahnya adalah semakin kesini ane melihat semakin banyak player yang menurut pengalaman ane skillnya masih GM-Epic tapi bisa main bareng Legend-Mythic, mereka pangkatnya memang Legend/Mythic tapi kemampuannya seolah masih seperti Grandmaster, apakah kalian juga sering mengalami hal yang sama? Atau sebaliknya kalian main di tier GM-Epic tapi merasa seperti ngelawan player Mythical Glory?

Ada 3 penyebab hal ini bisa terjadi, alasan kenapa kita sering dapet tim noob atau musuh yang terlalu OP saat matchmaking (begitu pula sebaliknya dapat musuh noob dan tim terlalu OP) yaitu:


1. Jual beli akun Mobile Legends

Ini adalah alasan yang paling rasional dan logis kenapa banyak player-player Legend dan Mythic mainnya noob, ya karena itu char hasil beli, sedangkan player yang memainkannya mungkin skillnya masih di level Warrior/Elite/Master. Ane sendiri sempat menjual akun pertama ane pada season 4 dulu karena ingin mulai fresh dari awal lagi di season 5, setelah ane pantau perkembangan ID char tersebut ternyata akun yang dimainkan orang lain itu mengalami kekalahan 10 lose streak (mungkin lebih soalnya data “past result” cuma nampilin 10 pertandingan terakhir) dan tiernya turun dari Legend bintang 3 (belum ada Mythic) sampai Epic 4.

Pada season 7 awal tahun 2018 ini tentu player yang bermain Mobile Legends jauh lebih banyak dari season-season sebelumnya, dan pastinya banyak juga player yang sudah pensiun dan menjual akun ML nya, hal ini mengakibatkan semakin banyak char hasil beli dan tentu kalau seseorang membeli akun kemungkinan mereka mengincar yang tiernya sudah diatas (Legend – Mythic), jadi ga heran kalau kedepannya akan semakin banyak player Legend-Mythic yang charnya hasil beli dan membaur ditingkat high elo.

2. Jasa joki/GB akun

Ini juga salah satu alasan terbesar khususnya di Indonesia mengapa banyak sekali player yang noob bisa mencapai tier Mythic, karena mereka di GB (menggunakan jasa joki) dan terkadang beberapa player top global dari squad ternama juga menyediakan jasa seperti ini, apalagi di Indonesia ane sering banget nemuin jasa-jasa ini mulai dari grup Facebook, forum, dll.

Akun joki cuma naikin tier/bintang charnya, tapi tentu ga bisa ningkatin skill asli playernya, jadi ya sama seperti kasus jual beli akun diatas, memang sampai saat ini belum ada aturan dari Mobile Legends (Moonton) mengenai kasus jual beli akun dan joki/gb rank ini, sebenarnya mereka melarang hal ini tapi mereka juga tidak bisa melakukan apapun karena transaksi seperti ini terjadi diluar kendali mereka sama sekali.

3. Pindah server (pake VPN)

Baru-baru ini trik pindah server menggunakan VPN sedang populer dikalangan ML-ers karena ternyata banyak para top global hero tertentu yang memindahkan servernya ketempat yang lebih gampang untuk meningkatkan hero power (GB MMR). Ini adalah cara yang paling mudah untuk menaikkann tier dan MMR yaitu dengan pindah ke server baru.

Server yang baru tentu akan diisi oleh player-player yang baru, sehingga pengalaman bermain mereka masih sangat sedikit, sekarang bayangkan kalau seorang player dengan pengalaman 2.000 match WR 60%++ bermain diserver tersebut? Apalagi kalau mereka pindah server 1 squad (berlima) bermain di server yang masih polos seperti itu, pastinya ez win dan easy top global hero bisa dicapai dengan sangat mudah.

Mungkin agan pernah mengalami hal ini, tiba-tiba mendapat lawan yang sangat OP atau 1 squad yang kompak banget seperti ngelawan Mythical Glory ratusan bintang, selain itu biasanya juga terjadi sedikit lag (efek VPN) saat melawan mereka.



Itulah 3 penyebab kenapa matchmaking sekarang terasa acak-adul, entah kita sering mendapat tim yang noob, atau musuhnya terlalu lemah/ez, dan sebaliknya kadang kita dapat lawan yang terlalu jago dan kita juga dapat tim yang super pro.

Baca juga: Cara solo rank mencapai Mythical Glory

Pada akhirnya cara terbaik untuk meminimalisir dapat tim yang aneh-aneh adalah dengan main bareng squad/temen, karena ya namanya moba tentu lebih baik jika dimainkan bersama teman dengan kerja sama yang lebih kompak. Ane sendiri sebagai solo ranked player merasa bermain setidaknya berdua/bertiga jauh lebih baik daripada sendirian/solo queue, akhir kata apapun yang terjadi pada sistem matchmaking, siapapun lawan dan timnya yang penting tetaplah bermain sebaik mungkin.


Related Post: