Pengembangan Aplikasi Berbasis Web & Keuntungannya Untuk Dunia Usaha

pengembangan aplikasi berbasis webPerkembangan teknologi membuat pergerakan manusia menjadi semakin lebih cepat di mana setiap orang dituntut untuk bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien agar tidak ketinggalan dengan yang lainnya. Untuk mengakomodir pergerakan manusia yang lebih cepat maka dikembangkanlah aplikasi berbasis web yang merupakan aplikasi yang bisa diakses melalui browser pengguna untuk melakukan berbagai macam hal misalnya untuk meningkatkan interaksi antara pebisnis dengan konsumen dan kliennya dalam waktu yang lebih singkat dan lebih hemat biaya. Arfadia akan membawa Anda memahami lebih jauh mengenai aplikasi berbasis web, bagaimana implementasinya, dan apa saja keuntungannya terutama untuk keperluan bisnis.

Apa itu aplikasi berbasis web dan apa keuntungannya?

Dalam dunia komputer dikenal beberapa macam jenis aplikasi yang bisa digunakan oleh pengguna. Aplikasi berbasis mobile adalah aplikasi yang diinstal dan dijalankan dengan menggunakan perangkat mobile Anda (smartphone atau tablet), aplikasi berbasis desktop adalah aplikasi yang diinstal di komputer Anda, kemudian aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang diakses melalui jaringan internet atau intranet melalui browser. Aplikasi berbasis web menggunakan jaringan server-client di mana keuntungan terbesarnya adalah ia bisa diakses di mana saja tanpa harus melalui proses instalasi. Contoh aplikasi web yang mungkin sering Anda gunakan adalah Google Drive, Google Docs, dan berbagai macam game yang pernah Anda mainkan di Facebook.

Pengembangan aplikasi berbasis web kini makin pesat karena permintaan akan aplikasi yang lebih mudah dan cepat digunakan, lebih stabil, dan lebih aman makin tinggi. Implementasi penggunaan aplikasi berbasis web tidak hanya khusus untuk bisnis saja namun juga bisa berfungsi untuk bidang yang lain seperti misalnya kegiatan ekspor impor untuk membuat invoice, digunakan pada lingkungan pendidikan untuk membuat sebuah aplikasi e-learning yang bisa digunakan oleh guru maupun siswa, bisa juga digunakan untuk kepentingan analisa data, dan sebagainya. Penggunaan aplikasi berbasis web yang meluas disebabkan karena aplikasi jenis ini memiliki keuntungan sebagai berikut:


1. Tanpa instalasi

Aplikasi berbasis web tidak memerlukan instalasi di komputer atau gadget Anda, karena instalasi dilakukan di server sehingga proses instalasi bisa dilakukan dengan lebih cepat karena tidak harus diinstal pada masing-masing komputer. Aplikasi yang diinstal di server kemudian bisa diakses menggunakan browser di mana saja selama terhubung dengan koneksi internet.

2. Update yang lebih cepat

Semua proses update maupun pemeliharaan dilakukan pada server dan bersifat terpusat. Sedangkan pemeliharaan atau perubahan kode pada aplikasi berbasis desktop harus didistribusikan pada masing-masing komputer. Hal ini membuat proses pemeliharaan bisa berjalan dengan lebih cepat sehingga aplikasi bisa segera digunakan kembali.

3. Sistem operasi yang fleksibel

Pengembangan aplikasi desktop maupun mobile harus disesuaikan dengan platform atau sistem operasi yang akan digunakan. Aplikasi untuk Apple misalnya belum tentu tersedia juga untuk sistem operasi Android. Sedangkan untuk aplikasi berbasis web, bisa digunakan pada komputer atau gadget dengan sistem operasi apa saja mulai dari Windows, Linux atau OSX. Hanya dibutuhkan browser dan koneksi internet saja untuk bisa mengakses aplikasi tanpa harus menyesuaikan platform.

4. Tidak harus beli komputer baru

Ragu untuk menggunakan aplikasi baru karena merasa komputer Anda sudah banyak aplikasi? Tidak perlu khawatir apalagi sampai mempertimbangkan untuk membeli komputer yang baru. Karena aplikasi berbasis web bisa dijalankan tanpa harus menggunakan komputer berspesifikasi tinggi. Beda dengan aplikasi berbasis desktop atau mobile, aplikasi web melakukan prosesnya di server bukan di komputer pengguna.

5. Multi platform

Keuntungan lainnya menggunakan aplikasi berbasis web adalah ia bersifat multi platform. Artinya Anda bisa mengakses aplikasi dengan menggunakan sistem operasi apapun, baik menggunakan komputer, smartphone, atau menggunakan tablet. Hal ini memudahkan pengguna untuk memiliki remote access sehingga produktivitas pun tidak terganggu.

aplikasi berbasis web arfadiaPenggunaan aplikasi berbasis web untuk bisnis

Pengembangan aplikasi berbasis web pada dasarnya bisa digunakan untuk berbagai macam bidang, termasuk bisnis di mana aplikasi yang lebih mudah digunakan dan bisa diakses di mana saja pastinya bisa membantu SDM untuk lebih produktif. Contoh implementasi aplikasi berbasis web misalnya adalah untuk membuat aplikasi keranjang belanja yang lebih efisien, aplikasi analisa metrik dari data pemasaran online, pengembangan aplikasi e-commerce, aplikasi untuk layanan konsumen, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang saat ini perusahaan belum menggunakan aplikasi berbasis website bisa mulai mempertimbangkannya karena bisa memberikan keuntungan sebagai berikut:

  1. Biaya yang lebih hemat karena instalasi yang sangat mudah dan juga pemeliharaan yang terpusat. Aplikasi tidak perlu dilakukan pengujian pada berbagai macam sistem operasi yang digunakan pada komputer bisnis Anda sehingga biaya yang dibutuhkan untuk instalasi lebih murah.
  2. Pengguna bebas mengakses aplikasi di mana pun ia berada. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan orang-orang yang lokasinya jauh dari Anda atau jauh dari kantor karena aplikasi yang bisa dibuka menggunakan platform apapun asalkan memiliki browser dan koneksi internet.
  3. Aplikasi berbasis web lebih mudah untuk diatur antar mukanya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan demikian meski perusahaan Anda menggunakan aplikasi yang sama dengan perusahaan lain bisa jadi antar mukanya berbeda sesuai dengan branding dari perusahaan atau sesuai dengan kenyamanan pengguna di perusahaan Anda.
  4. Aplikasi berbasis web juga menawarkan keamanan yang lebih baik karena biasanya aplikasi diinstal pada dedicated server yang mendapatkan pemeliharaan secara rutin. Dengan hanya menggunakan dedicated server yang tidak menjadi rombongan, sistem keamanan menjadi lebih ketat dan usaha pembobolan seharusnya bisa dideteksi dengan lebih cepat.

digital agency jakarta arfadiaArfadia sebagai pengembang aplikasi berbasis web terbaik

Arfadia sebagai digital agency Jakarta menawarkan produk pengembangan aplikasi web untuk keperluan bisnis Anda baik untuk kebutuhan ritel atau e-commerce, berbagai macam aplikasi analisa data, hingga aplikasi untuk memberikan pengalaman layanan konsumen yang lebih baik bagi pelanggan Anda. Tidak hanya pengembangan aplikasi web saja, kami juga bertanggung jawab terhadap update dan juga pemeliharaan aplikasi sehingga pengguna bisa tetap memiliki akses yang mudah dan lebih cepat untuk menjalankan aplikasi.

Arfadia merupakan perusahaan teknologi dan multimedia di Indonesia yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi baik berbasis web maupun mobile dan desktop. Salah satu produk andalan yang kini sudah banyak digunakan di lingkungan pendidikan adalah media pembelajaran online Sidia yang sudah digunakan di sekolah-sekolah baik swasta maupun negeri sebagai e-content untuk membantu interaksi antara guru dengan murid.

Percayakan kepada Arfadia sebagai Best Digital Agency Jakarta untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang bisa membuat operasional bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Arfadia pengembang aplikasi berbasis web terbaik yang sudah dipercaya untuk mengembangkan aplikasi perusahaan maupun software sekolah kini siap untuk menjadi partner usaha Anda selanjutnya.

best digital agency jakarta


Related Post: