Peluang Usaha & Model Bisnis Terbaik Sekarang dan di Masa Depan

Selamat malam min, mau tanya, setelah membaca artikel ini mengapa peluang reseller dropship akan segera mati, saya jadi pesimis untuk memulai bisnis online dengan model bisnis dropship, saya tertarik memilih cara dropship karena saya belum punya produk dan saya juga masih bekerja. Kira-kira ada solusi ga min untuk model bisnis yang sebaiknya saya gunakan, atau peluang usaha apa yang sekarang atau mungkin di masa depan akan bagus untuk dikerjakan? Thanks.

Pertama saya ingin jelaskan dulu bahwa peluang dropship di Indonesia itu masih abu-abu, apakah model bisnis ini bisa bertahan lama atau tidak masih belum jelas, sebagian orang bilang bisa sukses dari bisnis dropship, sebagian yang lain bilang ini bukanlah bisnis jangka panjang yang baik, menurut saya pribadi menjadi dropshipper bukanlah peluang bisnis yang baik di masa depan (ini opini saya personal), mengapa? Karena bisnis yang kita kerjakan sangat bergantung pada orang lain (supplier), dengan brand dan service sebaik apapun semua akan percuma kalau supplier kita tidak memiliki kualitas yang seimbang, dan jujur menurut saya menjadi dropshipper itu kurang sustainable dalam artian tidak banyak value yang bisa kita tawarkan kepada customer begitu mereka tahu bahwa kita adalah seorang dropshipper, sedangkan cepat atau lambat konsumen semakin pintar menemukan supplier langsung tanpa harus melalui perantara reseller/dropshipper.

Yang lebih mengerikan lagi adalah kita tidak pernah tahu apa yang akan dilakukan raksasa e-commerce yang mendominasi seperti Tokopedia dan Bukalapak kedepannya, perusahaan-perusahaan e-commerce B2C sudah banyak berjatuhan, dalam kasus terburuk mereka bukan hanya membunuh para pemain e-commerce (termasuk dropshipper), tetapi juga para seller dan penjualnya. Bagaimana bisa? Faktanya hal ini sudah terjadi di luar negeri oleh monopoli Amazon, pertama Amazon akan mengundang user untuk berjualan di marketplace mereka, lalu para seller berusaha berinovasi dan mencoba berbagai cara mulai dari pricing, marketing, promosi, dll sampai akhirnya mereka bisa sukses berjualan disana, namun dibalik layar Amazon mengamati para seller ini secara diam-diam, menganalisa data progress, pertumbuhan, kompetisi, dan profit yang penjual hasilkan, apa yang selanjutnya dilakukan Amazon?

  • Amazon akan mengcopy produk-produk sellernya dan memberinya label “Amazon Basics”.
  • Mereka akan memberi harga termurah yang mustahil disaingi oleh siapapun.
  • Mereka akan mempromosikan produknya dengan lebih baik toh ini website mereka sendiri.
  • Memberikan berbagai promo menarik, diskon, free ongkir, dll untuk memenangkan penjualan.
  • Dan tinggal menunggu waktu para seller-seller ini akan terdepak dengan sendirinya.

Hal diatas benar-benar terjadi dan merupakan salah satu taktik bisnis yang cenderung kotor, di Indonesia kita bisa lihat trik yang sama seperti Indomaret/Alfamart yang membuat brandnya sendiri dengan harga lebih murah, walaupun memang mereka tidak akan bisa mengcopy brand value dan kualitas dari suatu produk, namun bisa dibayangkan kalau bisnis sekelas Tokopedia/Bukalapak melakukan hal yang sama seperti kasus Amazon Basics diatas, setidaknya pasti akan memiliki dampak yang sangat besar kepada para reseller maupun seller/supplier yang berjualan di marketplace tersebut.


Menurut saya peluang usaha dropship kurang begitu bagus kedepannya apalagi kalau kamu mau membangun bisnis untuk jangka panjang, namun ini hanya sudut pandang/perspektif saya pribadi, kenyataannya belum tentu begitu, silahkan dicoba saja sendiri kalau kamu penasaran dan buktikan kalau opini saya salah, sejauh ini yang saya lihat e-commerce di Indonesia masih sangat kompetitif dan cenderung perang harga, jadi kemungkinan besar mereka yang menang adalah mereka yang punya modal dan budget lebih.

Saran saya lakukanlah dropship kalau kamu mau:

  • Belajar tentang cara menjual, menghasilkan sales, promosi/marketing, belajar strategi penjualan, dan memahami dunia bisnis e-commerce terutama mempelajari market di Indonesia.
  • Mendapatkan penghasilan dan uang jajan tambahan.
  • Memperkaya portofolio dengan membuat website toko online atau mempelajari digital marketing untuk menambah ilmu.
  • Ingin belajar bisnis secara langsung (praktek) namun tidak punya modal untuk memulai.

Setidaknya dengan menjalani dropship kita memiliki pengalaman first-hand experience bagaimana rasanya menjalani bisnis dan membangun brand secara langsung tanpa harus keluar banyak biaya.

Pertanyaan selanjutnya, apa peluang usaha atau model bisnis terbaik untuk dikerjakan sekarang (atau di masa depan)?

Kita semua sekarang hidup di era digital, cepat atau lambat semuanya akan berpindah keranah digital dan online, jadi salah satu peluang usaha terbaik khususnya untuk para generasi milenial dan generasi Z adalah apapun yang bisa menjual waktu dan perhatian seseorang.

Apa maksudnya?

Maksudnya adalah kita harus bisa mendapatkan attention atau perhatian dari orang lain dan memonetize-nya, contoh simpelnya seperti yang saya lakukan di blog Solusik ini. Di masa depan mata uang yang paling berharga bukan lagi rupiah/dolar/emas, value yang paling berharga nantinya adalah waktu dan perhatian.

model bisnis usaha terbaik paling bagus sekarang masa depanMengapa Google dan Facebook yang gratis kita gunakan itu bisa memiliki valuasi ratusan milyar dolar? Karena mereka memiliki atensi/perhatian dari milyaran orang, dan ini baru permulaan, kedepannya akan semakin banyak pengguna internet dan cepat atau lambat segala aspek kehidupan kita akan tersentuh oleh teknologi dan digital, itulah mengapa semua perusahaan-perusahaan besar di luar negeri mulai menginvestasikan bisnisnya pada perkembangan AI/kecerdasan buatan, karena mereka menganggap “the next big thing” setelah internet adalah robot yang nantinya juga akan berkolaborasi dengan perkembangan teknologi dan internet, jadi sudah bukan jamannya lagi kita kerja keras menjadi kuli kasar (kerja mengandalkan tenaga) karena memang realitanya semua pekerjaan tersebut akan tergantikan oleh robot, bahkan di luar negeri para supir/driver sudah mulai terancam dengan adanya self-driving car (tinggal menunggu waktu hal ini terealisasikan).

Karena itulah saya menganggap blog (SEO + AdSense) dan YouTube termasuk investasi masa depan yang baik karena kepunyaan Google, dalam 10-20 tahun kedepan sepertinya Google masih akan terus berada di puncak untuk urusan internet dan teknologi.

Karena itu bisnis apapun yang di back up oleh Google seperti aplikasi Android, blog AdSense, YouTube, dan bisnis apa saja yang bisa menjual waktu dan perhatian adalah salah satu peluang usaha dan model bisnis terbaik baik sekarang maupun di masa depan.

Kalaupun saya punya uang ratusan milyar, pasti akan saya investasikan ke saham Google (Alphabet) karena menurut saya masa depan Google sangat menjanjikan, namun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya, bisa saja nasibnya sama seperti kasus Yahoo yang berakhir menyedihkan.

Contoh beberapa bisnis terbaik yang bisa dikerjakan menurut saya adalah:

  • Membuat aplikasi yang sifatnya free namun bisa di monetize dengan cara lain seperti iklan, subscription, dll.
  • Membuat blog dan website yang memiliki banyak pengunjung.
  • Membuat channel YouTube.
  • Membuat komik digital, animasi, meme, dan karya yang bisa dinikmati banyak orang di internet/sosial media.
  • Membuat bisnis/startup yang menghubungkan antara masalah dunia real dengan dunia digital/internet.
  • Menjadi konten kreator dalam medium apapun yang bisa menarik perhatian.

Kalau orang jaman dulu mengaggap aset bisnis terbaiknya adalah properti, barang fisik, stok produk, dan semacamnya, maka aset bisnis anak-anak jaman now (generasi milenial dan gen Z) adalah followers, subscribers, brand value, personal image, waktu dan perhatian. Itulah sebabnya banyak influencer bermunculan mulai dari aplikasi Tik Tok, seleb Instagram, youtuber gaming, dll.

Kabar baiknya masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk market di Indonesia, konten edukasi dan hiburan berkelas masih kurang populer karena kebanyakan yang terkenal adalah konten hiburan/entertain yang kurang mendidik bahkan cenderung merusak (acara prank sampah, setan-setanan, settingan bodong, buka-bukaan aib, drama clickbait, dll), karena itulah saya membuat blog ini supaya warga internet (netizen Indonesia) bisa lebih kritis dan cerdas, mengubah selera mereka menjadi lebih baik, bukan hanya sekedar menonton kreator yang hobi pamer isi dompet ketimbang isi otak, bisa membedakan mana yang tidak penting dan mana yang betul-betul bisa membuat mereka menjadi lebih baik dan sukses dalam hidupnya.

Entertainment itu penting, kita semua butuh hiburan, namun jangan sampai porsi hiburan kita tidak diimbangi dengan edukasi, mereka yang sukses lebih suka dididik daripada dihibur, gunakanlah waktu dan perhatian yang Anda miliki dengan bijak karena hal itu akan semakin mahal di masa depan.


Related Post: