Panduan Beriklan Facebook Ads Dengan Transfer Bank (Tanpa Kartu Kredit)

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan Facebook Ads, yaitu cara beriklan melalui facebook yang iklannya selalu muncul saat kita sedang menelusuri social media tersebut. Saat ini ada 4 slot iklan yang bisa Anda coba yaitu:

  1. Desktop News Feed: iklan akan muncul di halaman home/news feed dari target audience Anda (PC/laptop)
  2. Desktop Right Column: iklan akan muncul di sidebar sebelah kanan facebook (PC/laptop)
  3. Mobile News Feed: iklan akan dimunculkan pada halaman news feed pengguna smartphone/mobile
  4. Instagram & audience network: iklan akan ditayangkan melalui partner jaringan facebook seperti instagram dan lainnya (diluar domain facebook)

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara menggunakan FB Ads dengan pembayaran transfer bank (tanpa kartu kredit) dan mengoptimalkannya dengan Facebook Page.

Apapun jenis bisnis Anda baik itu toko online/media/blog/dll akan lebih baik jika Anda membuat Facebook Page terlebih dahulu sebelum menggunakan Facebook Ads. Mengapa? Karena akan lebih mudah menarik user facebook lebih dekat jika kita sudah memiliki otoritas di facebook (fanspage).

Jika Anda masuk kehalaman fanspage, maka Anda akan melihat 3 jenis beriklan yang facebook tawarkan yaitu:

  • Promote page = mempromosikan fanspage Anda kepada user facebook untuk menambah jumlah likes
  • Promote website = meraih lebih banyak audience untuk mengunjungi website Anda (visitor)
  • Boost post = menyebarkan postingan fanspage Anda untuk menjangkau lebih banyak audience

Anda bisa memilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, dan setelah itu Anda bisa mulai membuat iklan pertama Anda. Jika Anda tidak ingin membuat fanspage, maka Anda bisa langsung masuk ke advert manager pada menu “create adverts” diatas menu setting/log out, dan pilih jenis kampanye yang Anda inginkan.

  1. Pertama-tama tentukan target audience Anda seperti umur, gender, lokasi, dan interest/minat.
  2. Masukkan budget & durasi iklan yang ingin ditayangkan.
  3. Setelah semua settingan iklan Anda selesai (tinggal ikuti saja petunjuk dari Facebook, semuanya sudah lengkap dijelaskan dan tidak perlu khawatir karena semua settingan iklan ini bisa Anda hentikan/ubah kapanpun yang Anda mau bahkan saat iklan sedang berjalan), klik “Place order”.
  4. Anda akan diarahkan kehalaman pembayaran/payment method.transfer-bank-facebookPilih pembayaran dengan menggunakan “ATM dan Bank Transfer” setelah itu continue.atm-facebookChecklist box yang disediakan dan klik “Use Manual Payments”. Harap diingat bahwa sekali Anda menggunakan metode manual ini (transfer bank) maka Anda tidak bisa menggunakan metode pembayaran lain selamanya. Tidak perlu khawatir karena Anda sebenarnya bisa membuat akun baru atau menggunakan akun orang lain jika memang ingin menggunakan pembayaran lainnya.
  5. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman review payment dan masukkan besarnya uang/saldo yang ingin Anda gunakan untuk kampanye iklan facebook Anda. Setelah itu make payment, dan facebook akan memunculkan halaman berikut:facebook-dokuKlik continue dan akan muncul window baru dari Doku yang berisi rincian pembayaran Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah membaca panduan yang sudah disediakan berupa “Cara membayar di ATM” atau “Cara Membayar Melalui Internet Banking”. Pembayaran ini hanya bisa dilakukan melalui ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto (seperti BCA, Mandiri, dll).
  6. Klik “Get Payment Code” dan Anda akan mendapatkan kode pembayaran berupa 16 digit angka yang harus Anda masukkan saat mentransfer melalui rekening bank Anda.cara-membayar
  7. Silahkan bayar melalui ATM/internet banking sesuai petunjuk yang ada dan nominal saldo yang diminta.
  8. Setelah selesai transfer, Anda tinggal menunggu saldo di akun facebook Anda bertambah (proses kira-kira 3-12 jam), dan kampanye/iklan Anda akan segera berjalan. Simpanlah bukti struk transfer Anda untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  9. Untuk melihat status pembayaran Anda, Anda bisa cek melalui akun facebook Anda atau melalui email user facebook tersebut.


Beberapa tips penting:

  • Buatlah facebook page terlebih dahulu dan buat iklan/kampanye melalui profile page Anda (promote page/promote website/boost post)
  • Gunakan sistem bayar/charge dengan sistem CPC (link click) atau post engagement supaya hasil yang didapat lebih maksimal
  • Targetkan audience diluar orang yang sudah menyukai FP Anda (exclude people who likes your page), supaya iklan Anda menjangkau orang-orang baru
  • Maksimalkan target audience & placement serta advert creative sebaik mungkin, buatlah gambar & headline yang sangat mengundang (namun tidak missleading) dan aturlah jadwal jam iklan yang sesuai dengan segmen audience Anda (usahakan diluar jam kerja)
  • Pantaulah status advert Anda, jika engagement yang dihasilkan buruk maka segera hentikan iklan tersebut dan coba gunakan metode yang lain, ingat pada akhirnya Anda mencari engagement dari audience Anda bukan sekedar kuantitas likes/visit.

Baca juga: Cara beriklan di Google tanpa kartu kredit


Related Post: