Mengejar Kesuksesan atau Lari Dari Kegagalan

Apakah Anda sedang mengejar kesuksesan atau justru hanya lari dari kegagalan?

Apakah yang Anda kerjakan sekarang betul-betul membuat diri Anda sukses atau hanyalah pelarian semata dari bayang-bayang kegagalan?

Hidup terasa tidak adil bukan? Orang-orang bisa sukses dengan cepat, teman-teman sudah berada dipuncak karir, sedangkan kita masih disini, meratapi keberadaan yang menyedihkan ini.

Anda sudah berusaha sekuat tenaga, tetapi selalu saja berakhir dengan kegagalan. Diluar sana banyak orang jenius dan berbakat yang bisa sukses semuda mungkin (annoying people), sedangkan kita masih saja berjuang dengan progress yang begitu-begitu saja.


Anda bertanya-tanya “apa lagi yang harus saya lakukan?”.

Cobalah introspeksi diri Anda terlebih dahulu.

1. Jangan lari dari kegagalan

lari dari kegagalanSebagian orang bertahan pada pekerjaan yang salah, bisnis yang salah, lingkungan yang salah, karena 1 hal: mereka tidak mau menerima kegagalan. Mereka tidak mau menerima bahwa langkah yang sudah mereka ambil adalah jalan yang salah, terlebih waktu mereka terbuang sia-sia. Bahkan mereka tidak ingin kehilangan “image sukses” dipikiran orang lain.

Apakah yang Anda kerjakan sekarang adalah jalan menuju kesuksesan atau justru jalan untuk lari dari kegagalan?

“Bagaimana saya bisa tahu?”, cobalah jawab pertanyaan ini:

  • Apakah Anda yang sekarang lebih pintar dari diri Anda setahun yang lalu?
  • Apakah Anda yang sekarang lebih kaya dari diri Anda setahun yang lalu?
  • Apakah Anda bahagia dengan keadaan yang sekarang?
  • Pernahkah terbesit dipikiran Anda kalau masa lalu terasa lebih menyenangkan?
  • Apakah Anda bergairah setiap paginya atau hanya berharap bisa cepat tidur dimalam hari?

Jawablah pertanyaan diatas dengan jujur, dan definisikan diri Anda sendiri. Jika Anda merasa gagal maka segera lakukan poin kedua.

2. Mengakui kegagalan

mengakui kegagalanBeri sedikit waktu untuk diri Anda sendiri, merenunglah, dan terimalah kalau Anda telah gagal. Ya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakui kegagalan Anda.

Diluar sana selalu ada orang yang:

  • Lebih sukses dari Anda
  • Lebih kaya dari Anda
  • Lebih pintar dari Anda
  • Lebih rupawan dari Anda
  • Lebih populer dari Anda
  • Lebih berbakat dari Anda
  • Dan lebih dalam hal-hal lainnya

Anda bisa merasa iri dan membenci diri Anda sendiri, atau Anda bisa mengakui kalau Anda memang kalah (lose), terimalah bahwa Anda memang tidak sehebat yang Anda pikirkan dan move on.

Anda telah gagal, lalu apa yang harus dilakukan?

Nikmati kegagalan Anda. Nikmati perasaan sebagai seorang pecundang, bersyukurlah karena Anda sudah tidak bisa lebih rendah lagi, tidak ada yang salah dengan menjadi pecundang. Semua orang pasti pernah gagal/kalah dalam hidupnya. Bersyukurlah karena hanya dengan kalah kita bisa menghargai arti kemenangan yang sesungguhnya.

3. Mulai kejar kesuksesan Anda

selalu ada sisi positif dari setiap keadaanTidak yakin dengan apa yang akan Anda kerjakan? Hidup Anda? Karir Anda?

Sebenarnya itu bukan masalah. Bahkan rencana paling terorganisir sekalipun bisa hancur berantakan. Jangan buang waktu terlalu lama untuk rencana, ingat rencana terbaik dapat hancur berantakan. Pilih sesuatu, rencanakan secukupnya, dan kerjakan.

Ikuti kata hati Anda dan kerjakan saja apa yang sudah Anda pilih.

Stop trying to figure out life

Berhenti memikirkan tentang kehidupan. Fakta terpenting yang harus Anda ketahui adalah sekarang Anda hidup dan masih bernafas.

Jangan terlalu pusing dengan masa depan seperti:

Sekolah/kuliah –> mencari kerja –> membeli rumah –> menikah –> memiliki anak (berkeluarga) –> liburan –> hidup bahagia

Terdengar idealis, tetapi kenyataannya Anda bisa gagal dalam hal apapun. Aman atau tidak aman, itu semua tidaklah penting. Anda bisa saja dipecat perusahaan, bisnis Anda bisa saja bangkrut, Anda bisa saja bercerai setelah menikah, bahkan mungkin minggu depan Anda sudah tidak ada didunia ini lagi (mati). Siapa tahu?

Just give it a shot.

Cobalah saja, lakukan hal yang memang Anda ingin lakukan sejak dulu, entah itu pindah kerja, memulai bisnis, menyatakan perasaan pada orang yang Anda suka, atau apapun kesuksesan yang ingin Anda kejar, berangkatlah menuju kesana sekarang, detik ini juga.

Ada kemungkinan Anda akan berakhir dengan kegagalan, tetapi begitu juga semua hal dalam hidup ini, sehingga melakukan apa yang ingin Anda lakukan jauh lebih penting daripada berhasil atau tidaknya, just do it.

Berhenti lari dari kegagalan dan mulai kejar kesuksesan Anda sekarang juga. Mulai hari ini dan besok akan menjadi hari-hari terindah dalam hidup Anda 🙂

lakukan apa yang ingin anda lakukan


Related Post: