Cara Meningkatkan Percaya Diri & Alasan Mengapa Kita Harus PD

Kita semua dipengaruhi oleh lingkungan. Seberapa pintar/cantik/kaya/sukses diri Anda itu relatif. Begitu juga dengan rasa percaya diri.

  • Pernahkah Anda merasa minder/kurang PD saat berkumpul dengan orang-orang yang Anda anggap jauh lebih sukses/hebat dari diri Anda.
  • Atau sebaliknya pernahkah Anda merasa sombong (full of yourself) karena merasa lebih hebat dari orang-orang yang Anda anggap lebih rendah (inferior) dari diri Anda.

Mau tidak mau, sadar atau tidak sadar insting kita akan selalu melakukan “perbandingan” ini terhadap seseorang/lingkungan yang kita temui. Saya gunakan kata “Anda anggap” karena pada kenyataannya belum tentu orang tersebut lebih baik/lebih rendah dari yang Anda pikir(relatif).

Ada 2 fakta menarik yang selalu terjadi, yaitu:

  • Otak kita cenderung membuat diri kita kurang percaya diri dari yang sewajarnya.
  • Orang-orang lebih bodoh dari biasanya saat berada didunia luar/real.

Artinya kita cenderung minder jika melihat orang lain yang “kita anggap diatas level kita” dan menjadi lebih bodoh saat berada 1 tempat dengan orang-orang tersebut. Anda bisa lihat sendiri melalui komentar-komentar masyarakat di internet, betapa cerdasnya orang-orang berargumen di forum/social-media, atau bagaimana cara mereka mengkritik suatu karya. Anda dapat menarik kesimpulan bahwa setiap orang cukup pintar untuk dapat melakukan analisa yang brilian saat mereka tidak berada di dunia luar/real, saat mereka murni hanya menggunakan pemikiran/otak mereka.


Berbeda sekali jika saat kita berada didunia luar/real, tekanan sosial dari lingkungan, faktor relatif dan perbedaan kelas dapat mengacaukan pikiran dan kesadaran kita secara tidak langsung. Karena pada dasarnya Anda dinilai dari apa yang telah Anda lakukan, bukan niat dan seberapa cerdas/brilian Anda berpikir.

Memang apa untungnya kalau kita percaya diri?

Karena hasil dari percaya diri itu “nyata”, orang yang percaya diri itu terlihat lebih menarik, bahkan rasa percaya diri itu menular (begitu pula dengan kebodohan), dengan percaya diri Anda telah membuka banyak peluang/kesempatan untuk menjadi lebih sukses.

  • PD memberi Anda kekuatan untuk bertindak. Semua orang sesungguhnya tidak benar-benar tahu apa yang sedang ia kerjakan atau kemana tujuan mereka pergi, mereka hanya “yakin” dan percaya apa yang mereka kerjakan akan menghasilkan sesuatu yang baik. Karena itulah kita sering mendengar istilah “lebih baik salah keras (PD) daripada benar tetapi tidak kedengaran”.
  • PD membuat Anda merasa lebih baik. Rasa percaya diri menumbuhkan harapan, mungkin terlihat seperti ilusi tetapi segalanya menjadi lebih baik saat Anda percaya (you are what you think).
  • PD membuat orang lain percaya pada diri Anda. Jika Anda yakin (atau berpura-pura yakin) dengan apa yang Anda kerjakan, maka orang lain juga akan percaya walaupun kita tidak tahu hasil akhirnya akan seperti apa. Dunia seakan mendukung Anda, jika Anda yakin/percaya dengan apa yang Anda lakukan.

Tentu terlalu percaya diri/yakin juga dapat membawa dampak negatif, tetapi itu tetap lebih baik daripada tidak percaya diri/minder.

Lalu bagaimana caranya supaya kita percaya diri, entah siapapun kita dan dimanapun lingkungan kita berada?

Berikut cara membuat Anda lebih percaya diri, siapapun Anda dan dimanapun Anda berada:

– Pastikan apa yang Anda lakukan “diperhatikan/dilihat/disaksikan” oleh orang lain

Tidak ada masukkan yang lebih baik selain feedback/komentar dari orang lain. Artinya apapun yang Anda kerjakan atau karya apapun yang sedang Anda buat harus dilihat dan dirasakan dampaknya oleh orang lain. Bagian tersulit dari rasa PD itu adalah saat melakukannya didepan orang-orang. Kita semua berani menyanyi dikamar mandi sendiri, tetapi berbeda saat kita berada diatas panggung. Rasa percaya diri akan meningkat drastis saat Anda melakukannya untuk orang lain. Anda tidak bisa membangun rasa PD hanya dengan memikirkannya dikepala Anda, atau melakukannya sendirian dirumah.

– Effort is king

Bagian terbaik dari usaha/kerja keras adalah hal itu selalu membuahkan hasil. Anda bukan seorang penulis, tapi jika Anda berusaha keras dan terus menulis maka Anda akan menghasilkan sesuatu melalui niat itu sendiri. Walaupun Anda tidak percaya, berusahalah sekeras mungkin karena itu membawa Anda pada tujuan yang sama. Ingatlah bahwa PD itu sendiri tidak akan membawa Anda kemana-mana, usaha tetap yang nomor 1. Apapun itu harus dibayar dengan usaha & waktu.

– Pantang menyerah

Kita semua pasti akan mengalami kegagalan/penolakan dalam hidup. Tidak mungkin tidak. Dan semakin Anda ditolak/gagal semakin surut pula rasa percaya diri Anda. Salah satu trik simpel untuk mengatasinya adalah dengan menerima kegagalan dan menganggap bahwa kegagalan justru membawa Anda lebih dekat pada kesuksesan. Pantang menyerah, coba sekali lagi, coba hal yang lain, lagi dan lagi, yang terpenting jangan menyerah.

– Achieve something

Ingat bahwa rasa percaya diri terbesar datang saat Anda melakukan sesuatu (Anda dinilai dari apa yang sudah Anda lakukan, bukan apa yang Anda pikir), tentu rasa PD ini tidak akan terjadi jika Anda tidak pernah melakukan achievement apapun selama hidup Anda. Rasa PD tidak dapat diberikan oleh orang lain (termasuk melalui artikel ini), Anda sendiri yang harus memenangkan rasa PD itu, mulailah membangun rasa percaya diri, dan cara tercepat untuk membangun rasa PD itu adalah dengan melakukan sesuatu/pekerjaan atau membuat karya dihadapan orang lain yang menghargainya. Mulailah dari orang-orang terdekat atau mereka yang menghargai apa yang Anda lakukan.



Setiap orang pasti pernah merasa tidak percaya diri, pada akhirnya setiap orang bertanggung jawab atas pribadinya masing-masing. Mulailah membangun rasa percaya diri itu, mulailah bergerak, achieve something, jadilah pahlawan, percayalah pada diri Anda sendiri. Semua orang dapat menjadi pahlawan dengan caranya sendiri, semua orang termasuk Anda yang membaca artikel ini.

Kembali pada pertanyaan awal, mengapa harus percaya diri?

Karena kalau bukan Anda yang percaya, siapa lagi?

mengapa harus perlu percaya diri pd