Mencari Kebahagiaan (Cara Hidup Bahagia)

Terkadang kita merasa bahagia itu sulit, kita sudah memiliki kekayaan, uang, harta, dan hidup yang cukup, namun kita tidak merasa bahagia karena wajah kita kurang menarik. Atau sebaliknya kita sudah diberi ketampanan/kecantikan tetapi kita sulit bahagia karena kita tidak kaya.

Kita mengkondisikan seolah kebahagiaan itu relatif. Kebanyakan dari kita “membanding-bandingkan” seberapa bahagianya hidup kita (apa yang kita miliki dan tidak dimiliki orang lain), dan kita akan senang jika kita memiliki lebih banyak dari orang lain, entah itu perhatian, cinta, uang, popularitas, ataupun pengalaman hidup.

Seperti itulah syarat kebahagiaan yang dibentuk oleh masyarakat kita. Contohnya seperti “cici-cici instagram” (wanita sosialita yang suka pamer kehidupan di instagram) yang suka memamerkan kehidupan/ketenaran hidupnya, aktivitasnya, dan bla.bla.bla yang bisa membuat penontonnya iri & dengki.

Seolah mereka adalah orang yang paling beruntung dan diberkati, sedangkan jika sedang galau, mereka merasa sebagai orang paling terzolimi atau tidak beruntung didunia, karena seperti itulah paradigma yang terbentuk.


Pernahkah Anda memperhatikan, orang yang lebih hebat dari Anda entah dalam hal kekayaan, fisik, ataupun kehidupan sosial adalah “orang yang Anda anggap lebih bahagia dari Anda”, dan mereka yang lebih inferior dari Anda baik secara materi, fisik, dan sosial adalah “orang yang Anda anggap tidak lebih bahagia dari Anda”.

Kenyataannya itu sangat tidak benar. Kebahagiaan adalah masalah keputusan. Artinya jika Anda ingin bahagia maka Anda akan bahagia. Caranya? Putuskan bahwa Anda ingin bahagia sekarang. Ya, sekarang, detik ini juga saat Anda sedang membaca tulisan ini.

Mari kita pelajari cara simpel & super efektif untuk membuat Anda lebih bahagia.

– Bersyukur

Anda yang sedang membaca tulisan ini (ya ANDA), saya yakin 100% sudah sangat diberkati dengan kekayaan yang cukup. Secara global, hampir setengah penduduk di bumi hidup kurang dari Rp 25.000,- sehari. Dan 80% penduduk di dunia hidup kurang dari Rp 100.000,- sehari. Bagaimana dengan Anda? Ya, Anda sudah kaya. Setidaknya Anda sudah lebih kaya dari 50% seluruh manusia di bumi. Apakah itu masih belum cukup untuk membuat Anda bersyukur?

Bersyukurlah karena Anda sudah sangat diberkati dalam hidup ini 🙂

– Akses

Anda yang sedang membaca tulisan ini artinya Anda memiliki akses internet. Di Indonesia penetrasi internet hanya 30%, artinya Anda sudah memiliki akses informasi dimana 70% rakyat Indonesia tidak memilikinya. Apa artinya? Anda sudah lebih berwawasan (tergantung dari cara Anda menggunakan internet) dari 175 juta penduduk di Indonesia. Yes, you are smart!

– Tujuan

Tanpa tujuan akan sulit sekali untuk bahagia, segeralah mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup, salah satu cara termudah adalah dengan mencari passion Anda. Berjuanglah karena mencari dan melakukan passion Anda itu terkadang bisa sulit dilakukan.

Memang hal-hal terbaik dalam hidup ini sudah diberikan kepada Anda dengan gratis. Tetapi yang berikutnya akan sangat-sangat mahal, karena itu bayarlah harga yang memang harus dibayar jika Anda ingin terus berbahagia. Bergeraklah, karena cara terbaik untuk bersyukur adalah dengan menjadi lebih bersyukur, achieve more, find your purpose, and be happy 🙂

– Kekayaan

Kebanyakan orang mengukur kekayaan dengan seberapa banyak harta/uang yang mereka miliki. Tidak ada yang salah dengan pandangan tersebut. Tetapi apakah hanya ukuran itu yang jadi faktor kekayaan?

Ada sudut pandang lain yang lebih baik tentang bagaimana kita mendefinisikan kekayaan, yaitu seberapa menarik pengalaman hidup yang kita miliki. Pengalaman hidup yang menarik ini bisa seperti kencan, meraih mimpi, membuka usaha sendiri, kehidupan sekolah/sosial yang indah, dan sebagainya. Dan pengalaman hidup yang paling kaya adalah hidup untuk membahagiakan orang lain, membantu sesama, dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.



Putuskanlah untuk berbahagia. Anda akan bahagia karena keputusan Anda sendiri. Jika Anda mencari kebahagiaan maka jawabannya sudah ada didalam diri Anda. Ingatlah quotes ini dengan baik:

“The best things in life are free, the second best are very-very expensive.”

Bersyukurlah dengan apa yang sudah diberikan kepada Anda secara cuma-cuma, dan bayarlah harga-harga berikutnya yang memang harus Anda bayar. Pay the price and you’ll be happy.

the-best-things-in-life-are-free