Kata Kata dan Cara Agar Selalu Beryukur Dalam Hidup Ini

Untuk sejenak mari lupakan segala permasalahan hidup.

Untuk sejenak mari kita hilangkan beban pikiran yang ada.

Untuk sejenak mari lepaskan beban pekerjaan dan kesibukan Anda.

Dan untuk sejenak saja luangkan waktu Anda untuk merenungkan generasi kita, generasi pengisi masa depan Indonesia.


future-is-hereKita hidup di generasi internet, generasi dimana segala kehidupan kita bersentuhan dengan teknologi dan internet. Beberapa orang mungkin tidak suka atau bahkan membencinya, tetapi inilah generasi kita. Teknologi dan internet adalah masa depan kita, Anda boleh tidak menyukainya/mengikutinya tetapi Anda pasti akan semakin tertinggal. Ini bukanlah pilihan tetapi kenyataan yang ada didepan mata.

Generasi masa depan adalah generasi teknologi dimana semuanya akan tersentuh teknologi dan internet, mulai dari transportasi, pekerjaan, bisnis, sampai pemerintah semuanya akan berhubungan dengan teknologi dan internet.

Pastinya tidak ada generasi/era yang sempurna. Setiap generasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda mungkin merasa tidak beruntung lahir di era seperti ini, membanding-bandingkan hidup jaman dulu (khususnya era 90-an) dengan jaman sekarang, atau merasa keadaan Anda tidak seberuntung para orang tua kita. Namun untuk sejenak mari kita bersyukur telah HIDUP di era ini, khususnya untuk Anda yang sedang membaca artikel ini…

  • Bersyukurlah kita masih hidup hingga hari ini.
  • Bersyukurlah kita hidup di Indonesia, tidak berjuang ditengah bencana alam, atau perang, atau wabah penyakit, atau kelaparan.
  • Bersyukurlah kita memiliki akses internet (penetrasi internet hanya 30% di Indonesia).

Mungkin hal diatas tidak menarik perhatian kita. Tetapi renungkanlah sejenak saja kehidupan kita ini, khususnya kehidupan generasi kita.

Menurut saya generasi kita adalah generasi yang paling BERUNTUNG dari semua generasi yang pernah ada. Bayangkanlah Anda dapat mengakses informasi/pengetahuan apapun yang Anda inginkan (google/wikipedia), berinteraksi dengan siapapun termasuk artis/figure idola Anda (social media) dan jika beruntung mungkin mereka akan merespon/berinteraksi dengan Anda, Anda dapat menjual barang ke seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia (online shop), dan Anda dapat menikmati segala jenis hiburan tanpa batas mulai dari konten edukasi, lucu, horor, action, game, motivasi, olahraga, spiritual, sejarah, misteri, dan apapun itu di internet.

Dan anehnya adalah fakta diatas juga sudah tidak menarik perhatian kita lagi. Tentunya ada juga sisi negatif selain hal-hal positif yang disebutkan diatas, seperti cyber bulying, pembajakan, eksploitasi, dan lain-lain. Tidak ada generasi yang sempurna, setiap generasi memiliki sisi positif dan negatif, dan kita generasi penerus masa depan dapat membuat Indonesia lebih baik melalui teknologi dan internet. Gunakanlah teknologi dan internet dengan bijak, masa depan Indonesia ada ditangan Anda para generasi muda dan jangan menyia-nyiakan kesempatan (yang tidak akan pernah dimiliki generasi sebelum kita) itu dengan menjadi sampah dunia maya.

  • Jarak Anda dengan informasi apapun hanyalah sepenggal ketikan keyboard. (you can search anything)
  • Jarak Anda dengan siapapun hanyalah satu panggilan telfon, atau sms, atau chat, atau komentar.

Fakta diatas bisa sangat menarik sekaligus menakutkan (tergantung dari sudut pandang mana Anda melihat) tetapi itulah hidup. Mari bersyukur atas apa yang sudah kita miliki sampai detik ini, dan jika Anda membaca tulisan ini, bersyukurlah Anda karena hidup di era yang paling beruntung ini. Kita hidup di era yang paling luar biasa dari semua era yang pernah ada, dan mungkin beberapa dari kita tidak menyukainya (choice is yours).

choose-gratefulSebagai penutup renungkanlah baik-baik bahwa:

Anda boleh tidak suka dengan hidup ini, Anda boleh membenci generasi ini, Anda bebas menyalahkan keadaan/keberuntungan yang Anda punya, dan Anda bisa terus menyalahkan orang lain/keadaan/pemerintah/faktor eksternal lainnya. Tetapi satu hal yang pasti adalah menyalahkan (blaming) faktor eksternal tidak akan pernah membawa perubahan apapun yang lebih baik bahkan sebaliknya, janganlah merugi lebih jauh lagi (just don’t go any lower) dengan menyalahkan keadaan atau orang lain. Jika:

  • Keadaan tidak berjalan seperti yang Anda inginkan.
  • Orang lain/pemerintah tidak melakukan hal yang Anda harapkan.
  • Bos Anda tidak memberikan penghargaan/gaji yang pantas.
  • Pria/wanita yang Anda cinta tidak mencintai Anda.

Apa yang akan Anda lakukan…? Jika Anda berpikir itu semua salah keadaan/orang lain maka pemikiran itulah masalahnya. Memang berpikir positif tidak akan membuat semuanya lebih baik tetapi apalagi jika Anda berpikir sebaliknya… Karena pada akhirnya yang paling penting adalah pilihan yang Anda punya, sekarang pilihan yang ada hanyalah berpikir positif atau negatif. Mengapa berpikir negatif jika Anda memiliki pilihan yang lebih baik?

Kembali kepada judul, mari bersyukur apapun keadaan Anda sekarang, ingatlah Anda memiliki apa yang sudah dijelaskan diatas, dan lucunya kebanyakan dari kita bahkan tidak menyadarinya…

Good luck for your life 🙂

grateful-happy


Related Post: