Lulusan SMA Bisa Apa

A: “Lulusan SMA bisa apa? Apalagi jaman sekarang, makin banyak lulusan sarjana dari tahun ke tahun. Boro-boro lulusan SMA, sarjana aja susah cari kerjaan.”

B: “Gw cuma lulusan SMA, terus gw harus ngapain donk?”

A: Ya kuliahlah, jangan harap lulusan SMA bisa sukses disini.”

Mungkin percakapan diatas sudah tidak asing ditelinga kita, pendidikan memang sangat penting di Indonesia terutama “gelar S1” sebagai syarat dalam mencari pekerjaan. Entah seberapa brilian otak/skill Anda tetapi jika Anda tidak memiliki gelar S1 akan sangat sulit memenangkan interview, jangankan interview, dipanggil untuk test saja belum tentu.


“Terus saya harus ngapain dong, saya cuma lulusan SMA.”

Tentunya kita disini bukan untuk mengeluh/meratapi nasib, segera ganti pertanyaan yang ada dari “Gw cuma lulusan SMA, bisa apa gw?” menjadi “Ok, gw lulusan SMA, sekarang apa yang bisa gw lakukan?”, kembali ke topik utama (judul) yaitu “Lulusan SMA bisa apa”, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai “lulusan SMA” khususnya di Indonesia.

Ada 2 jenis pilihan yang saya berikan disini, yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

1. Jangka pendek

Untuk pilihan jangka pendek disini lebih fokus pada mencari pekerjaan/kesibukan/uang dan umumnya sudah sering dilakukan banyak orang. Berikut yang bisa Anda lakukan:

  • Bekerja freelance – keuntungan dari bekerja freelance adalah Anda “hampir” tidak membutuhkan ijazah atau gelar apapun yang penting adalah Anda “bisa” melakukan pekerjaan yang diminta (tergantung dari klien, beberapa klien terkadang mengharuskan freelancer memiliki ijazah), contoh simpel seperti menginput data, menulis artikel, mencari katalog/info, menjadi admin, dan lain-lain. Beberapa tempat untuk mencari pekerjaan freelance bisa Anda cari di: jobstreet, freelancer, sribulancer, atau mencari lowongan freelance baik dikampus-kampus, perusahaan, atau melalui website resmi yang sedang membutuhkan karyawan freelance/part time. Dengan catatan Anda juga harus cukup mumpuni untuk melakukan tugas/proyek yang diberikan, karena basicnya Anda bersaing dengan semua orang yang meng-apply proyek tersebut (biasanya freelancer dinilai dari portofolio/pengalaman).
  • Mencari pekerjaan dengan ijazah SMA – banyak sekali pekerjaan yang hanya butuh ijazah SMA seperti supir, admin kantor, receptionist, kurir, staff restoran, dan masih banyak lagi. Memang untuk jangka panjang tidak begitu menguntungkan karena minimnya skill/pengalaman yang Anda dapat juga bayaran yang seadanya, tetapi jika sekedar untuk mencari kesibukan/kerja, tidak ada salahnya melakukan pekerjaan tersebut.
  • Memanfaatkan barang/aset yang Anda miliki – jika Anda memiliki mobil maka Anda bisa menyewakan mobil Anda sekaligus menjadi supirnya kepada kenalan Anda atau bisa pasang iklan disitus marketplace mobil/jasa. Jika Anda memiliki rumah dan ada kamar kosong, itu juga bisa Anda sewakan/kontrakan kepada orang lain dengan memasang iklan seperti di rumah.com atau rumah123.com. Jika Anda memiliki motor, Anda bisa menjadi supir go-jek/grab bike dan sejenisnya. Intinya adalah manfaatkan semua aset/apapun yang Anda miliki, dan Anda juga harus jeli melihat peluang yang ada.
  • Bisnis kecil-kecilan atau self-employe – walaupun lapangan pekerjaan terbatas, tetapi Anda dapat menciptakan pekerjaan untuk diri Anda sendiri, Anda bisa membuat toko online dan mulai dengan menjadi reseller/dropship, suka jalan-jalan? Mulailah menjadi travel-blogger. Walaupun bisnis kecil-kecilan tetapi Anda juga harus rajin karena bisnis kecil biasanya mudah dikalahkan oleh pemain besar, selain itu modal yang ada juga terbatas, karena itu hindarilah bisnis yang bersaing langsung dengan bisnis-bisnis besar. Beberapa orang biasa memulai dengan bisnis online (karena murah), di Indonesia sendiri bisnis online yang paling menjanjikan menurut saya adalah toko online (jangka pendek) dan blog (jangka panjang). Setidaknya bisnis online tersebut terbukti menghasilkan uang yang nyata ketimbang bisnis online lainnya yang bertebaran diinternet (yang tidak jelas cash-flownya seperti apa).

2. Jangka panjang

Jika Anda ingin mengubah nasib Anda maka lebih baik Anda melakukan pilihan jangka panjang, karena pilihan jangka pendek yang dijabarkan diatas tidak akan banyak membantu kedepannya, intinya Anda hanya akan menukar waktu dengan uang. Anda harus membangun aset, sebagai lulusan SMA ada beberapa cara untuk Anda membangun aset yaitu:

  • Membangun aset pada diri Anda sendiri – caranya? kuliah? Jika Anda masih memiliki kesempatan/niat maka lakukanlah, jika tidak memiliki dana, Anda bisa mencari informasi beasiswa dikampus/sekolah/internet. Tapi jika kuliah bukan pilihan Anda, ada berbagai cara meningkatkan value Anda (selain gelar/kuliah) yaitu menjual “pengalaman Anda”.

work-for-freeAda beberapa orang yang sukses meniti karir sampai puncak tanpa memiliki ijazah S1, contoh Yoris Sebastian (Anda bisa cari/google sendiri), dia sukses tanpa gelar karena “pengalaman” (walaupun ia juga sempat kuliah), tetapi kasus seperti ini jarang terjadi didunia kerja, bisa dibilang momennya pas dan ada opportunity yang dia ambil pada saat itu.

Terus bagaimana kalau saya tidak punya pengalaman? Pada pilihan “jangka pendek” diatas seperti freelance/self-employe dapat menjadi “pengalaman” pertama Anda, dan jika memang tidak memungkinkan bekerja karena Anda tidak memiliki pengalaman apapun yang berharga maka “bekerjalah secara cuma-cuma”, mungkin terlihat buang-buang waktu tetapi percayalah tidak ada pekerjaan yang sia-sia jika Anda sungguh-sungguh melakukannya.

– Desain ulang logo perusahaan terkenal dan publish di social media/internet

– Buatlah blog dan publish artikel/tulisan Anda sendiri

– Ciptakan lagu/menyanyi/menari/buat tutorial dan upload di youtube

– Jago main game? Ikut turnamen/lomba game, siapa tahu Anda bisa menjadi atlit e-sport

Percaya atau tidak, sudah banyak orang-orang yang sukses memulai dari bekerja secara free/cuma-cuma. Jika tidak ada yang mempekerjakan Anda bukan berarti Anda tidak bisa bekerja, kenyataannya adalah Anda bisa bekerja kapanpun dan dimanapun tanpa perlu menunggu orang lain mempekerjakan Anda. Jika Anda memiliki waktu luang atau jika Anda pengangguran, jangan sia-siakan waktu, lakukan apapun yang dapat meningkatkan value Anda (walaupun tidak ada yang membayar), ikuti kursus/workshop, perbanyak pengalaman bekerja dan jika tidak ada yang mempekerjakan maka bekerjalah secara cuma-cuma.

Catatan: bekerja secara cuma-cuma bukan berarti Anda melakukan pekerjaan yang sia-sia, bekerja cuma-cuma disini lebih mengarah kepada pekerjaan free (tidak dibayar uang) tetapi Anda mendapatkan value berupa ilmu/skill/pengalaman/popularitas/reputasi/koneksi dan sebagainya (anggaplah seperti magang pada kuliah).

  • Ciptakan sesuatu/wirausaha – di Indonesia sangat sulit menjadi sukses/kaya dengan bekerja pada orang lain (karyawan) apalagi jika Anda hanya lulusan SMA. Bahkan lulusan sarjana akan kesulitan karena persaingan dengan lulusan luar negeri, ditambah lagi adanya faktor koneksi dan sebagainya. Jika membangun aset pada diri Anda sendiri belum cukup membuat Anda sukses, maka saatnya menciptakan aset lain yaitu dengan berwirausaha. Ini adalah metode terakhir dan termasuk cara yang paling sulit karena umumnya persaingan bisnis lebih kejam dan menantang ketimbang persaingan pada dunia kerja. Satu-satunya keuntungan dari berwirausaha adalah Anda tidak membutuhkan ijazah/gelar termasuk pengalaman/portofolio apapun. Kendala utama yang biasa dihadapi orang Indonesia dalam usaha adalah modal dan koneksi.


Kesimpulannya adalah jika keadaan Anda mendesak maka mulailah dengan pilihan jangka pendek, tetapi jika memungkinkan maka pilihlah yang jangka panjang, banyak cara untuk menjadi sukses, dan opsional diatas hanyalah segelintir metode yang bisa Anda terapkan sebagai lulusan SMA. Lulusan SMA atau SD tidak menentukan masa depan Anda, gelar S1/S2/S3 juga tidak menjamin Anda pasti sukses, semua kembali kepada Anda, bagaimana Anda menyikapi keadaan dan berusaha mengubah nasib Anda sendiri. Pendidikan itu penting, gelar itu penting, pengalaman itu penting, namun itu semua kembali kepada bagaimana Anda menggunakan apa yang ada tersebut untuk kesuksesan Anda.

Mereka yang sukses bukanlah mereka yang memiliki keadaan/nasib yang lebih baik, tetapi mereka yang bisa menggunakan/memanfaatkan keadaan dan nasib mereka dengan lebih baik.

Jangan menyerah terhadap keadaan, apapun itu tetaplah “berusaha”.

Stay positive and good luck 🙂

Baca juga: Cara Mendapat Pekerjaan Kantoran Tanpa Gelar Sarjana / Ijazah S1


Related Post: