Cara Memulai Langkah Pertama Anda Menuju Sukses (From Zero To One)

Memulai langkah pertama adalah hal yang paling sulit karena diawal itu ibarat menyelam kedalam sungai penuh buaya. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, resiko apa yang menghampiri, apakah bisa sukses, lalu bagaimana nasib kita kalau gagal?

Apakah Anda bosan dengan hidup Anda? Ingin melakukan perubahan yang berarti? Apakah Anda sekarang merasa bukan siapa-siapa (nothing) dan ingin menjadi sukses menurut definisi Anda sendiri?

Setelah membaca artikel ini Anda akan memulai langkah pertama Anda, mulai hari ini dan seterusnya Anda tidak akan pernah sama lagi.

Saya tidak menjanjikan Anda akan menjadi sukses “from zero to hero” atau “from nothing to something”, tapi kita akan memfokuskan dari untuk memulai (start), mengambil langkah pertama Anda (first step) dan berubah menjadi “from zero to one”.


Apakah Anda ingin sukses? Tidak peduli apakah tujuan Anda besar atau kecil, kita semua pasti ingin sukses. Sayangnya sebagian besar dari kita bahkan tidak pernah mencoba mengejar kesuksesan tersebut.

Karena memulai itu sulit, langkah pertama adalah langkah yang paling berat, saat diawal jangan muluk-muluk berpikir saya ingin menjadi super sukses, saya ingin menjadi miliarder, saya ingin terkenal, dsb.

No, diawal itu yang paling penting adalah mengambil langkah pertama (your first step), mulailah fokus dengan:

  • Mendapatkan gaji/komisi pertama Anda
  • Mendapatkan pekerjaan/proyek pertama Anda
  • Mendapatkan sales/customer pertama Anda
  • Mendapatkan pembaca/penonton pertama Anda
  • Mendapatkan user/follower/subscriber pertama Anda

It’s about getting from zero (0) to one (1).

Apakah Anda siap memulai langkah pertama Anda? Inilah 5 cara yang dapat membantu Anda berubah menjadi from zero to one:


1. Ketahui tujuan Anda

menetapkan tujuanAnda tidak akan bisa kemana-mana kalau tidak tahu mau pergi kemana. Tidak tahu apa tujuan Anda? Sebenarnya ini bukan masalah, bahkan nantinya tujuan Anda bisa berubah-rubah, rencana sebaik apapun bisa hancur berantakan, tetapi Anda tetap harus memiliki sebuah tujuan untuk bergerak.

Jangan dilema terhadap sebuah paradoks

Biasanya kita takut menetapkan tujuan karena merasa serba salah, kalau mengejar A takut kehilangan B, kalau mengejar B takut kehilangan A. Anda hanya perlu tahu satu fakta bahwa: life just to uncertain to have regret.

Tidak ada yang pasti dalam hidup ini dan hidup akan selalu seperti itu. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi dimasa depan? Hidup terlalu penuh dengan misteri, teka-teki, ketidakpastian, persetan dengan itu semua, mungkin saja besok Anda mati (who knows?). Terlalu bodoh kalau kita sampai menyesali sebuah pilihan.

Pilihan terbaik adalah pilihan yang kita tentukan sendiri (bukan karena orang lain), selama itu adalah hasil keputusan Anda sendiri maka Anda tidak perlu menyesali apapun, karena itu adalah jalan terbaik untuk hidup Anda.

Jadi pikirkan dengan baik apa tujuan Anda dan mengapa Anda mau menuju kesana. Masih bingung? Tetapkan saja sesuatu seperti:

  • Saya mau membuka usaha laundry supaya bisa membantu ekonomi keluarga.
  • Saya mau membuat startup supaya saya bisa mengubah hidup banyak orang.
  • Saya ingin bekerja diperusahaan ini karena industri ini adalah passion saya.

Your “why” is more important than your “how”.

Mengapa Anda “ingin” mengejar sesuatu jauh lebih penting dari “bagaimana cara” mengejarnya. Jika alasan Anda sangat kuat maka Anda akan selalu mencari cara, sebaliknya jika alasan Anda kurang kuat, dengan kesempatan seperti apapun Anda tidak akan pernah menuju kesana apalagi disaat sulit.

Tetapkan suatu tujuan yang kuat walaupun Anda tidak yakin, percaya saja, dan ikuti kata hati Anda. Your heart will never betray you.

2. Kosongkan diri Anda (zero)

mengosongkan diri dan pikiranAnda sudah memiliki tujuan, sekarang saatnya melupakan semua yang sudah Anda ketahui, kosongkan pikiran Anda, kosongkan diri Anda. Mulailah dari sudut pandang seorang pemula (from zero).

The heaviness of being successful was replaced by the lightness of being a beginner again, less sure about everything. It freed me to enter one of the most creative periods of my life.

– Steve Jobs

Jika Anda ingin memulai sesuatu, maka mindset seorang pemula (beginner) sangat penting untuk kesuksesan Anda. Dengan menjadi pemula Anda tidak memiliki beban/keharusan untuk sukses, tidak ada ekspektasi/kewajiban apapun, semua terasa tidak pasti/tidak aman, dan ini akan membebaskan Anda dari rasa takut membuat kesalahan dan kegagalan.

Jadilah seorang beginner, jadilah murid yang terus belajar, dan kombinasikan dengan tujuan pertama Anda.

Tujuan yang kuat + Kemauan untuk belajar apapun = Sukses

Inilah prinsip dasar dari semua achivement dalam hidup. Faktanya hidup hanyalah kombinasi hal-hal dasar.

  • Hanya ada tujuh notasi musik (Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si), namun kombinasi dari ketujuhnya menciptakan melodi yang jumlahnya lebih banyak dari yang bisa kita dengar.
  • Hanya ada lima warna primer (biru, kuning, merah, putih, hitam), namun kombinasi kelimanya menciptakan warna yang lebih banyak dari yang bisa kita lihat.
  • Hanya ada lima rasa utama (asam, pedas, asin, manis, pahit), namun kombinasi dari kelimanya menghasilkan lebih banyak rasa dari yang bisa kita rasakan.

Begitu pula dengan kesuksesan, 3 elemen utamanya adalah tujuan yang kuat, kemauan belajar, dan kerja keras.

Inilah fondasi dasar kesuksesan Anda. Tujuan akan memberi Anda motivasi yang kuat menghadapi berbagai masalah, kemauan belajar akan memberikan Anda ilmu dan pengetahuan untuk mencapainya, dan terakhir kerja keras yang akan membawa Anda kepada tujuan tersebut.

3. Nikmati ketidakpastian

apa yang ingin anda lakukan dalam hidupMungkin Anda bertanya-tanya:

“Realitanya ga segampang itu. Bagaimana saya bisa tahu kalau ini jalan yang benar?”

No, kita tidak akan pernah tahu apakah kita sedang berada dijalan yang benar atau tidak. Ingat hidup selalu penuh dengan ketidakpastian, dan kenyataannya hampir semua orang juga tidak yakin 100% dengan apa yang sedang mereka lakukan.

Lebih baik bingung tapi aktif, daripada bingung dan pasif

Walaupun Anda tidak yakin dengan tujuan Anda, itu bukanlah masalah selama Anda terus menyibukkan diri dengan hal-hal produktif bahkan sekedar menulis artikel, mengedit gambar/video, belajar bahasa baru, apapun itu Anda harus melakukan sesuatu.

Dan Anda harus menerima bahwa ada kemungkinan apa yang Anda kerjakan ini akan berakhir dengan kegagalan. Jangan menyesali apapun, ingat yang paling penting adalah kita mencoba dan mencoba.

Nikmati saja perjalanan Anda, nikmati proses demi proses yang ada, dan biasakan diri Anda terhadap ketidakpastian.

4. Tetapkan waktu

sekarang atau tidak sama sekali“Kapan saya harus memulai? Ah, nanti saja”, ya dengan “nanti” artinya tidak akan pernah (never).

Tetapkan langkah praktikal dan tujuan realistis yang bisa Anda kerjakan sekarang. Contoh saya ingin membuat toko online sepatu, maka yang harus saya lakukan adalah:

  • Mencari supplier yang menerima reseller melalui google/internet/marketplace
  • Membeli domain/hosting dan belajar cara membuat website e-commerce atau lebih simpel lagi menggunakan template/CMS yang sudah jadi
  • Segera membuat brand, buat logo (buat sendiri atau cari jasa desain)
  • Mulai mengupload produk dari katalog yang diberikan supplier
  • Marketing melalui sosial media, SEO, iklan baris, dll
  • Menghasilkan penjualan (sales) pertama
  • dan seterusnya

Aplikasikan struktur diatas kedalam tujuan Anda, apa yang ingin Anda capai? Mendatangkan trafik pertama Anda? Menghasilkan jutaan pertama Anda? Mulailah dari langkah sederhana yang bisa Anda kerjakan dan tetapkan deadline (sangat penting) untuk langkah-langkah tersebut.

Jangan pernah berkata nanti. Tetapkan waktu/tanggal yang jelas, atur jadwal dan lakukan pekerjaan yang harus Anda lakukan. Cukup tulis kegiatan apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda (saya yakin Andapun sudah tahu apa saja itu), catat dan kerjakan.

Begitu Anda sudah mencapai tujuan tersebut, ulangi lagi dengan tujuan yang lebih besar (misalkan dari menghasilkan 1 penjualan menjadi 100 penjualan). Tetapkan 100 penjualan itu sebagai target, catat apa saja yang diperlukan untuk mencapainya, dan lakukan. Ulangi terus sampai Anda mencapai tujuan yang lebih besar dan lebih besar lagi.

5. Bertahanlah

jangan menyerahThe beginning is always the hardest & slowest, that’s why most people give up, and that’s mean they give up their dream.

Apa yang jauh lebih penting dari kerja keras adalah endurance. Seberapa kuat Anda bisa bertahan dan terus konsisten dengan tujuan Anda. Apa yang akan Anda lakukan kalau semua tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda? Itulah sebab Anda harus memiliki tujuan yang kuat.

“Bagaimana supaya kita bisa menghadapi saat-saat sulit tersebut?”

Konsistensi adalah jawabannya.

Pada akhirnya yang membedakan orang sukses dengan orang gagal adalah mereka yang sukses tidak pernah berhenti mengejar tujuan mereka (ya betul, hanya sesimpel itu). Namun berhati-hatilah karena ada saatnya Anda harus maju terus dan saat dimana Anda harus berhenti dan mencoba sesuatu yang lain.

Baca juga (penting): Apakah Saatnya Anda Berhenti atau Maju Terus



Itulah semua yang perlu Anda lakukan untuk memantapkan langkah pertama Anda, kejar kesuksesan Anda dan jangan lari dari kegagalan. Sebagai ringkasan kesimpulan, inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Tetapkan tujuan yang kuat (tetapkan saja, jangan terlalu banyak berpikir/berencana)
  • Mulai dengan mindset seorang pemula (jadilah murid yang selalu mencari tahu dan belajar)
  • Nikmati ketidakpastian (jangan menyesali apapun, jalani pilihan yang sudah Anda ambil)
  • Tetapkan batas waktu (beri deadline untuk setiap langkah-langkah realistis yang akan dilakukan)
  • Kerjakan (first step) dan bertahanlah (bergeraklah, Anda hanya perlu mencoba, give it try)

Segera mulai langkah pertama Anda. From zero to one. GO!

memulai langkah pertama