Apakah Kerja Sama Orang Lain Membatasi Potensi Diri Kita Sendiri?

Saya suka sekali baca artikel tentang entrepreneurship di blog ini tapi sampai sekarang saya masih bekerja di perusahaan layaknya karyawan pada umumnya, yang mau saya tanyakan apakah kalau kita tetap memilih untuk terus bekerja di kantor/perusahaan akan membatasi potensi diri kita menjadi tidak maksimal? Saya tertarik dengan bisnis namun sayangnya itu hanya menjadi bayang-bayang di kepala saja, pada prakteknya butuh biaya dan pengorbanan untuk memulai bisnis, lalu mengingat gaji yang ditawarkan perusahaan itu juga masih sangat “menjamin” sehingga membuat saya semakin sulit untuk memulai usaha sendiri, bagaimana pendapat admin?

Apakah bekerja pada orang lain akan membatasi potensi terbaik diri kita? Ya, kalau Anda bekerja di perusahaan yang salah atau lebih tepatnya Anda bekerja di lingkungan yang salah. Saya yakin bahwa memilih atasan (kepada siapa kita bekerja) jauh lebih penting dari sekedar memilih pekerjaan/perusahaan, karena atasan/manajer yang baik akan memaksimalkan potensi setiap bawahannya bahkan mendorong mereka untuk menembus batasan-batasan yang ada, jadi jika perusahaan tempat Anda bekerja punya management kerja yang sangat baik dan atasan/lingkungan kerja Anda menghargai keberadaan Anda tentu Anda ada di situasi yang tepat.

Sebaliknya jika Anda bekerja di tempat yang salah maka sampai kapanpun Anda akan terus stuck, ini termasuk tanda bahwa Anda harus segera resign, beberapa contoh yang harus Anda waspadai seperti:

  • Atasan tidak mempercayai Anda, ia selalu meragukan kinerja Anda dan Anda tidak diberikan tugas/tanggung jawab yang lebih besar.
  • Atasan terkadang melakukan pekerjaan Anda (mengambil porsi kerja Anda).
  • Saat Anda bertanya dan butuh bantuan tidak ada yang membantu, paling-paling mereka hanya memberikan jawaban default/standar seperti liat di manual book, google, dll.

Tertarik memulai bisnis namun belum/tidak bisa melepas pekerjaan yang ada? Hampir semua entrepreneur juga mengalami hal yang sama, mereka awalnya bekerja pada orang lain lalu menemukan projek sampingan/bisnis kecil-kecilan di waktu luang, itulah juga yang terjadi pada saya. Anda tidak harus melepas pekerjaan untuk bisa memulai suatu bisnis, mulailah kecil-kecilan dengan budget dan waktu yang ada, dari situ Anda bisa mencicil sedikit demi sedikit sampai Anda yakin dan bisa fokus sepenuhnya pada bisnis Anda.


Saya juga kadang berpikir bagaimana kalau bisnis online yang saya jalani gagal dan bangkrut, namun sebenarnya tidak ada yang perlu di khawatirkan karena saya selalu bisa kembali bekerja di perusahaan kalaupun semua usaha saya tidak berhasil, jadi benar-benar nothing to lose, setidaknya saya tidak menyesal karena sudah mencoba.

Yang lebih sering menjadi dilema biasanya adalah masalah perbandingan income antara menjadi karyawan dan entrepreneur, sebagian orang suka membanding-bandingkan penghasilan antara gaji karyawan dan omset bisnis, padahal keduanya tidak harus dipisah seperti itu, kita bisa tetap mendapatkan gaji sambil memulai usaha dengan omset yang minim (kerja sambil usaha) dan begitu profit usaha sudah bisa menyamai gaji yang ada kita bisa mulai full-time menjalani bisnis.

Saya percaya untuk menjadi pebisnis kita tidak harus melepas pekerjaan/resign dari kantor, tindakan asal nekat seperti itu hanya akan menjadi kebodohan yang fatal apalagi jika usahanya gagal dan kita tidak punya jaminan/tabungan untuk survive.

Kesimpulannya bekerja pada orang lain tidaklah seburuk yang kita kita, bahkan itu bisa menjadi tempat terbaik untuk memaksilmalkan potensi diri jika bekerja di lingkungan yang tepat, jadi cobalah perhatikan bagaimana keadaan lingkungan Anda, apakah atasan dan teman kerja saling mendukung satu sama lain? Menjadi pengusaha/entrepreneur juga tidaklah selalu penuh resiko karena kita bisa memulai secara perlahan tanpa harus melepas jaminan-jaminan yang ada, jadi kalau Anda tertarik untuk berbisnis, mulai dari yang kecil saja dulu seperti menjalani bisnis online atau buat startup bersama partner Anda di waktu senggang.

Start small, act big.


Related Post: