Penyebab Kenapa Hidup Ini Selalu Penuh Dengan Banyak Masalah

Kenapa harus ada masalah dalam hidup ini? Mengapa oh mengapa hidup ini penuh cobaan dan selalu banyak masalah? Kenapa hidup ini seperti ujian? Kenyataannya kita semua memiliki kehidupan yang sudah sangat diberkati, kita hidup di jaman dengan serba kemudahan, kemajuan peradaban dan teknologi membuat segalanya bisa diakses dengan mudah hanya dengan sekali klik, informasi dan pengetahuan yang kita butuhkan sudah bertebaran gratis di internet, lalu mengapa masih saja banyak orang mengeluh dalam hidup ini?

Masalah sebenarnya bukan terletak pada kehidupan yang ada, melainkan pada pikiran kita masing-masing, permasalahan utama dalam hidup manusia adalah kita bukan menginginkan kehidupan yang baik, melainkan kehidupan yang “lebih baik” dari orang lain.

People don’t want a good life, they want a better life than others.

Disinilah segala akar masalah muncul dalam hidup kita, ketika kita menginginkan sesuatu yang lebih padahal kita sudah cukup, ketika kita merasa kurang padahal kita tidak kekurangan, kita ingin memiliki kehidupan yang lebih baik dari orang lain dan membanding-bandingkan apa yang kita punya dengan yang lain, sehingga kita tidak pernah keluar dari dilema-dilema seperti:

  • Punya gaji 10 jt/bulan namun masih iri dan merasa kurang karena banyak orang yang penghasilannya ratusan juta per bulan.
  • Punya pasangan yang baik dan setia, tapi merasa kurang beruntung karena pacar teman lebih rupawan dan lebih populer.
  • Menjadikan patokan/standar kekayaan dan kesuksesan orang lain sebagai penentu kesuksesan dan kebahagiaan diri Anda.
  • Melakukan perjalanan/traveling yang sebenarnya tidak Anda nikmati (banyak orang mengira jalan-jalan/keliling dunia akan membuatnya lebih bahagia) untuk menghiasi laman feed sosmed dan membuat orang lain iri dengan kehidupan sosial Anda.
  • Bergaul dengan orang-orang yang Anda anggap keren/populer/cool padahal Anda tidak enjoy dan nyaman dengan lingkungan tersebut.
  • Beli mobil mewah, jam mahal, dan barang-barang tersier lain yang tidak Anda butuhkan sama sekali hanya sebagai ajang show of dan pamer kesuksesan.

Sebenarnya ada sisi positif dari hal-hal diatas, ketika kita menginginkan sesuatu yang lebih baik dari orang lain, maka kita akan menjadi orang yang kompetitif, karena memang hidup ini adalah kompetisi, tanpa kompetisi kita tidak akan berusaha keras dan terus maju, namun menjadikan hal tersebut (memenangkan kompetisi) sebagai tujuan utama kita adalah masalahnya, tidak ada yang mengharuskan Anda untuk menjadi juara, bukankah kalau Anda masih bisa makan setiap hari, masih punya orang tua/keluarga, masih punya tempat tinggal dan pekerjaan yang layak artinya Anda sudah tercukupi dengan baik?

Sudut pandang menentukan segalanya

Pertanyaannya apa motivasi Anda?

Apakah memiliki “kehidupan yang baik” atau memiliki “kehidupan yang lebih baik dari orang lain”?

Saya yakin Anda yang sedang membaca tulisan ini sebenarnya sudah memiliki kehidupan yang baik, setengah penduduk di Indonesia masih belum memiliki akses internet, setengah penduduk dunia hidup dengan kurang dari $2 (Rp 25.000,-) per hari, Anda sudah memiliki kehidupan yang lebih baik dari setengah penduduk di Indonesia dan dunia.

Apakah masih perlu bagi Anda untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dari orang lain? Seriously, diluar sana banyak sekali orang yang menginginkan kehidupan yang Anda miliki saat ini, bersyukurlah!

penyebab mengapa hidup penuh cobaan dan ujianIlustrasi diatas adalah contoh kecil bagaimana didikan orang tua/lingkungan bisa membuat sudut pandang kita berubah sepenuhnya dari orang yang ingin memiliki kehidupan yang baik menjadi orang yang ingin “kehidupan lebih baik” daripada orang lain.

  • Apakah tujuan Anda sekolah/kuliah hanya untuk menjadi lebih bergengsi secara pendidikan/gelar supaya bisa mendapat gaji yang lebih tinggi? Atau ingin memberi kontribusi dalam bidang yang Anda geluti dan mengaplikasikannya untuk kesejahteraan orang lain?
  • Apakah tujuan Anda bekerja/berbisnis hanya untuk menjadi lebih kaya dari orang lain? Atau ingin memberikan dampak, manfaat, dan value kepada masyarakat?

Tidak ada yang salah kalaupun kita memang mengejar materi semata atau ingin kehidupan yang lebih baik dari orang lain, yang salah adalah kalau kita menganggap bahwa hanya itulah satu-satunya cara menjalani hidup ini, konsep bahwa kita harus lebih sukses, lebih kaya, lebih bahagia, dan perbandingan-perbandingan tanpa arti lainnya hanya akan membuat kita merasa semakin banyak masalah, karena “masalah yang sebenarnya tidak ada” bisa menjadi masalah nyata kalau kita menganggap hal tersebut ada dan terus memikirkannya, jadi berhentilah membadingkan kualitas hidup Anda dengan siapapun.

Sayangnya apapun yang kita lakukan, pencapaian apapun yang telah kita raih, semua akan dibandingkan dengan orang lain, karena memang hidup ini adalah kompetisi, namun semua kembali pada perspektif pribadi masing-masing, apakah Anda menganggap kompetisi itu penting atau tidak, tetaplah berjuang untuk menang, namun ingat bahwa kemenangan itu bukanlah segala-galanya.

Hidup ini ibarat permainan, Anda hanya diharuskan mencoba dan bermain, tidak ada yang mewajibkan Anda untuk menang atau menjadi juara 1, karena sebenarnya menang atau kalah tidaklah begitu penting, yang terpenting adalah apakah Anda menikmati permainannya? Kabar baiknya Anda tidak harus menang untuk bisa menikmati permainan ini (life), tetaplah berusaha sebaik mungkin untuk menang, namun jangan biarkan kompetisi membuat Anda lupa untuk menikmati permainan yang ada.

Keep working and enjoying your life.


Related Post: