Kata Kata Mutiara Bijak (Anti Mainstream) Untuk Motivasi Kehidupan

kata kata motivasi kehidupanPada artikel kali ini saya ingin memberikan kumpulan kata kata mutiara yang sangat bijak, anti mainstream tidak seperti kebanyakan quotes-quotes pada umumnya (bukan bahasa Inggris), dan sangat berguna untuk membuat kita terus termotivasi setiap hari.

Motivasi memang tidak bertahan lama, begitu pula segala hal dalam hidup ini seperti mandi, makan, tidur, tertawa (humor), dan sebagainya. Karena itulah kita merekomendasikannya setiap hari.

Tanpa banyak basa-basi, inilah kumpulan kata kata mutiara bijak yang berguna untuk kehidupan Anda sehari-hari:


Dalam mencari kebahagiaan:


Anda tidak akan pernah bahagia jika terus mencari arti kebahagiaan, Anda tidak akan benar-benar hidup jika terus mencari arti kehidupan. Kebahagiaan sudah diberikan kepada Anda, kehidupan sudah terjadi kepada Anda, mulailah dengan bersyukur karena Anda telah hidup. Pada akhirnya kebahagiaan adalah masalah keputusan. Putuskan untuk berbahagia.


Dalam mengatasi rasa takut:

Mereka yang menghindari rasa takut sama saja menghindari keberanian. Jangan lagi menghindar dari rasa takut, terimalah dan biarkan ketakutan itu datang. Takutlah jika harus takut, hanya dengan takut Anda bisa menghargai arti dari sebuah keberanian. Takutlah namun pastikan Anda tetap menghadapinya.


Dalam mencari jodoh:

Cara terbaik dalam mencari jodoh justru bukan dengan fokus pada pacaran/mencari jodohnya, melainkan pada pengembangan dan memantaskan diri untuk sebaik-baiknya belahan jiwa. Pada akhirnya jodoh adalah cerminan diri, lelaki yang baik untuk wanita yang baik, dan sebaliknya.


Dalam berargumen:

Manusia dapat menemukan logika dalam sudut pandang APAPUN, jangan habiskan waktu terlalu lama dalam sebuah argumen karena tujuan dari berargumen adalah mencari jawaban bukan berdebat. Pada akhirnya hanya tindakan nyata yang betul-betul bisa memvalidasi sebuah argumen. Berargumenlah jika dirasa perlu, namun jauh lebih baik membuktikannya melalui tindakan, argumen dimenangkan melalui tindakan bukan kata-kata (talk less do more).


Dalam menghadapi haters:

Apapun yang Anda lakukan selalu ada orang yang tidak menyukainya, Anda tidak bisa membuat semua orang setuju dengan opini Anda, Anda tidak akan pernah bisa membuat semua orang melihat melalui sudut pandang Anda. Haters akan selalu ada dan cara terbaik menghadapi haters adalah dengan TIDAK menghadapinya. Berdebat dengan haters hanya membuat Anda berdua terlihat “idiot”, namun haters menikmatinya.


Dalam mencari passion:

Passion sama seperti cinta, tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata, you just love doing it, passion membuat Anda merasa bahagia, passion membuat Anda termotivasi, passion membuat Anda rela berkorban karena memang pantas untuk diperjuangkan. Sama seperti cinta, passion tidak dapat dinilai dengan sekedar uang dan Anda akan tahu begitu menemukannya.


Dalam menghadapi kegagalan:

Sukses dan gagal adalah 2 paket yang tidak terpisahkan. Semakin Anda gagal, semakin dekat Anda dengan kesuksesan. Mereka yang lari dari kegagalan sama saja lari dari kesuksesan, segera kejar kesuksesan, jangan lari dari kegagalan, gagallah jika harus gagal karena setiap kegagalan membawa Anda selangkah lebih dekat kepada kesuksesan. Anda hanya butuh 1 kesuksesan untuk membayar semua kegagalan-kegagalan Anda.


Dalam mencari kesuksesan:

Mereka yang sukses bukanlah mereka yang memiliki keadaan yang lebih baik, tetapi mereka yang bisa memanfaatkan keadaan yang sudah ada dan terjadi dengan lebih baik. Jangan pernah menyalahkan keadaan karena tidak ada gunanya, terima saja fakta bahwa memang tidak semua orang sukses dalam hidupnya, tidak ada yang mewajibkan Anda untuk sukses, Anda hanya harus mencoba dan mencoba. Karena itu jangan pernah mengeluh, cobalah dan jangan menyerah.


Dalam keraguan berusaha:

Jangan menunggu termotivasi baru bergerak, tapi bergeraklah maka Anda akan termotivasi. Jangan menunggu inspirasi baru berusaha, tapi berusahalah maka inspirasi akan hadir dalam usahamu. Jangan menunggu bisa baru melakukan, tapi lakukanlah, maka Anda pasti bisa. Jangan lagi menunggu, jangan lagi ragu, hanya tindakan nyata yang betul-betul bisa menghancurkan keraguan Anda. Lakukanlah walaupun Anda ragu, lakukanlah walaupun Anda takut, lakukanlah!


Dalam kreativitas:

Kreativitas hanyalah menghubungkan sesuatu dari yang sudah ada (connecting things). Jika Anda bertanya pada orang kreatif bagaimana mereka melakukannya, mereka akan merasa sedikit bersalah karena memang mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu yang sudah ada dan begitu terlihat jelas bagi mereka maka mereka akan menghubungkannya dengan pengalaman yang mereka miliki dan menyatukannya menjadi hal yang baru (kreatif). Jika Anda ingin menjadi kreatif maka perkaya ilmu dan pengalaman Anda. Sesimpel itu.


Dalam mencari kekayaan:

Orang kaya menjadi kaya bukan karena memiliki banyak uang, melainkan karena mereka memiliki banyak “value” yang dibutuhkan oleh orang lain. Kekayaan bukanlah masalah uang, melainkan masalah value apa yang bisa Anda berikan untuk orang lain. Jadilah berguna, jadilah bermanfaat sampai-sampai orang lain “rela membayar” untuk Anda.


Dalam kehidupan sekolah:

“Teman” memang bukanlah subjek yang kita pelajari selama disekolah, tapi jika Anda tidak memahami arti persahabatan selama disekolah, maka Anda benar-benar tidak mempelajari apapun.


Dalam memperjuangkan mimpi:

Sebagian orang berhenti memperjuangkan mimpinya karena hal simpel yaitu: permintaan/tuntutan dari orang lain.


Dalam melakukan apapun:

Anda bisa melakukan apapun (anything) selama Anda tidak berusaha melakukan segala-galanya (everything) sendirian.


Dalam keuangan:

Tiga pemikiran bijak yang harus selalu Anda ingat tentang uang. 1) Hindari berhutang. 2) Cara Anda menghabiskan uang jauh lebih penting dari cara Anda mencari uang. 3) Cara Anda mencari uang jauh lebih penting dari seberapa banyak uang yang Anda hasilkan.


Dalam kebiasaan menunda:

Selalu ada hari esok sampai akhirnya Anda sadar besok Anda sudah berumur 80 tahun.


Dalam mencapai tujuan:

Terkadang apa yang jauh lebih berharga dalam sebuah tujuan bukanlah hasil, melainkan proses yang Anda lakukan selama mencapai tujuan tersebut.


Dalam bertanya:

Pengetahuan (knowledge) adalah memiliki jawaban yang benar, namun kecerdasan (intelligence) adalah menanyakan pertanyaan yang tepat. Terkadang pertanyaan yang kita tanya jauh lebih penting dari sekedar jawaban yang kita terima. Apa yang jauh lebih penting adalah mempertanyakan pertanyaan yang benar. Ask the right questions if you’re to find the right answers.


Dalam mencari tahu:

Semakin banyak Anda tahu, semakin Anda merasa banyak hal-hal yang tidak Anda ketahui diluar sana.


Dalam keadilan hidup:

Masalah terbesar dalam keadilan adalah orang-orang merasa bahwa hidup itu harus adil, sedangkan kita semua sadar dengan jelas bahwa hidup ini tidak adil. Selalu ada orang yang lebih beruntung (kondisi) dan lebih banyak diberi kemudahan dalam hidup ini. Hidup ini akan selalu tidak adil, karena itu biasakanlah dirimu. Hidup akan adil jika Anda mau menerima bahwa semua orang memiliki ketidakadilannya sendiri-sendiri.


Dalam perjalanan:

Jika Anda ingin perjalanan yang cepat maka pergilah sendiri. Jika Anda ingin perjalanan yang jauh maka pergilah bersama-sama.


Dalam kebijakan:

Belajarlah dari masa lalu, hiduplah sebaik-baiknya hari ini, dan sambut masa depan dengan penuh harapan.


Dalam berpikir positf:

Berpikir positif memang tidak menjamin semua akan menjadi lebih baik, begitu pula dengan berpikir negatif. Lebih buruk lagi berpikir negatif hanya akan membebani pikiran dan memperburuk keadaan diri sendiri. Mana yang Anda pilih antara 0 atau -1? Berpikirlah positif apapun keadaannya.


Dalam menghadapi batasan:

Cara terbaik menghadapi batasan adalah dengan menerimanya. Begitu Anda menerima batasan yang ada maka Anda telah melampauinya.


Dalam membangun kepercayaan:

Mereka yang tidak bisa berkomitmen dan menyepelekan masalah-masalah kecil tidak bisa dipercaya untuk masalah-masalah yang lebih besar.


Dalam pengalaman:

Pengalaman adalah guru terbaik, namun guru yang lebih baik belajar dari pengalaman orang lain juga.


Dalam kesalahan:

Mereka yang tidak pernah membuat kesalahan adalah orang salah yang sesungguhnya.


Dalam memandang dunia:

Dunia menjadi tempat yang mengerikan bukan karena perbuatan orang-orang jahat, melainkan karena orang-orang baik yang tidak melakukan apa-apa terhadap hal itu.


Dalam bersyukur:

Manusia itu sangat pintar, mereka dapat menemukan alasan dalam segala hal termasuk untuk tidak bersyukur. Jika Anda bisa membaca tulisan ini maka bersyukurlah, sebab Anda sudah sangat diberkati dalam hidup ini (ya Anda).


Dalam menjalani hidup:

Hidup ini sebenarnya simpel. Hanya saja kita selalu membuatnya rumit dengan menuruti ekspektasi/tuntutan dari orang lain dan sebagainya.


Dalam mencari jati diri:

Hidup ini bukanlah untuk mencari siapa Anda atau siapa jati diri Anda yang sebenarnya, melainkan “menciptakan” dan membentuk diri Anda sendiri melalui proses dan pengalaman. Tidak perlu mencari lagi, Anda adalah Anda, sekarang pertanyaannya: Anda mau menjadi apa?


Dalam memandang ketidakadilan hidup:

Hanya karena hidup ini tidak adil, bukan berarti hidup ini tidak baik. Hidup memang tidak adil, itulah sebabnya kita berbagi (share) bukan?


Dalam penyesalan:

Penyesalan karena tidak melakukan jauh lebih menyakitkan daripada penyesalan karena mencoba dan gagal.


Dalam membangun rasa percaya diri:

Diluar sana selalu ada orang yang akan meragukan Anda karena itu jangan menjadi orang pertama yang tidak mempercayai diri Anda sendiri. Kalau bukan Anda yang percaya pada diri Anda sendiri, siapa lagi? Semua rasa percaya diri dimenangkan melalui kesuksesan, karena itu langkah pertama untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan sukses mempercayai diri Anda sendiri.


Dalam pantang menyerah:

Selama Anda belum berhenti maka Anda belum kalah, selama Anda belum menyerah maka Anda tidak bisa gagal. Tidak peduli seberapa lambat Anda bergerak, seberapa jauh langkah yang Anda ambil, yang terpenting adalah Anda terus melangkah. Jangan pernah berhenti.


Dalam memaafkan:

Maafkanlah orang yang menyakiti Anda, maafkan orangnya ingat pelajarannya, maafkanlah bukan karena mereka pantas untuk dimaafkan tetapi karena Anda berhak bagi kedamaian hati yang lebih baik.


Dalam menghadapi fitnah:

Jadilah manusia sebaik dan sebermanfaat mungkin sampai-sampai jika ada yang memfitnah Anda, orang lain tidak akan mempercayainya.


Dalam mengukur diri sendiri:

Seberapa penting diri Anda ditentukan dari seberapa besar masalah yang ingin Anda hadapi.


Dalam mencari kesempatan:

Kesempatan sudah lama diberikan kepada Anda, setiap hari Anda menemukan kesempatan baru, masalahnya adalah kesempatan tersebut tidak terlihat seperti kesempatan. Jangan lagi menunggu kesempatan, lakukan apapun yang bisa Anda lakukan sekarang karena itulah kesempatan terbaik yang sesungguhnya.


Dalam menyesali masa lalu:

Walaupun tidak ada orang yang bisa kembali kemasa lalu dan mengubah permulaan (start) yang sudah terjadi, namun setiap orang bisa kembali memulai dari sekarang dan menciptakan akhiran (ending) yang baru. Anda memang tidak bisa mengubah masa lalu, tetapi Anda masih bisa mengubah masa depan.


Dalam mengkritik:

Kesalahan ada untuk diperbaiki, bukan untuk dicela dan dihina.


Dalam kesempurnaan:

Anda terlahir untuk membuat kesalahan baru, bukan untuk mengejar kesempurnaan palsu yang sudah lama.


Dalam menjalani hidup yang menarik:

Untuk bisa mendapatkan pengalaman hidup yang menarik maka Anda harus menghilangkan rasa takut salah dan berani bermain dengan resiko.


Dalam kebebasan:

Terkadang saat kehilangan segalanya Anda baru sadar bahwa Anda bebas melakukan apapun (nothing to lose).


Dalam mencari jawaban:

Terkadang seseorang tidak menemukan jawaban dan kesempatan sesimpel karena mereka tidak bertanya. Ketuklah maka pintu akan dibukakan, tanyalah maka jawaban akan diberikan.


Dalam mencari jalan:

Selama ada kemauan maka selalu ada jalan. Tanyalah pada diri Anda sendiri, karena pertanyaan sebodoh apapun otak Anda akan selalu berpikir mencari jawabannya secara perlahan tapi pasti.


Dalam mencegah masalah:

Awal dari semua masalah dalam hidup ini terjadi karena kita membiarkan masalah-masalah kecil terus membesar dengan menghindarinya dan mempeributkan hal-hal lain yang sebetulnya bukan masalah.


Dalam memilih lingkungan:

Pengaruh lingkungan jauh lebih kuat dari apapun termasuk genetik. Karakter dan nasib Anda sebagian besar ditentukan oleh lingkungan, karena itu pilihlah lingkungan yang baik. Percaya atau tidak percaya, lingkungan menentukan masa depan Anda.


Dalam pertemanan:

Pilih-pilihlah dalam berteman. Ada sebagian orang yang memang tidak pantas dijadikan teman, bahkan sebagian lainnya akan menjerumuskan Anda dan menusuk dari belakang. Mereka yang berteman dengan semua orang sama saja tidak berteman dengan siapapun.


Dalam percintaan:

Jangan menunggu orang yang tepat datang kedalam hidup Anda, tetapi jadilah orang yang tepat untuk hadir kedalam hidup orang lain.


Dalam mencoba:

Jauh lebih baik mencoba ratusan kegagalan daripada tidak mencoba sama sekali.


Dalam membantu sesama:

Kita tidak bisa membantu semua orang, tetapi setiap orang bisa membantu seseorang.


Dalam mencari keindahan hidup:

Hal-hal terbaik dalam hidup tidak dapat dilihat dengan mata atau dirasakan melalui indra, itu hanya bisa dirasakan dengan hati.


Dalam resiko:

Terkadang resiko terbesar dalam hidup ini adalah tidak mengambil resiko sama sekali. Menghindari resiko tidak otomatis membuat posisi Anda menjadi aman, justru sebaliknya apa yang terlihat aman lebih sering berbahaya dan beresiko.


Dalam keberanian:

Mereka yang berani bukanlah orang yang tidak merasakan takut sama sekali, melainkan mereka yang takut namun tetap melakukannya. Berpura-puralah berani karena orang lain tidak akan tahu bedanya.



Itulah kumpulan kata kata mutiara anti mainstream dalam bahasa Indonesia yang berguna untuk membuat Anda terus termotivasi dalam hidup ini. Sebagian besar kata-kata pada artikel ini adalah original hasil pemikiran penulis dan beberapa ada yang berasal dari terjemahan quotes-quotes terkenal para tokoh ternama diluar negeri.

Memang karena bahasanya Indonesia, jadinya agak kurang catchy, walaupun kelihatannya tidak sekeren dan seelegan quotes-quotes bahasa Inggris yang sering kita dengar di internet, yang terpenting adalah pesan yang disampaikan tetap penuh makna dan motivasi 🙂

Akhir kata, saya akan gunakan quotes terakhir ini sebagai penutup:

You can only help people who are willing to help themselves.

Pada akhirnya bantuan dan motivasi seperti apapun tidak akan ada gunanya kalau Anda sendiri tidak mau membantu dan memotivasi diri Anda sendiri.

Ingatlah bahwa: Anda adalah motivator terbaik untuk diri Anda sendiri.

kata kata semangat untuk penyemangat hidupnote: Anda boleh saja mengambil (copas) beberapa quotes original yang ada di artikel ini kedalam blog Anda, namun harap mencantumkan link/artikel ini sebagai sumbernya.


Related Post: