5 Kegunaan Sederhana Kamera Smartphone yang Terlupakan

Di samping sebagai perangkat untuk berkomunikasi, dewasa ini smartphone telah menjadi perangkat fotografi sekaligus hiburan untuk pemakainya. Oleh karenanya, tidak sedikit perusahaan smarrtphone yang menjadikan segmen kamera sebagai lahan yang akan digunakan untuk bersaing dengan kompetitornya. Dari mulai keperluan profesional sampai selfie, semuanya sudah terdapat pada smartphone.

Apa Anda termasuk pemakai smartphone yang memiliki kegemaran khusus menggunakan kamera? Nah, selain digunakan untuk berfoto, kamera di smartphone masih punya beberapa fungsi lain yang tak kalah seru dan penitng. Berikut ini adalah 5 fungsi kamera selain untuk selfie dan mengambil foto biasa.

1. Mencari informasi dengan mengambil sebuah foto

mencari informasi gambar dengan fotoJika seringkali kamera smartphone hanya dipakai untuk mengabadikan moment dalam format foto atau video, telah tiba saatnya kamera membuat Anda jadi lebih pintar. Dengan memanfaatkan bantuan software Google Goggles, Anda dapat mencari tahu informasi dari sebuah benda dengan mudah. Cukup potret bendanya dan segera masukkan ke dalam software tersebut sehingga hasil pencarian gambar di internet pun dijalankan.


Sebenarnya, hasil pencariannya tidaklah begitu akurat karena hanya mengandalkan mesin pencari Google Image. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil pencarian seperti kejelasan foto dan juga faktor pencahayaan yang menjadikan warna benda di dalam foto mungkin berbeda dari warna aslinya. Setidaknya, fitur ini cukup membantu Anda walau sedikit.

2. Augmented reality

kamera augmented realityBagi Anda yang main game Pokemon GO, mestinya telah tidak asing dengan istilah Augmented Reality (AR). Teknologi AR ialah kemampuan yang berfungsi untuk menggabungkan bidang 3 dimensi dengan bidang 2 dimensi, sampai-sampai objek yang sedang di layar menjadi seolah nyata ada di dekat kita. Teknologi inilah yang telah digunakan oleh tim pokemon agar dapat mempersatukan antara objek permainan dengan dunia nyata.

Nah, adanya kamera di smartphone merupakan hal utama bagi Anda untuk dapat menikmati mode AR. Selain kamera, sensor gyroscope pun harus terdapat pada smartphone. Sebenarnya, teknologi AR telah digunakan oleh beberapa aplikasi, terutama aplikasi hiburan yang seru untuk dicoba.

3. Sebagai alat penerjemah

alat penerjemah kameraTak jarang kita berjalan-jalan atau membeli sesuatu dan menemukan petunjuk dalam bahasa asing. Tidak usah khawatir andaikan Anda menemukan bahasa asing di papan informasi ketika pergi ke luar negeri. Anda cukup memotret infromasi itu. Karena software penerjemah ini terintegrasi dengan Google Translate, maka hasil terjemahan pun bisa segera ditampikan. Meski terjemahan yang ditampilkan sedikit kacau, tapi minimal kamera smartphone Anda bisa membantu dalam menerjemahkan secara garis besar.

4. Document scanner

scanner dokumer documentMemasuki era Internet of Things telah waktunya Anda go paperless. Gak butuh deh dokumen-dokumen yang dicetak dalam bentuk kertas. Karena itu, Anda pun tidak jarang harus mengirimkan hasil scan sebuah dokumen kepada orang lain.

Nah, tidak selamanya Anda bisa menemukan tukang fotokopi yang bisa scanning document, kan? Tidak selamanya juga kebutuhan akan scanning document datang ketika Anda sedang berada di rumah atau di kantor. Nah, untuk mengakali sulitnya menemukan scanner yang bisa mobile, Anda pun bisa memanfaatkan smartphone Anda sebagai scanner dokumen di saat mendesak.

Anda hanya perlu mencari aplikasi document scanner yang sekarang sudah tersedia banyak di Play Store. Namun, ternyata Anda juga bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan asalkan Anda ahli dalam menempatkan dokumen di sebuah bidang untuk kemudian memotretnya seolah-olah ia merupakan hasil scanner.

5. Kacamata baca darurat

kacamata baca daruratBagi Anda yang mempunyai mata plus dan kesulitan membaca, maka Anda perlu membawa kacamata kemanapun Anda pergi. Tentunya, tidak selamanya Anda akan ingat untuk membawanya bukan? Ada kalanya kacamata tertinggal ketika Anda harus pergi terburu-buru ke kantor atau kampus.

Nah, untuk mengakalinya, Anda dapat menggunakan pertolongan kamera smartphone. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menggunakan kamera tanpa aplikasi apa-apa. Dengan memanfaatkan fitur zoom in di software bawaan kamera, Anda pun dapat menjadikan kamera smartphone sebagai kacamata di saat darurat.

6. Scanner QR code

scanner qr codeQuick Reponse Code (QR Code) ialah kode dua dimensi yang mengandung informasi kompleks, seperti misal kontak, alamat web, dan lainnya. Nah, smartphone Anda ternyata dapat dipakai untuk memindai seluruh informasi yang terdapat di dalam suatu QR code. Teknik ini sering digunakan untuk menginvite seseorang melalui aplikasi BBM atau untuk login Whatsapp melalui web di PC.

Ternyata, scanning QR Code bisa dilakukan dalam keperluan apapun. Memang, tidak semua ponsel mendukng QR Code dengan aplikasi kamera bawaannya. Beberapa smartphone membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Namun, jangan khawatir, Anda pun bisa menemukan aplikasi QR Code di Play Store dengan sangat mudahnya.

Bagaimana? Banyak hal yang ternyata bisa dilakukan dengan kamera smartphone Anda, bukan? Jadi, mulai sekarang cobalah untuk memanfaatkan kamera Anda untuk keperluan-keperluan di atas yang mungkin masih merepotkan Anda.


Related Post: