Dampak Positif Internet & Sosial Media (Melakukan yang Tidak Bisa)

Apa dampak positif internet dan sosmed dalam hidup ini? Kita tahu internet dan sosial media memiliki banyak dampak negatif mulai dari gangguan notifikasi yang tidak pernah ada habisnya, maraknya berita dan informasi hoax, pembajakan, ujaran kebencian, dan semua orang bisa dengan mudah mendapat perhatian dengan melakukan sesuatu yang aneh (terkadang nekat). We all want attention, kita semua butuh dan suka mencari perhatian, entah kita mau mengakuinya atau tidak, kita semua mau mendapat perhatian (termasuk saya), namun terkadang banyak orang melakukannya dengan cara dan maksud yang salah, saya percaya bahwa kita butuh perhatian untuk sesuatu yang baik seperti menginspirasi, memotivasi, menghibur, dan mengedukasi, bukan sekedar untuk memenuhi ego dan mencari sensasi.

Semua yang Anda lihat di internet dan sosial media adalah untuk mendapat perhatian, karena percaya atau tidak kita hidup di jaman dimana perhatian Anda bisa dijual entah melalui iklan/sponsor, endorsement, sales/marketing, etc, mencari perhatian tanpa tujuan yang jelas/baik hanya akan membuat kita merasa semakin gagal, kita seharusnya membangun influence/pengaruh positif di internet untuk memberi value yang berarti bukan sekedar menghabiskan waktu/perhatian orang lain, disaat kita menciptakan value, kita akan merasa semakin berguna, dan kita akan lebih bersyukur dengan apa yang kita lakukan dan apa yang telah kita buat.

Disinilah peran internet dan sosmed sangat membantu karena media sosial yang ada entah Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dll tidak membatasi siapapun untuk berkarya dan melakukan apapun.

  • Anda mungkin tidak bisa menjadi penyanyi terkenal karena tidak lolos audisi pencarian bakat, tetapi Anda bisa memulai channel YouTube Anda sendiri dan mengcover lagu-lagu sehingga para penonton bisa menemukan Anda disana.
  • Anda mungkin tidak bisa menjadi penulis buku terkenal karena tulisan Anda tidak diterima oleh penerbit, tapi Anda bisa membuat blog Anda sendiri dan mempublish tulisan Anda secara langsung di internet.
  • Anda mungkin tidak bisa menjadi artis karena tidak punya koneksi dengan agensi/management yang mumpuni, tapi Anda bisa menjadi selebgram dan influencer terkenal di sosial media seperti Instagram atau menjadi seorang youtuber terkenal.

Saya mungkin tidak bisa menjadi motivator atau pembicara terkenal karena tidak memiliki background dan kesuksesan yang masif, tapi saya bisa menulis di internet/website mencurahkan berbagai opini dan pengalaman saya, dan ajaibnya jutaan orang membaca tulisan-tulisan saya di blog ini.


Saya tahu bahwa internet penuh dengan konten sampah, clickbait, kontroversi, settingan ampas, dan semacamnya, namun yang ingin saya tekankan adalah kita tidak perlu fokus pada masalah/pengaruh negatif yang ada dari sosial media dan internet, fokuslah pada sisi dan dampak positif internet seperti:

  • Anda tidak perlu peralatan super canggih atau modal besar untuk memulai, dengan laptop dan internet saja sudah banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mulai melangkah.
  • Siapa saja tanpa dibatasi umur, status, gelar, lokasi, ras, suku, agama, finansial, dll bisa melakukannya. Hal yang paling luar biasa di internet adalah semua orang memiliki kesempatan yang sama, walau nanti hasil akhirnya bisa berbeda-beda, tapi setidaknya “everyone get a chance”.
  • Do what you can’t, lakukanlah hal yang tidak bisa Anda lakukan dalam dunia nyata di dunia maya, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kalaupun Anda tidak bisa menjadi penyanyi terkenal/sukses, jadilah penyanyi terkenal di dunia maya, internet sangat memungkinkan siapapun untuk melakukan apa yang mereka inginkan asalkan mereka mau mencoba.

Kesimpulan dari artikel ini adalah generasi kita hidup dalam waktu yang sangat ajaib dan penuh kesempatan bagi siapapun, namun terkadang kita lupa untuk menikmatinya karena terlalu fokus dengan masalah dan sisi negatif, mulailah melihat sesuatu dari sudut pandang yang positif, kita telah memiliki akses untuk seluruh pengetahuan di dunia ini (Google), jika saya ingin tahu tentang sesuatu saya bisa mencarinya dengan mudah di internet, namun lucunya fakta ini sudah tidak menarik lagi bagi siapapun.

Walau media sering mengabarkan kabar buruk tentang dunia ini (karena memang salah satu cara mereka mencari perhatian adalah dengan terus mewartakan berita negatif secara konsisten), namun kenyataannya dunia kita menjadi tempat yang lebih baik dan semakin baik secara konsisten, dan kabar baiknya itu akan terus membaik selama teknologi dan ilmu pengetahuan terus berkembang.

Jika Anda bisa membaca tulisan ini, Anda telah hidup di jaman yang penuh anugrah yang tidak bisa dinikmati oleh generasi sebelum kita, dan ironisnya sebagian besar dari kita bahkan tidak menyadarinya. Kita sudah sangat diberkati dalam hidup ini, jadi ambilah kesempatan yang ada dan mulai tunjukan karyamu pada dunia.

Ceritakan apapun yang ingin Anda share/bagikan, katakan apapun yang ingin Anda katakan, tidak ada yang bisa menghentikan Anda, Anda tidak butuh ijin dari siapapun untuk berkarya, no one can stop you, no one can tell you what to do, on internet the world is yours, because in this new online world no one knows anything.


Related Post: