Cara Mudah Mendapatkan Uang Dengan Cepat Secara Online

Bagaimana cara mudah mendapatkan uang secara online? Benarkah ada cara mendapatkan uang dengan cepat seperti kisah-kisah sukses (entah benar real atau tidak) yang sering kita dengar diinternet? Saya sendiri sudah bertahun-tahun mencari uang secara online dan saya bisa katakan bahwa tidak ada cara mudah & cepat mendapatkan uang secara online, kalaupun bisa cepat kemungkinan besar hasilnya sangat kecil apalagi kalau mudah dilakukan biasanya tidak akan menghasilkan sesuatu yang berarti, logikanya kalau gampang ya semua orang yang punya akses internet sudah kaya semua.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya hanya ada segelintir cara yang bisa dilakukan untuk mendapat uang secara online dan benar-benar menghasilkan di Indonesia, yaitu:

  • Menjual produk (membuat toko online entah melalui web sendiri, sosial media, marketplace, dll).
  • Menjual jasa atau menjadi freelancer online bisa dengan membuat portofolio diinternet (jual jasa melalui website/sosmed), atau bergabung dengan marketplace jasa seperti di Freelancer.co.id dan Projects.co.id.
  • Membuat blog dan memonetisasinya dengan beragam cara, bisa melalui iklan seperti AdSense, WordAds, dan network advertising lain termasuk menawarkan banner iklan mandiri, bisa juga dengan sponsor post (artikel review/endorse), promosi berbayar (content marketing), dan berjualan produk/jasa.
  • Menjadi youtuber, membuat channel YouTube dan memonetizenya dengan AdSense, paid promote, sponsor/endorse, dan content video marketing.
  • Membuat aplikasi (app) di App Store (Apple/iOS) dan Google Play Store.

Beberapa metode menghasilkan uang diinternet yang menurut saya tidak begitu menghasilkan dan cenderung buang-buang waktu, yaitu:

  • Affiliate marketing, menurut saya konsumen di Indonesia masih terlalu dini untuk melakukan pembelian secara online kecuali untuk barang-barang di toko online, biasanya produk yang ditawarkan affiliate marketer itu berupa produk digital seperti hosting, software, dan aplikasi berbayar, sedangkan masyarakat kita belum terbiasa membeli produk-produk tersebut, mungkin hanya konsumen seperti perusahaan atau pengusaha menengah yang mau menggunakan produk digital seperti itu, hasilnya konversi affiliate sangatlah kecil di Indonesia apalagi kalau kita menawarkan produk luar negeri seperti Clickbank dan Amazon. Mungkin ada saja orang yang sukses menjadi affiliate marketer dengan market luar negeri tapi sejauh ini untuk market Indonesia masih sangat kecil baik dari segi konversi maupun komisi yang diberikan.
  • Survey online, ini adalah cara mudah untuk menghasilkan uang dari internet tapi sayangnya ketersediaan survey dan komisi yang ada sangat kecil, sehingga survey yang bisa diisi hanya sedikit dan cenderung buang-buang waktu menunggu sampai komisinya cair.
  • PTC (paid to click), ada banyak sistem online yang membayar kita dengan melakukan klik dan view, program-program seperti ini memberi komisi super kecil (receh) untuk setiap klik/view yang kita lakukan, menurut saya metode ini sangat melelahkan dan malah tidak worth it dengan waktu yang kita korbankan.
  • Menjual e-book, entah kenapa cara ini menurut saya tidak work di Indonesia, sama seperti kasus affiliate diatas, di Indonesia masih sangat jarang orang yang membeli produk digital apalagi kalau seperti e-book yang informasinya bisa kita cari gratis diinternet juga, selama masih ada versi gratis dari suatu software, aplikasi, informasi digital, dll saya rasa masih sulit menjual produk versi berbayarnya disini, karena itu pula konsep/model bisnis freemium sangat populer dilakukan oleh startup-startup di Indonesia.
  • Dropship, saya sendiri sudah tidak tahu bagaimana perkembangan dropship tahun 2018 ini, menurut saya kemajuan bisnis dropship akan semakin tergerus dengan berkembangnya marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, termasuk Lazada, Shopee, dan e-commerce lainnya, penyebab utamanya karena sebagian besar supplier-supplier (tangan pertama) sudah berjualan semua disana secara langsung (tanpa perantara), dan pembeli/user di Indonesia akan semakin sering melakukan pembelian langsung di website-website tersebut tanpa melalui sosial media atau website toko online dropshipper, menurut saya peluang reseller-dropship akan segera mati di Indonesia kalau supplier yang ada tidak memberikan celah untuk dropshipper baik dari segi harga maupun penjualan.

Tentu semua cara-cara diatas belum tentu mutlak benar, mungkin ada sebagian metode yang menurut saya berhasil namun tidak work untuk orang lain, atau metode yang menurut saya tidak work namun bisa berhasil dijalankan orang lain, karena itu jauh lebih baik kalau Anda mencoba sendiri secara langsung supaya juga bisa mendapat first hand experience dan lebih mengerti apa yang work atau tidak work untuk Anda.


Untuk Anda yang memang mencari cara mudah dan cepat mendapatkan uang secara online, saya sarankan untuk menghindari membuat blog/menjadi blogger, karena blogging adalah cara yang lama untuk menghasilkan uang, menurut saya YouTube masih jauh lebih cepat kalau Anda ingin mendapatkan views dan uang (AdSense), tapi kelebihannya trafik blog jauh lebih stabil untuk jangka panjang sedangkan trafik YouTube bisa naik turun dalam sekejap.

Kalau Anda mau dapat uang tanpa modal sebenarnya dropship adalah pilihan yang baik dan masuk akal, tapi menurut saya ini bukanlah bisnis online jangka panjang yang baik, kalaupun mau diseriusin lebih baik dari awal tekadkan niat untuk terus jalan sampai nanti naik level menjadi tangan pertama atau distributor.

Cara mudah menghasilkan uang yang aman tanpa modal dan resiko tentu dengan menjadi freelancer online, Anda bisa menjual skill/jasa berupa:

  • Content writer, menulis artikel untuk blog/website orang lain, biasa fee yang didapat sekitar Rp 10.000-20.000,- per artikel.
  • Menjadi penerjemah atau translator, menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa luar atau sebaliknya.
  • Menjadi programmer online, mengerjakan projek-projek yang ada dari suatu perusahaan seperti membuat aplikasi atau website.
  • Jasa digital marketing, mulai dari sosial media marketing, search engine optimization (SEO), content marketing, email marketing, sms blast, iklan, dll.
  • Menjadi admin toko online atau sosial media suatu perusahaan.
  • Menginput data untuk katalog toko online, data entry perusahaan, dll.
  • Menjual jasa desain grafis, menawarkan desain logo dan banner secara online.

Pada akhirnya sebenarnya tidak ada cara yang betul-betul mudah atau cepat untuk menghasilkan uang baik diinternet (online) maupun offline, apalagi kalau ada iming-iming hasil instan dan tanpa modal yang sebagian besar cenderung penipuan, karena itu nalar dan logika sangat diperlukan untuk melihat kenyataan yang ada, jangan mudah tergiur/terpancing oleh kata-kata manis diinternet yang hanya ingin memanfaatkan uang, waktu, dan tenaga Anda.

Semakin lama akan semakin banyak penipuan dan jebakan dalam bentuk baru, mulai dari investasi dalam bentuk koin, mengambil pinjaman online, MLM online, dan berbagai alternatif penghasil uang lain yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya, karena itu selalu ingat 3 hal ini:

  1. Jika terdengar “too good to be true” maka waspadalah karena biasanya sesuatu yang terlalu indah itu kebanyakan berujung jebakan.
  2. Jika suatu konsep terdengar mudah (bisa dikerjakan semua orang), maka kemungkinan besar justru hal tersebut tidak akan menghasilkan, karena kenyataannya tidak ada kesuksesan yang bisa didapat dengan mudah.
  3. Jangan melakukan sesuatu yang Anda tidak tahu/mengerti dengan pasti, misalnya jangan asal berinvestasi Bitcoin atau main Forex cuma karena dengar dari orang padahal Anda sendiri tidak mengerti skema dan prosesnya.

Janganlah mudah tertipu oleh skema uang cepat dan instan, terimalah kenyataan bahwa mendapatkan uang baik online maupun offline itu pasti butuh proses, berhenti mencari-cari cara mudah menuju kesuksesan karena sukses itu memang sulit, namun kesulitan itulah yang membuat suatu kesuksesan layak untuk diperjuangkan.

Jadi biasakanlah diri Anda dengan kesulitan, rintangan, halangan, batasan, dan ketidakpastian. Proses dan hasil adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan (ada proses ada hasil), karena itu mulailah belajar menikmati proses dan kesulitan-kesulitan yang ada didepan Anda.


Related Post: