Cara Menikmati Hidup Walaupun Anda Tidak Memiliki Banyak Uang

semua orang suksesCobalah tanya seseorang bagaimana cara menikmati hidup dan sebagian besar dari mereka akan menjawab uang (kaya). Ya memang memiliki banyak uang bisa memberikan kita kebebasan yang berarti termasuk kebahagiaan itu sendiri, namun apakah orang yang tidak memiliki banyak uang artinya tidak bisa bahagia atau menikmati hidup ini?

Apakah Anda merasa kesal karena tidak memiliki banyak uang sehingga tidak bisa menikmati hidup mewah/glamour seperti yang Anda idam-idamkan?

Banyak sekali orang yang larinya selalu ke uang atau materi, baik dalam kehidupan sehari-hari, percintaan, dan sosial. Perhatikanlah orang yang selalu bilang “jaman sekarang mah yang penting duit, wanita pasti nempel kalo tajir.”, lucunya adalah kebanyakan orang yang bicara seperti itu bukanlah orang yang kaya dan apapun yang kita coba arahkan selalu kembali kepada uang, uang dan uang.

Sangat wajar orang-orang berpikir seperti itu karena mereka belum memiliki banyak uang (kaya) dan kita juga tidak bisa memaksakan sebuah sudut pandang kepada orang lain. Jika orang menganggap uang adalah segalanya, maka apapun yang kita lakukan pasti tidak akan bisa mengubah pikirannya sampai orang tersebut memiliki banyak uang seperti yang ia harapkan.


Coba renungkan sebentar, kenyataannya adalah:

  • Banyak artis terkenal dan kaya yang jatuh kedalam narkoba (depresi)
  • Banyak politisi/pemerintah (yang sudah kaya) masih saja korupsi
  • Bahkan banyak suami-istri bercerai dengan orang yang awalnya dia pikir adalah kebahagiaan satu-satunya

Apa yang Anda pikir membawa kebahagiaan hanyalah ilusi sesaat karena Anda belum memilikinya dan saat Anda mengejar ilusi tersebut Anda mulai kehilangan segalanya yang sudah Anda miliki.

Saya sering sekali melihat orang yang depresi karena keadaan finansialnya yang kurang. Banyak anak remaja yang sedih hanya karena orang tuanya tidak bisa membelikan gadget terbaru seperti milik teman-temannya yang kaya, banyak orang depresi hanya karena mereka merasa tidak bisa merayakan hidup, berpesta, jalan-jalan keluar negeri, dan gaya hidup lainnya hanya karena tidak memiliki banyak uang untuk dihabiskan.

Namun uang bukanlah segalanya, ya memang uang bisa membeli kebahagiaan jika digunakan dengan benar, tapi ada jauh lebih banyak kebahagiaan yang uang tidak bisa beli.

Inilah beberapa cara menikmati hidup walaupun Anda tidak memiliki banyak uang:

1. Belajar untuk menerima diri Anda sendiri

menerima diri sendiriSalah satu cara terbaik menikmati hidup adalah dengan menikmati diri Anda sendiri. Hidupilah hidup Anda sendiri, ada 3 hal yang penting:

  • Live in the moment: Hiduplah sekarang, detik ini juga, berhenti mengkhawatirkan masa depan, dan jangan terbelenggu hidup di masa lalu.
  • Lepaskan diri Anda dari ekspektasi: Jangan mengharapkan orang lain harus melakukan ini, jangan mengharapkan keadaan harus seperti itu, cukup lakukan apa yang bisa Anda ubah dan lakukan sekarang.
  • Belajar untuk memaafkan: Maafkanlah orang lain yang pernah berbuat salah kepada kita (namun tetap ingat pelajarannya) dan yang jauh lebih penting maafkanlah diri Anda sendiri.

Temukanlah kedamaian dalam diri Anda sendiri terlebih dahulu, bersyukurlah dengan semua yang sudah Anda miliki, bahkan sesimpel bahwa Anda masih bernafas hari ini dan sedang membaca tulisan ini 🙂

Jangan membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Diluar sana selalu ada orang yang lebih kaya, lebih rupawan, lebih populer, dan lebih segalanya dari Anda. Dan yang paling buruk adalah disaat Anda menganggap orang lain lebih bahagia dari Anda.

Kebahagiaan adalah masalah keputusan, keputusan Anda sendiri tanpa campur tangan siapapun, membanding-bandingkan hidup Anda dengan orang lain adalah cara tercepat untuk merusak kebahagiaan Anda sendiri, jadi berhentilah memikirkan hidup orang lain, just be happy with your life.

2. Jadilah kreatif

cara menjadi kreatifMenjadi kreatif tidak perlu banyak uang kok, curahkan saja apa passion Anda atau sesuatu yang bisa Anda ciptakan. Bahkan sekedar membuat blog, menggambar desain, dan karya seni lainnya bisa memperkaya pengalaman hidup dan dengannya membuat Anda semakin bahagia.

Cobalah:

  • Menulis di blog
  • Jadilah fotografer
  • Pelajari jenis dance terbaru
  • Belajar bermain gitar atau alat musik lainnya
  • Praktekan berbagai trik sulap
  • dll

Itu semua tidak memerlukan biaya yang besar, bahkan Anda bisa mempelajari semuanya secara gratis di internet.

Lakukanlah apa yang Anda suka (find your passion)

Karena disini kita tidak membahas uang/kekayaan, maka passion adalah cara terbaik untuk menemukan kebahagiaan dan menikmati hidup Anda semaksimal mungkin.

Walaupun passion tidak menjamin Anda akan menjadi orang kaya, namun passion bisa membuat Anda bahagia dan dalam arti lain kekayaan yang bahkan uang tidak bisa beli.

Kenyataannya Anda bisa gagal dalam hal apapun, termasuk dengan rute aman (sekolah–>kuliah–>kerja) yang semua orang lakukan. Ada kemungkinan gagal saat kita mengejar sebuah passion, tetapi begitu juga semua hal dalam hidup ini, sehingga melakukan apa yang ingin Anda lakukan jauh lebih penting daripada berhasil atau tidaknya, just do it, lakukan saja apa yang ingin Anda lakukan, it’s your life.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencari Passion Anda

3. Buat orang lain bahagia

membahagiakan semua orangCara terbaik membahagiakan diri sendiri adalah dengan membahagiakan orang lain (namun bukan semua orang). Ketika Anda membuat orang lain bahagia, Anda akan merasa “berguna” dan perasaan ini akan membuat Anda kaya secara spiritual.

Berbagilah kepada orang lain, apapun itu yang bisa Anda bagikan, berikanlah dan jangan mengharapkan kembali, bahkan sekedar memberikan waktu Anda untuk mendengarkan curhat seorang teman/sahabat adalah pemberian yang sangat-sangat berarti.

Bangun dan jaga relasi dengan orang-orang terdekat

Pada akhirnya kekayaan yang sesungguhnya adalah memiliki keluarga, sahabat, dan orang-orang yang peduli dengan diri Anda, bukan karena Anda kaya, bukan karena Anda bisa melakukan sesuatu untuk mereka, tetapi karena “pribadi Anda”, bangunlah hubungan baik dengan orang lain dan jaga relasi tersebut karena merekalah sumber kebahagiaan Anda.

Syukurilah orang-orang yang sudah ada dalam kehidupan Anda dan mewarnai hidup Anda setiap harinya, uang bisa dicari, tetapi orang menyenangkan sangat sulit dicari.



Beryukurlah, karena sebenarnya jauh lebih banyak alasan untuk Anda bersyukur daripada bersedih. Kita semua sudah sangat diberkati, putuskan untuk berbahagia, ingat bahwa hidup adalah pilihan.

Pilihlah untuk berbahagia sekarang juga 🙂

kebahagiaan adalah masalah keputusansumber gambar: Facebook @marioteguh


Related Post: