Cara Menghilangkan & Mengatasi Rasa Cemas yang Berlebihan

Rasa cemas atau khawatir adalah sebuah perasaan yang lumrah dialami oleh siapapun, akan sangat aneh jika Anda tidak pernah merasakan kecemasan dalam hidup Anda, karena selama ada rasa cemas berarti kita masih peduli/care dengan hidup ini. Bagi sebagian orang, rasa cemas berarti adanya sebuah penyebab atau masalah yang belum tahu bagaimana cara penyelesaiannya atau malah membayangkan suatu hasil dimasa depan yang belum tentu seburuk apa yang kita kira. Misal seperti cemas akan keberhasilan suatu proyek, cemas jika nantinya gagal mendapatkan pasangan hidup (takut jomblo ngenes seumur hidup), cemas jika tidak sukses dan rasa cemas lainnya yang membayangi impian-impian kita.

Rasa cemas sangat wajar terjadi karena memang sudah sepaket dengan apapun masalah yang akan terjadi, namun kecemasan tersebut akan menjadi problem jika kadarnya terlalu berlebihan. Patut kita sadari jika rasa cemas berlebih akan mengganggu kualitas hidup kita, bisa jadi Anda terlalu berlebihan memikirkan masa depan yang buruk-buruk padahal saat ini sebenarnya Anda baik-baik saja. Rasa cemas berlebih juga bisa menjadi gejala awal depresi. Dalam istilah psikologi, gangguan cemas memiliki istilah anxiety disorder.

Cemas sendiri adalah sebuah respon natural yang disampaikan oleh neuron otak kepada tubuh ketika kita tidak merasa aman, kenyamanan terganggu, dan gangguan eksternal lainnya hingga andrenalin meningkat, jantung berdebar sampai posisi tubuh dan pikiran yang lebih waspada. Gangguan kecemasan bukanlah hal yang bisa diremehkan dan ada beberapa gejala yang bisa Anda cermati apakah diri Anda atau orang terdekat sudah memasuki fase ganggguan kecemasan yang tidak biasa.

Tanda-tanda jika seseorang mengalami penyakit anxiety disorder adalah:

  1. Rasa cemas yang timbul hampir dalam jangka waktu berhari-hari hingga bisa menahun jika tidak segera ditangani.
  2. Sulit untuk berkonsentrasi.
  3. Adanya gangguan pada tubuh seperti sakit dibagian kepala, tubuh tidak bisa rileks dan juga sering gemetar.
  4. Munculnya penyakit psikomatis seperti keringat berlebih, mulut yang kering dan juga sakit lambung karena asam lambung tinggi.

Menyadari pentingnya menghilangkan dan mengatasi rasa cemas sedini mungkin supaya tidak berkembang menjadi anxiety disorder, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut supaya gangguannya berkurang atau bahkan hilang:

– Memiliki tempat untuk curhat

Curhat adalah kegiatan yang dibutuhkan oleh setiap orang. Alasan terbesar seseorang bisa sampai bunuh diri adalah karena mereka biasanya memendam semua segala masalah/problem hidup mereka sendirian, disaat seseorang merasa kesepian dalam kesendirian maka satu-satunya pelarian singkat yang ada adalah dengan melakukan bunuh diri.

Anda tidak bisa menahan rasa sedih dan kesal sendirian, memang tidak semua hal bisa dibagi dan kadang Anda mungkin lebih nyaman untuk menulis dibuku harian atau malah curhat lewat status sosmed jika sedang kesal. Sebenarnya hal yang lebih baik adalah carilah sahabat, keluarga atau orang terdekat yang bisa dipercaya untuk menjadi tempat mencurahkan segala keresahan hati. Anda sendiri yang bisa menilai apakah orang itu bisa menjaga rahasia atau tidak. Berbicara dengan orang terdekat tak hanya memberi efek melegakan agar cemas kita berkurang, tetapi mereka akan menjadi support system supaya kita tidak terus-menerus cemas. Berbincang lewat telepon atau bertemu langsung dengan orang lain bisa menjadi obat pengurang cemas karena merekapun bisa memberi solusi atau menghibur ketika kita butuh.

Find somebody, carilah seseorang karena tidak baik menanggung segala permasalahan hidup sendirian, kita adalah makhluk sosial, bahkan sekedar curhat melalui forum online juga bisa membantu meredakan kecemasan Anda, setidaknya Anda bisa mendapat masukkan dan opini dari orang lain, apapun yang terjadi cobalah meminta bantuan jika Anda memang butuh, alasan utama seseorang sering tidak mendapat bantuan yang mereka butuhkan adalah karena mereka sendiri juga tidak memintanya. Jadi janganlah ragu/gengsi untuk meminta bantuan dari orang lain.

– Terapi merilekskan tubuh dan pikiran

Ditengah padatnya kegiatan dan tuntutan hidup, Anda akan memiliki banyak hal untuk dipikirkan, misalnya seorang ibu rumah tangga yang cemas dengan pertumbuhan anaknya juga bisa menjadi pemicu. Anda harus menemukan waktu khusus sebagai ‘me time’ ditengah kesibukan agar bisa rileks.

Meditasi adalah salah satu cara yang mulai diikuti banyak orang agar pikiran lebih tenang. Cukup duduk bersila dikamar dengan instrumen musik yang menenangkan dan aromaterapi, lalu memejamkan mata dan mengatur ritme pernafasan selama beberapa menit bsa membuat pikiran Anda jauh lebih tenang. Lakukanlah sesering mungkin jika mendadak rasa cemas itu muncul.

– Berolahraga

Olahraga secara teratur adalah kunci agar tubuh tetap bugar dan efek positif lainnya diyakini bisa meringankan gangguan cemas. Pilihlah olahraga yang Anda sukai, tak perlu sampai menjadi member anggota fitness dan sebagainya, saat ini Anda bisa mendownload banyak video olahraga seperti senam aerobik, tutorial yoga atau memanfatkan alat dirumah sebagai pendamping latihan agar Anda dapat berolahraga didalam rumah. Bahkan Anda juga dapat berolahraga tanpa peralatan apapun seperti melakukan push up, sit up, dan squating tiap harinya agar tubuh dan pikiran terus bugar tanpa memikirkan hal-hal yang tak perlu dikhawatirkan.

– Traveling

Apa hubungannya antara traveling dengan mengatasi rasa cemas berlebih? Salah satu pemicu kecemasan biasanya terjadi karena pikiran yang sudah terlalu penuh/mumet dan adanya banyak keinginan yang ingin diwujudkan pada waktu yang bersamaan, kurangnya rasa syukur juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kita tidak bisa menikmati apa yang telah kita miliki sehingga sering cemas berlebih tanpa alasan yang jelas.

Dengan traveling ke tempat-tempat baru yang bisa membuat Anda mengenal budaya baru, orang-orang yang mungkin belum tersentuh modernitas/teknologi dan lingkungan alam yang sangat alami akan membuat Anda menyadari kalau masih banyak orang yang hidupnya sederhana ternyata bisa tertawa dan hidup bahagia.

– Hiduplah untuk saat ini

Kegagalan dimasa lalu akan menjadi bayangan hitam dalam hidup yang barangkali membuat Anda takut akan bisa terulang lagi dimasa depan. Belajarlah unuk benar-benar hidup dimasa kini, kegagalan dimasa silam jadikanlah sebagai pengingat agar sekarang Anda berusaha dengan keras dan tulus, jangan terlalu banyak memikirkan soal masa depan yang tidak pasti, faktanya masa depan akan selalu penuh misteri dan tanda tanya, yang bisa kita lakukan adalah hidup sebaik mungkin pada hari ini agar bisa menciptakan potensi masa depan yang lebih baik.



Itulah beberapa tips dan cara agar kecemasan tidak lagi mengganggu produktivitas hidup Anda. Coba lakukanlah secara teratur dan jangan lupa untuk bersyukur dengan apapun yang telah Anda miliki karena sebenarnya lebih banyak alasan untuk kita bersyukur daripada mengeluh dalam hidup ini.

Life is beautiful and choose to be grateful.


Related Post: