Cara Menghilangkan Beban Pikiran / Stres / Depresi Dengan Cepat

Apakah Anda sedang memiliki banyak beban pikiran? Apakah Anda merasa stres bahkan depresi? Bagaimana cara menghilangkan beban pikiran tersebut? Well, tarik nafas sejenak, slow down, mari ikuti petunjuk pada artikel ini perlahan-lahan.

Semua beban pikiran, stres, dan depresi dimulai dari adanya masalah (ga mungkin kan tiba-tiba stres sendiri), karena itu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami apa masalah Anda.

Note: Disini saya hanya berikan panduan singkat, padat, dan praktikal (kalo kepanjangan nanti tambah stres) karena itu segera dipraktekan setelah Anda membaca artikel ini.

hidup adalah pilihan


Memahami masalah

Sebenarnya sebagian besar dari orang yang stres atau memiliki beban pikiran sudah memahami dengan baik apa masalahnya, seperti masalah finansial, beban hutang, tanggungan keluarga, kesehatan, lingkungan, keamanan, apapun itu saya yakin merekalah yang paling mengerti masalahnya sendiri namun kita sering menundanya, membiarkannya semakin besar, malas, memiliki kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan, dan akhirnya mencari pelarian yang semakin memperburuk keadaan sehingga masalah terus menggulung menjadi beban yang semakin sulit dihilangkan.

Sadari bahwa itu masalah Anda

Maka dari itu coba ambil kertas, TULIS masalah Anda sejujur-jujurnya, dan sadari bahwa itu adalah MASALAH ANDA. Banyak orang tidak bisa mengatasi beban pikiran/stres/depresi karena mereka menganggap itu semua disebabkan oleh faktor eksternal seperti keadaan, keluarga, orang lain, masyarakat, lingkungan, sistem, dan semacamnya. Menyalahkan keadaaan tidak akan pernah menghilangkan masalah tersebut, pilihannya hanya terus mengeluh atau terima bahwa itu semua memang masalah Anda dan move on.

Mulai pikirkan solusi

Tahukah Anda bahwa otak manusia itu sangat-sangat pintar, jika Anda menanyakan apapun maka otak akan berusaha menjawab sesulit apapun pertanyaannya. Use it! Anda sudah dikaruniai pikiran untuk menyelesaikan masalah yang ada, saya pernah bertanya pada orang yang sedang depresi mengapa tidak bisa move on, dan luar biasanya adalah dia bisa menjawab alasannya dan bagaimana cara untuk menghilangkan rasa depresinya tersebut, hanya saja pada prakteknya tidak pernah berjalan mulus, ada rasa malas, rasa bosan, kebiasaan buruk, nafsu, dan hal-hal manusiawi lain yang selalu menghalangi.

Membaca tulisan inipun tidak akan betul-betul menghilangkan beban pikiran Anda, karena yang terpenting adalah apa yang sudah Anda lakukan untuk membuat hidup Anda menjadi lebih baik?

Improve your life

Anda tidak akan pernah bisa menghilangkan rasa stres/depresi jika Anda tidak mengimprove kesejahteraan hidup Anda, kesejahteraan disini tidak hanya terpaku pada konteks materi/uang, melainkan gaya hidup, lingkaran sosial, pekerjaan, dan semacamnya.

Ada jutaan cara yang bisa Anda temukan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda, namun saya akan bahas 2 cara yang paling efektif dan paling bisa segera Anda lakukan detik ini juga, yaitu:

1. Berpikir positif

Berpikir positif memang tidak menjamin keadaan akan berubah menjadi lebih baik, namun coba pertimbangkan bagaimana dengan kebalikannya (berpikir negatif)?

Uniknya adalah kita bisa berpikir positif dalam keadaan apapun.

2. Membangun kebiasaan baik

Cara paling simpel membangun kebiasaan baik adalah dengan menghentikan semua kebiasaan buruk yang Anda miliki. Jika Anda ingin menghentikan kebiasaan buruk yang ada, maka berhenti mencari-cari cara untuk menghentikannya, just do it, segera hentikan bahkan paksa jika perlu, karena sebagian orang yang mencari cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk hanyalah pencari alasan yang hanya ingin mengulur/menunda niatnya sendiri.

Memang pada kenyataannya tidak semudah itu, justru karena tidak mudah maka Anda harus langsung melakukannya. Mulai hentikan satu kebiasaan buruk yang menurut Anda harus dihilangkan, kuncinya adalah fokus. Fokus sampai apa yang Anda ingin lakukan terlaksana, katakan tidak pada semua gangguan dikelapa Anda, fokus pada 1 tujuan tersebut, dan lakukan sekarang juga.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Anda sudah punya semua jawabannya, sekarang saatnya bertindak. Just do it and good luck 🙂


Related Post: